Tanggal Ex Dividen TLKM, Saat Tepat Masuk Pasar?

waktu baca 4 menit
Jumat, 17 Mei 2024 00:32 0 6 Uni

Tanggal Ex Dividen TLKM, Saat Tepat Masuk Pasar?

Ligaponsel.com – Hari ini, 16 Mei 2023, merupakan tanggal ex date dividen saham TLKM (Telkom Indonesia). Artinya, bagi investor yang ingin mendapatkan dividen dari saham TLKM, harus sudah membeli saham tersebut paling lambat pada tanggal 15 Mei 2023.

Bagi investor yang baru ingin masuk ke saham TLKM, ada baiknya bersabar dulu hingga setelah tanggal ex date dividen. Hal ini dikarenakan harga saham TLKM biasanya akan mengalami penurunan pada saat ex date dividen, karena sebagian dari nilai saham tersebut sudah dibagikan sebagai dividen.

Penurunan harga saham pada saat ex date dividen ini dikenal dengan istilah cum dividend. Setelah tanggal ex date dividen, harga saham TLKM akan kembali normal dan bahkan bisa saja mengalami kenaikan, karena para investor yang ingin mendapatkan dividen sudah tidak lagi membeli saham TLKM.

Hari Ini (16/5) Ex Date Dividen Saham TLKM, Kalau Mau Masuk Investor Mesti Sabar Dulu

Sebelum membeli saham TLKM, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Tanggal Ex Date Dividen
  • Nilai Dividen
  • Harga Saham
  • Cum Dividen
  • Cash Dividen
  • Capital Gain

Keenam aspek ini saling berkaitan dan mempengaruhi keputusan investasi yang akan diambil. Dengan memahami aspek-aspek ini, investor dapat memaksimalkan keuntungan yang diperoleh dari investasi saham TLKM.

Tanggal Ex Date Dividen

Tanggal ex date dividen adalah tanggal terakhir bagi investor untuk membeli saham suatu perusahaan agar berhak menerima dividen. Jika membeli saham setelah tanggal ex date dividen, maka investor tidak berhak menerima dividen tersebut.

Dalam kasus saham TLKM, tanggal ex date dividen adalah 16 Mei 2023. Artinya, investor yang membeli saham TLKM pada tanggal 16 Mei 2023 atau setelahnya, tidak berhak menerima dividen yang akan dibagikan oleh TLKM.

Bagi investor yang ingin mendapatkan dividen dari saham TLKM, maka harus membeli saham tersebut paling lambat pada tanggal 15 Mei 2023.

Nilai Dividen

Nilai dividen adalah jumlah uang yang dibagikan oleh perusahaan kepada pemegang sahamnya. Nilai dividen biasanya dinyatakan dalam bentuk rupiah per lembar saham.

Nilai dividen yang akan dibagikan oleh TLKM untuk tahun buku 2022 adalah Rp 180 per lembar saham. Artinya, investor yang memiliki 1000 lembar saham TLKM akan menerima dividen sebesar Rp 180.000.

Harga Saham

Harga saham adalah harga yang ditetapkan untuk setiap lembar saham suatu perusahaan. Harga saham dapat berubah-ubah setiap saat, tergantung pada kondisi pasar dan kinerja perusahaan.

Pada saat ex date dividen, harga saham biasanya akan mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan sebagian dari nilai saham tersebut sudah dibagikan sebagai dividen. Penurunan harga saham pada saat ex date dividen ini dikenal dengan istilah cum dividend.

Setelah tanggal ex date dividen, harga saham TLKM akan kembali normal dan bahkan bisa saja mengalami kenaikan, karena para investor yang ingin mendapatkan dividen sudah tidak lagi membeli saham TLKM.

Cum Dividen

Istilah cum dividen merujuk pada saat harga saham sebuah perusahaan masih menyertakan nilai dividen yang akan dibagikan. Dengan kata lain, harga saham tersebut belum memperhitungkan pengurangan nilai dividen yang akan dibagikan.

Dalam kasus saham TLKM, harga saham cum dividen berlaku hingga tanggal 15 Mei 2023. Setelah tanggal tersebut, harga saham TLKM akan mengalami penyesuaian atau penurunan karena sebagian dari nilai saham tersebut sudah dibagikan sebagai dividen.

Cash Dividen

Istilah cash dividen mengacu pada pembagian dividen yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk tunai. Artinya, pemegang saham akan menerima dividen tersebut langsung ke rekening bank mereka.

Dalam kasus saham TLKM, dividen yang akan dibagikan pada tanggal 16 Mei 2023 merupakan dividen tunai. Artinya, pemegang saham TLKM akan menerima dividen tersebut langsung ke rekening bank mereka pada tanggal tersebut.

Capital Gain

Istilah capital gain merujuk pada keuntungan yang diperoleh dari selisih harga beli dan harga jual suatu saham. Capital gain menjadi salah satu tujuan investasi saham, selain dividen.

Dalam kasus saham TLKM, investor dapat memperoleh capital gain jika harga saham TLKM naik setelah dibeli. Namun, perlu diingat bahwa harga saham dapat berubah-ubah setiap saat, sehingga investor harus selalu memantau kinerja saham TLKM dan mempertimbangkan waktu yang tepat untuk menjual saham tersebut.