Menu

Mode Gelap
Samsung A55 5G Turun Harga! Spesifikasi Gadis, Kamera Saingi iPhone 13? Bocoran Samsung S24: AI Canggih, Harga Terjangkau? Mata Anti Lelah? Samsung A Series AMOLED Cuma 2 Jutaan! Samsung M15 5G: Benarkah HP 2 Jutaan Terbaik? [Review Jujur] Harga Galaxy A33 5G Anjlok! Masih Worth It di 2023? Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa!

Blog · 9 Mei 2024 22:12 WIB · Waktu Baca

Kenali 5 Penyebab CTS yang Jarang Diketahui, Wajib Baca!

Kenali 5 Hal Yang Menyebabkan Cts Carpal Tunnel Syndrome Perbesar

Kenali 5 Hal Yang Menyebabkan Cts Carpal Tunnel Syndrome

Kenali 5 Penyebab CTS yang Jarang Diketahui, Wajib Baca!


Ligaponsel.com – Kenali 5 Hal Yang Menyebabkan CTS (Carpal Tunnel Syndrome)

CTS atau Carpal Tunnel Syndrome merupakan kondisi dimana adanya tekanan pada saraf median di pergelangan tangan. Hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri, kesemutan, dan mati rasa pada tangan dan jari-jari. Berikut adalah 5 hal yang dapat menyebabkan CTS:

  1. Penggunaan tangan yang berlebihan: Aktivitas yang melibatkan penggunaan tangan secara berulang dan terus-menerus, seperti mengetik, menggunakan mouse, atau bermain gitar, dapat meningkatkan risiko CTS.
  2. Posisi tangan yang tidak tepat: Menjaga tangan dalam posisi yang tidak wajar untuk waktu yang lama, seperti menekuk atau memutar pergelangan tangan, dapat menekan saraf median.
  3. Faktor anatomi: Beberapa orang memiliki saluran karpal yang sempit secara alami, sehingga lebih rentan mengalami CTS.
  4. Kondisi medis tertentu: Kondisi seperti diabetes, hipotiroidisme, dan artritis reumatoid dapat meningkatkan risiko CTS.
  5. Faktor keturunan: CTS dapat diturunkan dalam keluarga, menunjukkan adanya faktor genetik yang berperan.

Jika Anda mengalami gejala CTS, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Perawatan CTS dapat meliputi penggunaan obat-obatan, terapi fisik, atau bahkan pembedahan.

Kenali 5 Hal Yang Menyebabkan CTS (Carpal Tunnel Syndrome)

Tahukah kamu apa saja yang bisa menyebabkan CTS? Sindrom lorong karpal atau CTS ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

  1. Penggunaan tangan berlebihan
  2. Posisi tangan tidak tepat
  3. Faktor anatomi
  4. Kondisi medis tertentu
  5. Faktor keturunan

Nah, buat kamu yang sering menggunakan tangan secara berlebihan, misalnya untuk mengetik atau bermain gitar, hati-hati ya! Posisi tangan yang tidak tepat saat bekerja atau beraktivitas juga bisa meningkatkan risiko CTS. Selain itu, faktor anatomi seperti bentuk saluran karpal yang sempit juga bisa menjadi penyebab CTS. Beberapa kondisi medis seperti diabetes dan hipotiroidisme juga bisa meningkatkan risiko CTS. Dan terakhir, faktor keturunan juga berperan dalam terjadinya CTS.

Penggunaan tangan berlebihan

Buat kamu yang hobi ngetik, main gitar, atau ngerjain kerjaan tangan lainnya, hati-hati ya! Soalnya, penggunaan tangan berlebihan bisa bikin kamu kena CTS (Carpal Tunnel Syndrome). CTS itu kayak ada yang menekan saraf di pergelangan tangan kamu, bikin tangan dan jari-jari kamu sakit, kesemutan, bahkan mati rasa.

Posisi tangan tidak tepat

Selain penggunaan tangan berlebihan, posisi tangan yang tidak tepat juga bisa bikin kamu kena CTS (Carpal Tunnel Syndrome). Misalnya, kalau kamu suka menekuk atau memutar pergelangan tangan kamu dalam waktu lama, itu bisa menekan saraf median di tangan kamu. Akibatnya, tangan dan jari-jari kamu bisa sakit, kesemutan, bahkan mati rasa.

Faktor anatomi

Buat kamu yang punya saluran karpal sempit, hati-hati ya! Soalnya, kamu lebih berisiko kena CTS (Carpal Tunnel Syndrome). Saluran karpal itu kayak lorong sempit di pergelangan tangan kamu, tempat saraf median lewat. Kalau saluran karpalnya sempit, saraf median bisa terjepit dan bikin tangan kamu sakit, kesemutan, bahkan mati rasa.

Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis, seperti diabetes dan hipotiroidisme, bisa meningkatkan risiko CTS (Carpal Tunnel Syndrome). Pada penderita diabetes, kadar gula darah yang tinggi bisa merusak saraf, termasuk saraf median di tangan. Sedangkan pada penderita hipotiroidisme, hormon tiroid yang rendah bisa menyebabkan penebalan jaringan sekitar saraf median, sehingga menekan saraf tersebut.

Selain diabetes dan hipotiroidisme, kondisi medis lain yang bisa meningkatkan risiko CTS antara lain artritis reumatoid, kehamilan, dan obesitas. Pada penderita artritis reumatoid, peradangan pada sendi bisa menyebabkan penebalan jaringan sekitar saraf median. Pada ibu hamil, perubahan hormonal selama kehamilan bisa menyebabkan penumpukan cairan di tangan, sehingga menekan saraf median. Sedangkan pada penderita obesitas, lemak berlebih di sekitar pergelangan tangan bisa menekan saraf median.

Faktor keturunan

Buat kamu yang punya keluarga dengan riwayat CTS (Carpal Tunnel Syndrome), hati-hati ya! Soalnya, CTS itu bisa diturunkan. Artinya, kalau orang tua atau saudara kamu kena CTS, kamu punya risiko lebih tinggi untuk kena juga. So, jangan anggap remeh ya, kalau kamu punya faktor keturunan CTS, lebih baik jaga kesehatan tangan kamu baik-baik.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Alergi Kacang yang Terabaikan Bisa Mematikan!

28 Mei 2024 - 12:38 WIB

Jangan Diabaikan Alergi Kacang Bisa Berakibat Fatal

Rahasia Terkuak: Inilah Alasan Kacang Jadi Alergen Utama Anak

28 Mei 2024 - 12:01 WIB

Ini Alasan Kacang Bisa Sebabkan Alergi Pada Anak

Bahaya Mengintai di Jalanan: Wajib Tahu Pentingnya Safety Riding!

28 Mei 2024 - 09:56 WIB

Bukan Sekadar Kena Tilang Ini Pentingnya Safety Riding Saat Berkendara

Terobosan Baru: Terapi Ajaib Bantu Atasi Keterbatasan Fisik!

28 Mei 2024 - 09:29 WIB

Terapi Okupasi Bisa Bantu Orang Dengan Keterbatasan Fisik

Terapi Hiperbarik: Rahasia Kesehatan yang Tersembunyi

28 Mei 2024 - 07:49 WIB

Perlu Tahu Kegunaan Terapi Hiperbarik Untuk Kesehatan

3 Alasan Penting Pemeriksaan Fisik Buat Calon Siswa Sekolah Kedinasan

28 Mei 2024 - 06:36 WIB

3 Alasan Pemeriksaan Fisik Untuk Sekolah Ikatan Dinas Itu Penting
Trending di Blog