Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Bisnis · 17 Mei 2024 00:28 WIB · Waktu Baca

Terungkap! Cara Jitu Menjaga Mobil Meski Tak Dipakai Setahun

Mobil Tak Dipakai Setahun? Begini Cara Merawatnya Biar Tak Rusak Parah Perbesar


Terungkap! Cara Jitu Menjaga Mobil Meski Tak Dipakai Setahun

Ligaponsel.com – Mobil Tak Dipakai Setahun? Begini Cara Merawatnya Biar Tak Rusak Parah

Punya mobil tapi jarang dipakai? Atau bahkan sampai berbulan-bulan atau bahkan setahun mobil nganggur di garasi? Hati-hati, mobil yang lama tidak dipakai bisa rusak parah lho! Biar nggak menyesal, yuk simak tips merawat mobil yang tidak dipakai dalam waktu lama berikut ini.

1. Cuci bersih mobil terlebih dahulu

Sebelum mobil disimpan lama, pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu hingga bersih. Ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada bodi mobil. Kotoran dan debu yang dibiarkan menempel dalam waktu lama dapat merusak cat mobil.

2. Kuras tangki bensin

Bensin yang disimpan dalam tangki dalam waktu lama dapat mengendap dan membentuk kerak. Kerak ini dapat menyumbat saluran bahan bakar dan membuat mobil susah dihidupkan. Untuk mencegahnya, kuras tangki bensin hingga habis sebelum mobil disimpan.

3. Lepaskan aki

Aki mobil yang tidak dipakai dalam waktu lama dapat tekor. Untuk mencegahnya, lepaskan aki dari mobil. Aki bisa disimpan di tempat yang kering dan sejuk.

4. Dongkrak ban

Ban mobil yang dibiarkan menopang beban dalam waktu lama dapat kempes dan rusak. Untuk mencegahnya, dongkrak ban mobil hingga terangkat dari tanah.

5. Beri cover mobil

Untuk melindungi mobil dari debu dan kotoran, beri cover mobil. Pilih cover mobil yang berbahan berkualitas baik dan tahan air.

Dengan mengikuti tips di atas, mobil yang tidak dipakai dalam waktu lama bisa terhindar dari kerusakan parah. Jadi, nggak perlu khawatir lagi deh mobil kesayangan rusak karena nganggur di garasi.

Mobil Tak Dipakai Setahun? Begini Cara Merawatnya Biar Tak Rusak Parah

Punya mobil tapi jarang dipakai? Atau bahkan sampai berbulan-bulan atau bahkan setahun mobil nganggur di garasi? Hati-hati, mobil yang lama tidak dipakai bisa rusak parah lho! Yuk, simak tips merawat mobil yang tidak dipakai dalam waktu lama berikut ini.

Ada 5 aspek penting yang perlu diperhatikan saat merawat mobil yang tidak dipakai dalam waktu lama:

  • Cuci bersih
  • Kuras tangki bensin
  • Lepaskan aki
  • Dongkrak ban
  • Beri cover mobil

Dengan mengikuti tips di atas, mobil yang tidak dipakai dalam waktu lama bisa terhindar dari kerusakan parah. Jadi, nggak perlu khawatir lagi deh mobil kesayangan rusak karena nganggur di garasi.

Cuci bersih

Sebelum mobil disimpan lama, pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu hingga bersih. Kenapa? Karena kotoran dan debu yang menempel pada bodi mobil dapat merusak cat mobil jika dibiarkan dalam waktu lama.

Jadi, sebelum menyimpan mobil dalam waktu lama, sempatkan dulu untuk mencucinya ya. Biar cat mobil tetap kinclong!

Kuras tangki bensin

Bensin yang disimpan dalam tangki dalam waktu lama dapat mengendap dan membentuk kerak. Kerak ini dapat menyumbat saluran bahan bakar dan membuat mobil susah dihidupkan. Nah, untuk mencegahnya, kuras tangki bensin hingga habis sebelum mobil disimpan.

Bayangin aja kalau mobil mau dipakai lagi tapi malah mogok gara-gara bensinnya berkerak. Duh, bisa-bisa telat kerja atau acara penting deh. Makanya, jangan lupa kuras tangki bensinnya ya!

Lepaskan aki

Aki mobil yang tidak dipakai dalam waktu lama dapat tekor. Nah, untuk mencegahnya, lepaskan aki dari mobil. Aki bisa disimpan di tempat yang kering dan sejuk.

Bayangin aja aki mobil kamu tekor pas mau dipakai. Duh, bisa-bisa batal deh rencana jalan-jalan atau pergi ke kantor. Makanya, jangan lupa lepas akinya ya!

Dongkrak ban

Ban mobil yang dibiarkan menopang beban dalam waktu lama dapat kempes dan rusak. Nah, untuk mencegahnya, dongkrak ban mobil hingga terangkat dari tanah.

Bayangin aja ban mobil kamu kempes pas mau dipakai. Duh, bisa-bisa batal deh rencana pergi jalan-jalan atau ke kantor. Makanya, jangan lupa dongkrak bannya ya!

Beri cover mobil

Buat apa cuci-cuci mobil kalau ujung-ujungnya kotor lagi? Makanya, wajib hukumnya kasih cover mobil biar terhindar dari debu dan kotoran.

Pilih cover mobil yang bagus dan tahan air biar mobil kamu tetap kinclong saat dipakai lagi nanti.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

OSS: Rahasia Bisnis Lancar Tanpa Repot Izin

24 Mei 2024 - 17:48 WIB

Apa Itu OSS: Tujuan dan Prosesnya untuk Bisnis

Panduan Lengkap Etika Bisnis: Raih Kesuksesan dengan Integritas

24 Mei 2024 - 15:45 WIB

Apa itu Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Contoh

Bisnis Sukses: Rahasia dan Tips yang Tak Tertahankan

24 Mei 2024 - 15:16 WIB

Pengertian Bisnis: Strategi Sukses dan Tips

Temukan Solusi Hukum Terbaik: Panduan Lengkap Firma Hukum

24 Mei 2024 - 13:08 WIB

Apa Itu Firma Hukum: Pengertian, Jenis, dan Layanannya

7 Peluang Bisnis Menjanjikan di Jakarta yang Tak Boleh Dilewatkan

24 Mei 2024 - 12:49 WIB

7  Peluang Bisnis yang Menguntungkan di Jakarta

UKM: Kunci Kemajuan Ekonomi Indonesia, Panduan Sukses untuk Pebisnis Pemula

24 Mei 2024 - 11:27 WIB

Apa itu UKM? Panduan untuk Usaha Kecil Menengah
Trending di Bisnis