Catat! Alfamart Bagi Dividen Rp 1,19 Triliun, Buruan Cek Jadwalnya!

waktu baca 3 menit
Jumat, 17 Mei 2024 16:16 0 7 Bayu

Catat! Alfamart Bagi Dividen Rp 1,19 Triliun, Buruan Cek Jadwalnya!

Catat! Alfamart Bagi Dividen Rp 1,19 Triliun, Buruan Cek Jadwalnya!

Ligaponsel.com – Alfamart Bakal Bagi Dividen Rp 1,19 Triliun, Simak Jadwalnya

Alfamart, salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia, mengumumkan rencana pembagian dividen tunai sebesar Rp 1,19 triliun kepada pemegang sahamnya. Pembagian dividen ini merupakan bentuk apresiasi perusahaan atas dukungan dan kesetiaan para pemegang saham.

Pembagian dividen ini telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar pada tanggal 24 Juni 2023. Dividen akan dibagikan kepada pemegang saham yang tercatat pada tanggal 7 Juli 2023 (recording date).

Berikut jadwal pembagian dividen Alfamart:

  • Tanggal Recording Date: 7 Juli 2023
  • Tanggal Cum Date: 4 Juli 2023 (Tanggal terakhir untuk membeli saham agar berhak menerima dividen)
  • Tanggal Ex Date: 5 Juli 2023 (Tanggal pertama saham tidak lagi disertai hak dividen)
  • Tanggal Pembayaran Dividen: 21 Juli 2023

Nilai dividen yang akan diterima oleh setiap pemegang saham adalah sebesar Rp 100 per saham. Dengan jumlah saham yang beredar saat ini sebanyak 11.900.000.000 saham, maka total nilai dividen yang akan dibagikan adalah sebesar Rp 1,19 triliun.

Pembagian dividen ini merupakan kabar baik bagi para pemegang saham Alfamart. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kinerja keuangan yang baik dan mampu memberikan kepada pemegang sahamnya.

Alfamart Bakal Bagi Dividen Rp 1,19 Triliun, Simak Jadwalnya

Jangan sampai ketinggalan, catat jadwal pembagian dividen Alfamart berikut ini:

  • Tanggal Recording Date: 7 Juli 2023
  • Tanggal Cum Date: 4 Juli 2023
  • Tanggal Ex Date: 5 Juli 2023
  • Tanggal Pembayaran Dividen: 21 Juli 2023

Dengan nilai dividen Rp 100 per saham, total dividen yang akan dibagikan mencapai Rp 1,19 triliun. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menambah pundi-pundi kekayaan Anda!

Tanggal Recording Date

Catat tanggalnya, Sobat Alfamart! 7 Juli 2023 adalah hari di mana kamu harus pastikan jadi pemegang saham Alfamart yang baik. Soalnya, di tanggal ini, perusahaan bakal ngasih kamu dividen alias bagi-bagi keuntungan sebesar Rp 100 per saham!

Jadi, kalau kamu punya saham Alfamart, pastikan kamu masih pegang sahamnya sampai tanggal 7 Juli 2023 ya. Kalau kamu baru mau beli saham Alfamart, pastikan kamu beli sebelum tanggal 4 Juli 2023 (Tanggal Cum Date) biar berhak dapat dividennya.

Tanggal Cum Date

Tanggal Cum Date alias tanggal terakhir untuk bisa kebagian dividen Alfamart adalah 4 Juli 2023. Artinya, kalau kamu beli saham Alfamart sebelum tanggal 4 Juli 2023, kamu masih berhak dapat dividennya. Tapi kalau kamu beli sahamnya setelah tanggal 4 Juli 2023, ya kamu nggak bakal dapat dividennya.

Jadi, pastikan kamu catat tanggal Cum Date ini baik-baik ya, Sobat Alfamart! Jangan sampai kelewatan kesempatan emas ini untuk nambah cuan.

Tanggal Ex Date

Tanggal Ex Date atau tanggal mulai saham nggak dapat dividen lagi dari Alfamart adalah 5 Juli 2023. Jadi, kalau kamu beli saham Alfamart pada tanggal 5 Juli 2023 atau setelahnya, kamu nggak bakal kebagian dividennya.

Kenapa sih ada Tanggal Ex Date? Soalnya, Bursa Efek Indonesia punya aturan main yang harus diikuti. Aturannya, setiap pemegang saham yang namanya tercatat di Daftar Pemegang Saham (DPS) pada Tanggal Recording Date, dialah yang berhak dapat dividen.

Nah, proses pencatatan di DPS ini butuh waktu. Makanya, Bursa Efek Indonesia kasih jeda waktu dari Tanggal Recording Date ke Tanggal Ex Date. Tujuannya, biar perusahaan punya waktu cukup untuk nyatet siapa aja pemegang saham yang berhak dapat dividen.

Tanggal Pembayaran Dividen

Catat tanggalnya, Sobat Alfamart! 21 Juli 2023 adalah hari bahagia di mana dividen alias bagi-bagi keuntungan dari Alfamart bakal cair ke rekening kamu. Horeee!

Jadi, pastikan kamu sudah jadi pemegang saham Alfamart yang baik dan setia sampai tanggal 7 Juli 2023 (Tanggal Recording Date) ya. Kalau kamu belum punya saham Alfamart, masih ada waktu buat beli sebelum tanggal 4 Juli 2023 (Tanggal Cum Date) biar kebagian dividennya.