Menu

Mode Gelap
Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa! Smartphone Canggih dengan Galaxy AI, Temukan Pilihan Terbaik! Kamera Samsung Galaxy A55 Mampu Ambil Foto Malam Hari yang Menakjubkan di SCBD! Samsung Galaxy A55 5G: Kejutan Spesifikasi dan Harga di Indonesia Samsung Galaxy S6 Lite 2024 Diam-diam Meluncur, Bawa Chipset Gahar! Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya!

Bisnis · 16 Mei 2024 20:39 WIB · Waktu Baca

Rahasia Tersembunyi Merawat Mobil Jarang Pakai, Dijamin Prima!

Ini Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Agar Tetap Optimal Perbesar


Rahasia Tersembunyi Merawat Mobil Jarang Pakai, Dijamin Prima!

Ligaponsel.com – Mobil yang jarang dipakai memang membutuhkan perawatan khusus agar tetap dalam kondisi prima. Berikut ini beberapa cara merawat mobil yang jarang dipakai agar tetap optimal:

1. Nyalakan mesin secara berkala

Meskipun tidak digunakan, mesin mobil harus tetap dinyalakan secara berkala. Ini untuk mencegah aki tekor dan menjaga kondisi mesin agar tetap prima. Nyalakan mesin selama 10-15 menit setiap minggu.

2. Isi bahan bakar secara penuh

Tangki bahan bakar yang kosong dapat menyebabkan kondensasi air di dalam tangki. Hal ini dapat merusak mesin dan sistem bahan bakar. Isi tangki bahan bakar secara penuh untuk mencegah kondensasi.

3. Jaga kebersihan mobil

Mobil yang jarang dipakai rentan terhadap debu dan kotoran. Bersihkan mobil secara teratur untuk mencegah kerusakan cat dan interior.

4. Periksa ban

Ban yang tidak terpakai bisa kehilangan tekanan udara. Periksa tekanan ban secara teratur dan isi angin sesuai kebutuhan. Ban yang kempes dapat menyebabkan kerusakan pada ban dan roda.

5. Ganti oli dan filter secara rutin

Meskipun mobil jarang dipakai, oli dan filter tetap harus diganti secara rutin. Oli yang lama dapat menggumpal dan merusak mesin. Ganti oli dan filter sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

6. Simpan di tempat yang aman

Simpan mobil di tempat yang aman dan terlindung dari cuaca. Parkir mobil di garasi atau di bawah naungan. Ini untuk mencegah kerusakan cat dan interior akibat sinar matahari dan hujan.

Dengan mengikuti tips di atas, mobil yang jarang dipakai dapat tetap dalam kondisi prima dan siap digunakan kapan saja.

Ini Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Agar Tetap Optimal

Punya mobil tapi jarang dipakai? Jangan khawatir, ada beberapa cara mudah untuk merawat mobil kesayanganmu agar tetap prima saat dibutuhkan.

Lima aspek penting dalam merawat mobil yang jarang dipakai:

  • Nyalakan mesin
  • Isi bensin penuh
  • Jaga kebersihan
  • Cek ban
  • Ganti oli rutin

Dengan memperhatikan aspek-aspek di atas, mobilmu akan tetap dalam kondisi optimal meskipun jarang dipakai. Jadi, nggak perlu khawatir lagi deh mobil mogok saat dibutuhkan!

Nyalakan mesin

Mobil yang jarang dipakai rentan mengalami masalah pada aki dan mesin. Aki bisa tekor jika tidak digunakan dalam waktu lama, sedangkan mesin bisa berkarat dan macet jika tidak dipanaskan secara berkala.

Untuk mencegah masalah tersebut, nyalakan mesin mobil setidaknya seminggu sekali selama 10-15 menit. Ini akan membantu menjaga aki tetap terisi dan mesin tetap prima.

Isi bensin penuh

Tangki bensin yang kosong dapat menyebabkan kondensasi air di dalam tangki. Hal ini dapat merusak mesin dan sistem bahan bakar. Isi tangki bensin secara penuh untuk mencegah kondensasi.

Selain itu, bensin yang penuh juga dapat mencegah karat pada tangki bensin. Karat dapat mengontaminasi bensin dan merusak sistem bahan bakar.

Jaga kebersihan

Mobil yang jarang dipakai juga perlu dijaga kebersihannya. Debu dan kotoran yang menempel pada mobil dapat merusak cat dan interior mobil.

Bersihkan mobil secara teratur, baik bagian eksterior maupun interiornya. Gunakan sabun khusus cuci mobil dan lap yang lembut untuk membersihkan mobil.

Cek ban

Ban mobil yang jarang dipakai bisa kehilangan tekanan angin. Hal ini dapat menyebabkan ban menjadi kempes dan rusak.

Periksa tekanan angin ban secara teratur dan isi angin sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Ban yang kempes dapat membuat mobil tidak nyaman dikendarai dan boros bahan bakar.

Ganti oli rutin

Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen mesin dan mencegah keausan. Oli yang lama dapat menggumpal dan menyumbat saluran oli, sehingga dapat merusak mesin.

Meskipun mobil jarang dipakai, oli mesin tetap harus diganti secara rutin. Ganti oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan, atau setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Cara Ampuh Hindari Kredit Macet, Rahasia Jaga Kesehatan Finansial!

8 Juni 2024 - 23:35 WIB

4 Cara Menghindari Kredit Macet yang Harus Kamu Tahu!

Rahasia Terungkap! Alasan Mengejutkan Pengajuan Pinjaman Onlinemu Ditolak

8 Juni 2024 - 22:25 WIB

Pengajuan Pinjaman Online Ditolak, Mungkin Ini Alasannya

Pinjaman Online, Yuk Hitung Biaya dan Bunganya!

8 Juni 2024 - 20:20 WIB

Pinjaman Online, Bagaimana Perhitungan Biaya dan Bunganya?

Butuh Pinjaman Cepat? Simak Rahasia Pinjam Uang di Bank Tanpa Ribet

8 Juni 2024 - 19:46 WIB

Lagi Butuh Uang, Bagaimana Cara Pinjam Uang di Bank?

Kenali OJK, Garda Terdepan Ekonomi Indonesia

8 Juni 2024 - 18:05 WIB

Kenali Lebih dalam Tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Cara Mudah Hitung Bunga Pinjaman, Dijamin Nggak Bingung Lagi!

8 Juni 2024 - 17:30 WIB

Bingung Menghitung Bunga Pinjaman? Begini Caranya!
Trending di Bisnis