Peluang Besar di Balik Hengkangnya Repsol dari Blok Andaman III

waktu baca 2 menit
Kamis, 16 Mei 2024 10:58 0 6 Uni

Peluang Besar di Balik Hengkangnya Repsol dari Blok Andaman III

Ligaponsel.com – Repsol Cabut, Banyak Investor Antre Masuk Blok Andaman III

PT Repsol Indonesia resmi hengkang dari Blok Andaman III yang terletak di lepas pantai Aceh. Keluarnya Repsol ini membuka peluang bagi investor lain untuk masuk dan mengembangkan blok migas tersebut.

Sejumlah investor telah menyatakan minatnya untuk masuk ke Blok Andaman III, di antaranya adalah PT Pertamina (Persero), PT Medco Energi Internasional Tbk, dan PT Energi Mega Persada Tbk.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, pemerintah akan melakukan lelang untuk mencari investor baru yang akan mengelola Blok Andaman III.

“Kami akan melakukan lelang terbuka untuk mencari investor baru yang memiliki kemampuan dan pengalaman dalam mengelola blok migas,” kata Dwi.

Blok Andaman III memiliki cadangan minyak dan gas yang cukup besar. Diperkirakan, blok ini memiliki cadangan minyak sekitar 200 juta barel dan cadangan gas sekitar 1 triliun kaki kubik.

Pengembangan Blok Andaman III diharapkan dapat meningkatkan produksi minyak dan gas nasional. Selain itu, pengembangan blok ini juga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Aceh.

Repsol Cabut, Banyak Investor Antre Masuk Blok Andaman III

Blok Andaman III jadi rebutan investor setelah Repsol hengkang. Blok ini punya cadangan minyak dan gas yang besar, diperkirakan ada 200 juta barel minyak dan 1 triliun kaki kubik gas.

Pemerintah akan lelang blok ini ke investor baru yang punya kemampuan dan pengalaman. Sejumlah investor besar seperti Pertamina, Medco Energi, dan Energi Mega Persada sudah menyatakan minat.

Pengembangan Blok Andaman III diharapkan bisa meningkatkan produksi minyak dan gas nasional, sekaligus memberikan dampak positif bagi perekonomian Aceh.