Menu

Mode Gelap
Smartphone Canggih dengan Galaxy AI, Temukan Pilihan Terbaik! Kamera Samsung Galaxy A55 Mampu Ambil Foto Malam Hari yang Menakjubkan di SCBD! Samsung Galaxy A55 5G: Kejutan Spesifikasi dan Harga di Indonesia Samsung Galaxy S6 Lite 2024 Diam-diam Meluncur, Bawa Chipset Gahar! Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand

Blog · 11 Mei 2024 11:41 WIB · Waktu Baca

5 Olahraga Ajaib untuk Menjaga Gula Darah Tetap Terkendali

5 Olahraga Untuk Mengontrol Gula Darah Perbesar


5 Olahraga Ajaib untuk Menjaga Gula Darah Tetap Terkendali

Ligaponsel.com – Olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengontrol gula darah. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh akan lebih sensitif terhadap insulin, sehingga gula darah akan lebih mudah masuk ke dalam sel dan digunakan sebagai energi. Selain itu, olahraga juga dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan, yang keduanya dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Berikut adalah 5 olahraga terbaik untuk mengontrol gula darah:

  1. Jalan cepat

Jalan cepat adalah olahraga yang mudah dilakukan dan dapat dilakukan di mana saja. Olahraga ini juga dapat dilakukan oleh penderita diabetes dengan berbagai tingkat kebugaran.

Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang bagus untuk jantung dan paru-paru. Olahraga ini juga dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

Renang

Renang adalah olahraga yang menyegarkan dan tidak membebani persendian. Olahraga ini juga dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

Yoga

Yoga adalah olahraga yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan kekuatan. Olahraga ini juga dapat membantu mengurangi stres, yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Tai chi

Tai chi adalah olahraga yang menggabungkan gerakan lembut dan pernapasan dalam. Olahraga ini dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan kekuatan. Olahraga ini juga dapat membantu mengurangi stres, yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga baru. Dokter dapat membantu menentukan jenis dan intensitas olahraga yang tepat untuk masing-masing individu.

5 Olahraga Untuk Mengontrol Gula Darah

Olahraga sangat penting untuk penderita diabetes. Olahraga dapat membantu mengontrol gula darah, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

Berikut adalah 5 aspek penting dari olahraga untuk mengontrol gula darah:

  1. Jenis olahraga
  2. Intensitas olahraga
  3. Durasi olahraga
  4. Frekuensi olahraga
  5. Waktu olahraga

Penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga baru. Dokter dapat membantu menentukan jenis, intensitas, durasi, frekuensi, dan waktu olahraga yang tepat untuk masing-masing individu.

Dengan mengikuti tips ini, penderita diabetes dapat menggunakan olahraga sebagai alat untuk mengelola kadar gula darah mereka dan meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.

Jenis olahraga

Jenis olahraga yang terbaik untuk mengontrol gula darah adalah olahraga yang bersifat aerobik, yaitu olahraga yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan meningkatkan pernapasan. Olahraga aerobik yang baik untuk penderita diabetes antara lain jalan cepat, bersepeda, renang, yoga, dan tai chi.

Olahraga anaerobik, seperti angkat beban, juga dapat bermanfaat bagi penderita diabetes, tetapi tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Olahraga anaerobik dapat meningkatkan kadar gula darah dalam jangka pendek, sehingga penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga anaerobik.

Intensitas olahraga

Intensitas olahraga adalah ukuran seberapa keras Anda berolahraga. Intensitas olahraga dapat diukur menggunakan skala intensitas latihan, yang berkisar dari 0 (istirahat) hingga 10 (usaha maksimal).

Untuk mengontrol gula darah, penderita diabetes harus berolahraga dengan intensitas sedang hingga berat, yaitu pada skala intensitas latihan 5-8.

Durasi olahraga

Durasi olahraga adalah lama waktu Anda berolahraga. Untuk mengontrol gula darah, penderita diabetes harus berolahraga setidaknya selama 30 menit setiap kali berolahraga. Jika Anda baru memulai program olahraga, Anda dapat memulai dengan berolahraga selama 15-20 menit dan secara bertahap meningkatkan durasi olahraga Anda hingga 30 menit atau lebih.

Anda juga dapat membagi waktu olahraga Anda menjadi beberapa sesi yang lebih pendek, misalnya berolahraga selama 10 menit tiga kali sehari. Yang terpenting adalah berolahraga secara teratur dan konsisten.

Frekuensi olahraga

Frekuensi olahraga adalah seberapa sering Anda berolahraga. Untuk mengontrol gula darah, penderita diabetes harus berolahraga setidaknya 5 hari seminggu.

Jika Anda baru memulai program olahraga, Anda dapat memulai dengan berolahraga 2-3 hari seminggu dan secara bertahap meningkatkan frekuensi olahraga Anda hingga 5 hari seminggu atau lebih.

Waktu olahraga

Waktu terbaik untuk berolahraga bagi penderita diabetes adalah sebelum makan. Olahraga sebelum makan dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Jika Anda tidak dapat berolahraga sebelum makan, Anda juga dapat berolahraga setelah makan. Namun, Anda harus menunggu setidaknya 2 jam setelah makan sebelum berolahraga untuk menghindari hipoglikemia (kadar gula darah rendah).

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Olahraga Berlebihan, Awas Terkena Angin Duduk!

27 Mei 2024 - 14:04 WIB

Olahraga Berlebihan Bisa Sebabkan Angin Duduk

Mimpi Buruk Anak: Penyebab Tersembunyi Terungkap!

27 Mei 2024 - 13:22 WIB

Anak Sering Mimpi Buruk Adakah Penyebabnya

Bedah Tuntas MRI vs MSCT: Rahasia Organ Dalam Terbongkar!

27 Mei 2024 - 11:32 WIB

Inilah Perbedaan Antara Mri Dan Msct

Pembuluh Darah Bermasalah? Jangan Panik, Yuk USG Doppler!

27 Mei 2024 - 09:11 WIB

Pembuluh Darah Bermasalah Saatnya Usg Doppler

5 Rahasia Persalinan Kedua Tanpa Derita

27 Mei 2024 - 08:05 WIB

5 Posisi Persalinan Kedua Yang Bisa Kurangi Rasa Sakit

Terkuak Rahasia: Atasi Ingusan Membandel Saat Hujan dengan Cara Ini!

27 Mei 2024 - 07:11 WIB

Ingusan Susah Sembuh Saat Musim Hujan Benarkah 1
Trending di Blog