Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Bisnis · 16 Mei 2024 16:53 WIB · Waktu Baca

Mobil Lama Hidup Lagi? Ini Rahasianya!

Mobil Sudah Lama Tak Dipakai, Ini Tips Menyalakannya Perbesar


Mobil Lama Hidup Lagi? Ini Rahasianya!

Ligaponsel.com – Mobil Sudah Lama Tak Dipakai, Ini Tips Menyalakannya.

Mobil yang sudah lama tidak dipakai memang merepotkan ketika ingin digunakan kembali. Selain aki yang tekor, ada beberapa komponen lain yang juga bisa bermasalah. Berikut ini beberapa tips untuk menyalakan mobil yang sudah lama tidak dipakai:

1. Periksa Aki

Aki adalah komponen utama yang dibutuhkan untuk menyalakan mobil. Jika aki tekor, maka mobil tidak akan bisa distarter. Untuk memeriksa aki, gunakan voltmeter. Jika tegangan aki di bawah 12 volt, maka aki perlu dicas atau diganti.

2. Periksa Busi

Busi berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang dibutuhkan untuk membakar bensin. Jika busi kotor atau rusak, maka mobil tidak akan bisa menyala. Untuk memeriksa busi, lepaskan busi dari mesin dan periksa elektrodanya. Jika elektroda busi kotor atau aus, maka busi perlu dibersihkan atau diganti.

3. Periksa Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke mesin. Jika filter udara kotor, maka udara yang masuk ke mesin akan berkurang sehingga membuat mobil sulit untuk dinyalakan. Untuk memeriksa filter udara, buka kap mesin dan cari filter udara. Jika filter udara kotor, bersihkan atau ganti dengan yang baru.

4. Periksa Bahan Bakar

Bahan bakar adalah komponen penting yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin. Jika bahan bakar habis, maka mobil tidak akan bisa menyala. Untuk memeriksa bahan bakar, lihat indikator bahan bakar di dashboard. Jika indikator bahan bakar menunjukkan bahwa bahan bakar sudah habis, maka isi tangki bahan bakar dengan bensin.

5. Coba Starter Mobil

Setelah semua komponen diperiksa, cobalah untuk starter mobil. Jika mobil tidak bisa menyala, coba starter mobil beberapa kali. Jika mobil masih tidak bisa menyala, maka kemungkinan ada masalah lain yang lebih serius. Dalam hal ini, sebaiknya bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa.

Mobil Sudah Lama Tak Dipakai, Ini Tips Menyalakannya

Mobil yang sudah lama tidak dipakai memang merepotkan ketika ingin digunakan kembali. Ada beberapa komponen yang perlu diperiksa dan dirawat agar mobil bisa menyala kembali dengan baik. Berikut adalah 5 aspek penting yang perlu diperhatikan:

  • Aki
  • Busi
  • Filter Udara
  • Bahan Bakar
  • Starter

Kelima aspek tersebut sangat penting untuk diperhatikan agar mobil bisa menyala kembali dengan baik. Jika salah satu aspek tersebut bermasalah, maka mobil tidak akan bisa menyala. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan rutin pada mobil, meskipun mobil tersebut jarang digunakan.

Aki

Aki adalah komponen penting pada mobil yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik. Aki berfungsi untuk menghidupkan starter mobil, menyalakan lampu, dan menghidupkan komponen kelistrikan lainnya pada mobil.

Jika aki mobil lemah atau soak, maka mobil tidak akan bisa dihidupkan. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengecek kondisi aki mobil secara berkala.

Busi

Busi adalah komponen kecil yang sangat penting pada mobil. Fungsi busi adalah untuk menghasilkan percikan api yang dibutuhkan untuk membakar bensin di dalam mesin. Jika busi kotor atau rusak, maka mobil akan sulit untuk dihidupkan atau bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Busi yang kotor atau rusak bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Mobil jarang digunakan
  • Bahan bakar yang digunakan berkualitas rendah
  • Sistem pengapian yang bermasalah

Untuk mencegah masalah pada busi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

  • Menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi
  • Melakukan perawatan rutin pada mobil, termasuk mengganti busi secara berkala
  • Tidak membiarkan mobil terlalu lama tidak digunakan

Filter Udara

Filter udara merupakan komponen penting pada mobil yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin. Udara yang masuk ke dalam mesin harus bersih dan bebas dari kotoran agar mesin dapat bekerja dengan baik.

Jika filter udara kotor, maka udara yang masuk ke dalam mesin akan terhambat. Hal ini dapat menyebabkan mesin sulit dihidupkan, tenaga mesin berkurang, dan konsumsi bahan bakar meningkat.

Oleh karena itu, penting untuk selalu mengecek kondisi filter udara secara berkala dan menggantinya jika sudah kotor.

Bahan Bakar

Bahan bakar merupakan komponen penting pada mobil yang berfungsi untuk membakar mesin. Tanpa bahan bakar, mobil tidak akan bisa menyala.

Jika mobil sudah lama tidak dipakai, maka bahan bakar di dalam tangki bisa menguap atau mengendap. Hal ini dapat menyebabkan mobil sulit untuk dihidupkan atau bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

  • Mengisi tangki bahan bakar sebelum mobil disimpan lama
  • Menambahkan bahan bakar stabilizer ke dalam tangki bahan bakar
  • Menyalakan mobil secara berkala, meskipun tidak digunakan

Starter

Starter adalah komponen penting pada mobil yang berfungsi untuk menghidupkan mesin. Jika starter rusak, maka mobil tidak akan bisa dihidupkan.

Starter bisa rusak karena beberapa faktor, seperti:

  • Mobil jarang digunakan
  • Aki lemah atau soak
  • Sistem kelistrikan bermasalah

Untuk mencegah masalah pada starter, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

  • Menggunakan mobil secara rutin
  • Mengecek kondisi aki secara berkala
  • Melakukan perawatan rutin pada mobil, termasuk mengecek sistem kelistrikan

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Panduan Lengkap Etika Bisnis: Raih Kesuksesan dengan Integritas

24 Mei 2024 - 15:45 WIB

Apa itu Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Contoh

Bisnis Sukses: Rahasia dan Tips yang Tak Tertahankan

24 Mei 2024 - 15:16 WIB

Pengertian Bisnis: Strategi Sukses dan Tips

Temukan Solusi Hukum Terbaik: Panduan Lengkap Firma Hukum

24 Mei 2024 - 13:08 WIB

Apa Itu Firma Hukum: Pengertian, Jenis, dan Layanannya

7 Peluang Bisnis Menjanjikan di Jakarta yang Tak Boleh Dilewatkan

24 Mei 2024 - 12:49 WIB

7  Peluang Bisnis yang Menguntungkan di Jakarta

UKM: Kunci Kemajuan Ekonomi Indonesia, Panduan Sukses untuk Pebisnis Pemula

24 Mei 2024 - 11:27 WIB

Apa itu UKM? Panduan untuk Usaha Kecil Menengah

Ekspansi Bisnis: Strategi Dahsyat, Tips Terbaik!

24 Mei 2024 - 10:22 WIB

Ekspansi Bisnis adalah: Strategi Sukses & Tips Terbaik
Trending di Bisnis