Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Bisnis · 17 Mei 2024 00:18 WIB · Waktu Baca

Rasio TWP90: Bukti Nyata Kepercayaan Fintech P2P Lending

Rasio TWP90 Sejumlah Fintech P2P Lending Masih Terjaga Perbesar


Rasio TWP90: Bukti Nyata Kepercayaan Fintech P2P Lending


Ligaponsel.com – Rasio TWP90 Sejumlah Fintech P2P Lending Masih Terjaga

TWP90 atau Tingkat Keberhasilan Bayar 90 Hari merupakan salah satu indikator penting untuk mengukur kinerja platform pinjaman P2P lending. Rasio ini menunjukkan persentase peminjam yang berhasil membayar cicilan pinjamannya tepat waktu selama 90 hari pertama. Semakin tinggi rasio TWP90, semakin baik pula kualitas pinjaman yang disalurkan oleh platform tersebut.

Berdasarkan data OJK, rasio TWP90 sejumlah fintech P2P lending di Indonesia masih terjaga dengan baik. Pada bulan Juni 2023, rasio TWP90 rata-rata industri P2P lending tercatat sebesar 97,6%, meningkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 97,2%.

Beberapa platform P2P lending bahkan mencatatkan rasio TWP90 di atas 99%, menunjukkan kualitas pinjaman yang sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa industri P2P lending di Indonesia semakin dan mampu menyalurkan pinjaman dengan risiko yang terukur.

Terjaganya rasio TWP90 ini menjadi kabar baik bagi investor yang berinvestasi di platform P2P lending. Pasalnya, rasio TWP90 yang tinggi menunjukkan bahwa risiko gagal bayar pinjaman relatif rendah, sehingga investasi yang dilakukan lebih aman.

Namun, investor tetap perlu berhati-hati dalam memilih platform P2P lending untuk berinvestasi. Pastikan platform tersebut memiliki izin dan diawasi oleh OJK, serta memiliki track record yang baik dalam menyalurkan pinjaman.

Rasio TWP90 Sejumlah Fintech P2P Lending Masih Terjaga

TWP90 atau Tingkat Keberhasilan Bayar 90 Hari merupakan salah satu indikator penting untuk menilai kualitas pinjaman yang disalurkan oleh platform P2P lending. Semakin tinggi rasio TWP90, semakin baik kualitas pinjaman tersebut.

Berikut adalah 6 aspek penting terkait Rasio TWP90 Sejumlah Fintech P2P Lending Masih Terjaga:

  • Kualitas Pinjaman: Rasio TWP90 menunjukkan kualitas pinjaman yang disalurkan oleh platform P2P lending.
  • Risiko Gagal Bayar: Rasio TWP90 yang tinggi menunjukkan risiko gagal bayar pinjaman yang rendah.
  • Keamanan Investasi: Rasio TWP90 yang tinggi menunjukkan bahwa investasi di platform P2P lending lebih aman.
  • Pertumbuhan Industri: Rasio TWP90 yang terjaga menunjukkan bahwa industri P2P lending di Indonesia semakin berkembang.
  • Regulasi OJK: Platform P2P lending yang diawasi oleh OJK memiliki rasio TWP90 yang lebih baik.
  • Pilihan Investasi: Investor dapat memilih platform P2P lending dengan rasio TWP90 yang tinggi untuk investasi yang lebih aman.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, investor dapat memilih platform P2P lending yang tepat untuk berinvestasi. Rasio TWP90 yang tinggi menunjukkan bahwa platform tersebut memiliki kualitas pinjaman yang baik, risiko gagal bayar yang rendah, dan investasi yang lebih aman.

Kualitas Pinjaman

Rasio TWP90 ibarat rapor bagi platform P2P lending. Semakin tinggi nilainya, semakin baik kualitas pinjaman yang disalurkan. Platform dengan rasio TWP90 tinggi menunjukkan bahwa peminjamnya rajin membayar cicilan tepat waktu. Artinya, uang yang kita investasikan di platform tersebut relatif lebih aman.

Contohnya, platform P2P lending A memiliki rasio TWP90 sebesar 99%. Ini berarti 99% peminjam di platform tersebut berhasil membayar cicilannya tepat waktu selama 90 hari pertama. Wow, keren kan?

Jadi, sebelum berinvestasi di P2P lending, pastikan dulu platformnya punya rasio TWP90 yang tinggi. Itu tandanya platform tersebut punya kualitas pinjaman yang bagus dan investasi kita lebih terjamin.

Risiko Gagal Bayar

Rasio TWP90 bagaikan tameng yang melindungi investasi kita dari risiko gagal bayar. Semakin tinggi rasionya, semakin kecil kemungkinan peminjam mangkir dari kewajibannya. Wah, jadi lebih tenang, ya!

Bayangkan begini, kita punya dua platform P2P lending. Platform A punya rasio TWP90 95%, sedangkan platform B hanya 80%. Artinya, risiko gagal bayar di platform A lebih rendah 15% dibanding platform B. Lumayan banget, kan?

Jadi, kalau kita mau investasi di P2P lending, pilihlah platform dengan rasio TWP90 tinggi. Itu tandanya investasi kita lebih aman dan terlindungi dari risiko gagal bayar.

Keamanan Investasi

Siapa bilang investasi di P2P lending itu berisiko? Nggak juga, dong! Asalkan kamu pilih platform yang tepat, investasi kamu bisa aman dan cuan. Salah satu indikator penting buat ngukur keamanan investasi di P2P lending adalah Rasio TWP90.

TWP90 itu ibarat rapor buat platform P2P lending. Semakin tinggi nilainya, semakin bagus kualitas pinjaman yang disalurkan. Nah, kualitas pinjaman yang bagus artinya risiko gagal bayar rendah. Jadi, investasi kamu jadi lebih aman deh.

Jadi, sebelum nabung di P2P lending, pastikan dulu platformnya punya Rasio TWP90 yang tinggi. Itu tandanya investasi kamu terlindungi dan nggak bakal bikin kamu gigit jari.

Pertumbuhan Industri

Rasio TWP90 yang baik menjadi indikator positif bagi perkembangan industri P2P lending di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak masyarakat yang percaya dan memanfaatkan layanan P2P lending. Pertumbuhan ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kemudahan akses, proses pengajuan yang cepat, dan tingkat bunga yang kompetitif.

Dengan terjaganya Rasio TWP90, industri P2P lending dapat terus bertumbuh dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia. Platform P2P lending dapat menyalurkan pinjaman kepada masyarakat dan pelaku usaha yang membutuhkan, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Regulasi OJK: Platform P2P lending yang diawasi oleh OJK memiliki rasio TWP90 yang lebih baik.

Kalau kamu lagi cari platform P2P lending yang terpercaya, pastikan platform tersebut sudah diawasi oleh OJK alias Otoritas Jasa Keuangan. Soalnya, OJK punya aturan ketat buat ngawasin platform P2P lending. Platform yang diawasi OJK biasanya punya rasio TWP90 yang lebih baik, artinya peminjamnya lebih rajin bayar cicilan. Jadi, investasi kamu di platform tersebut jadi lebih aman deh.

Jadi, sebelum nabung di P2P lending, cek dulu apakah platformnya sudah diawasi OJK atau belum. Kalau sudah, berarti platform tersebut udah memenuhi standar keamanan dan kualitas yang ditetapkan pemerintah. Investasi kamu pun jadi lebih terjamin.

Pilihan Investasi

Bingung mau investasi di platform P2P lending yang mana? Tenang, ada tipsnya nih! Pilih aja platform yang punya Rasio TWP90 tinggi. Ibaratnya, Rasio TWP90 itu rapor buat platform P2P lending. Semakin tinggi nilainya, semakin bagus kualitas pinjaman yang disalurkan. Artinya, peminjam di platform tersebut rajin bayar cicilan. Jadi, investasi kamu jadi lebih aman dan cuan deh.

Misalnya, ada dua platform P2P lending: si A dan si B. Rasio TWP90 si A 95%, sementara si B cuma 80%. Logikanya, lebih aman investasi di si A dong, karena risiko gagal bayarnya lebih rendah. Setuju, kan?

Jadi, sebelum nabung di P2P lending, cek dulu Rasio TWP90-nya. Pilih yang tinggi, biar investasi kamu aman dan nggak bikin jantung deg-degan.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Eks Pengurus Masjid Jadi Juragan Bisnis, Bukti Nyata Berkah Sedekah!

22 Mei 2024 - 04:52 WIB

Bekas Pengurus Masjid yang Sukses Kelola 442 Cabang Bisnis

6 Ide Bisnis Modal Receh, Cuannya Bikin Melongo!

22 Mei 2024 - 04:27 WIB

6 Ide Bisnis Modal 1 Juta

Bisnis Sukses dengan Kekuatan Spiritual: Rahasia Pebisnis Bermental Tangguh

22 Mei 2024 - 02:50 WIB

Pebisnis dengan “Spiritual Mindset”

4 Inspirasi Mahar Emas Unik dengan Nilai Plus Investasi

22 Mei 2024 - 02:08 WIB

4 Inspirasi Mahar Emas Unik yang Bisa Jadi Investasi

3 Bisnis Cepat Balik Modal yang Bikin Dompet Tebal

22 Mei 2024 - 00:46 WIB

3 Macam Bisnis yang Cepat Balik Modal

6 Rahasia Optimalkan Modal, Untung Maksimal!

21 Mei 2024 - 23:38 WIB

6 Cara Optimalkan Alokasi Modal untuk Keuntungan Maksimal
Trending di Bisnis