Fakta Terkini Subsidi Energi: Harga BBM Meroket Juni Nanti?

waktu baca 2 menit
Kamis, 16 Mei 2024 12:44 0 9 Uni

Fakta Terkini Subsidi Energi: Harga BBM Meroket Juni Nanti?

Ligaponsel.com – Kabar Terbaru Evaluasi Subsidi Energi, Harga BBM Naik Juni?

Pemerintah berencana akan melakukan evaluasi terhadap subsidi energi pada bulan Juni 2023. Hasil evaluasi ini akan menentukan apakah harga BBM akan naik atau tidak. Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, evaluasi ini dilakukan untuk menyesuaikan harga BBM dengan harga keekonomian.

Harga BBM di Indonesia saat ini masih jauh di bawah harga keekonomian. Hal ini membuat pemerintah harus menggelontorkan subsidi yang besar. Pada tahun 2023, pemerintah menganggarkan subsidi energi sebesar Rp 336,7 triliun. Jumlah ini naik dari tahun 2022 yang hanya sebesar Rp 208,9 triliun.

Pemerintah beralasan, kenaikan harga BBM diperlukan untuk mengurangi beban subsidi energi. Selain itu, kenaikan harga BBM juga diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk beralih ke energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan.

Namun, rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM mendapat tentangan dari berbagai pihak. Masyarakat khawatir kenaikan harga BBM akan memicu inflasi dan memperburuk kondisi perekonomian. Para pengusaha juga khawatir kenaikan harga BBM akan meningkatkan biaya produksi dan menurunkan daya beli masyarakat.

Pemerintah sendiri belum memastikan apakah harga BBM akan naik atau tidak. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah masih akan melihat perkembangan ekonomi global dan inflasi dalam negeri sebelum mengambil keputusan.

Jika harga BBM akhirnya naik, maka kenaikan tersebut diperkirakan tidak akan terlalu besar. Pemerintah akan menaikkan harga BBM secara bertahap agar tidak terlalu memberatkan masyarakat.

Kabar Terbaru Evaluasi Subsidi Energi, Harga BBM Naik Juni?

Dampak ekonomi, keresahan sosial, beban negara, lingkungan hidup, energi alternatif, ketahanan energi.

Harga BBM yang naik dapat berdampak pada ekonomi, memicu keresahan sosial, menambah beban negara, merusak lingkungan hidup, mendorong penggunaan energi alternatif, dan mempengaruhi ketahanan energi. Dampak-dampak ini perlu dipertimbangkan secara matang dalam pengambilan keputusan terkait subsidi energi dan harga BBM.