Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Blog · 17 Mei 2024 00:36 WIB · Waktu Baca

Mitra Ganda: Misteri Terungkap, Fakta Mengejutkan!

Mitos Dan Fakta Kepribadian Ganda Perbesar


Mitra Ganda: Misteri Terungkap, Fakta Mengejutkan!

Ligaponsel.com – Mitos Dan Fakta Kepribadian Ganda

Kepribadian ganda atau yang lebih dikenal dengan istilah medisnya Dissociative Identity Disorder (DID) adalah suatu kondisi kesehatan mental yang kompleks dan jarang terjadi. Kondisi ini ditandai dengan adanya dua atau lebih identitas atau kepribadian yang berbeda yang mengendalikan perilaku seseorang. Masing-masing identitas memiliki pola pikir, ingatan, dan pengalamannya sendiri yang berbeda-beda. DID umumnya berkembang sebagai mekanisme koping terhadap trauma parah yang dialami pada masa kanak-kanak.

Terdapat banyak mitos dan fakta yang beredar tentang kepribadian ganda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Mitos

  • Orang dengan kepribadian ganda berbahaya dan tidak dapat diprediksi.
  • Kepribadian ganda adalah tanda kerasukan roh jahat.
  • Orang dengan kepribadian ganda dapat berubah kepribadian dengan mudah dan sesuka hati.

Fakta

  • Kebanyakan orang dengan kepribadian ganda tidak berbahaya dan dapat hidup normal.
  • Kepribadian ganda bukanlah tanda kerasukan roh jahat, melainkan kondisi kesehatan mental yang diakibatkan oleh trauma.
  • Orang dengan kepribadian ganda tidak dapat berubah kepribadian dengan mudah dan sesuka hati. Perubahan kepribadian biasanya dipicu oleh stres atau situasi tertentu.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal menunjukkan gejala kepribadian ganda, penting untuk mencari bantuan profesional. Terdapat berbagai jenis terapi yang dapat membantu orang dengan DID untuk mengelola kondisi mereka dan menjalani kehidupan yang memuaskan.

Sumber:

  • National Institute of Mental Health
  • Mayo Clinic

Mitos Dan Fakta Kepribadian Ganda

Kepribadian ganda, atau Dissociative Identity Disorder (DID), adalah suatu kondisi kesehatan mental yang kompleks. Berikut adalah 5 aspek penting tentang mitos dan fakta kepribadian ganda:

  1. Trauma masa kanak-kanak
  2. Bukan kerasukan roh jahat
  3. Tidak berbahaya
  4. Identitas berbeda
  5. Terapi membantu

Kepribadian ganda umumnya berkembang sebagai mekanisme koping terhadap trauma parah yang dialami pada masa kanak-kanak. Penting untuk dipahami bahwa kepribadian ganda bukanlah tanda kerasukan roh jahat, melainkan kondisi kesehatan mental. Kebanyakan orang dengan kepribadian ganda tidak berbahaya dan dapat hidup normal. Mereka memiliki identitas yang berbeda-beda, dan perubahan identitas biasanya dipicu oleh stres atau situasi tertentu. Terdapat berbagai jenis terapi yang dapat membantu orang dengan DID untuk mengelola kondisi mereka dan menjalani kehidupan yang memuaskan.

Trauma masa kanak-kanak

Kepribadian ganda biasanya terjadi karena trauma masa kecil yang sangat parah.

Trauma ini bisa berupa kekerasan fisik, emosional, atau seksual. Pengalaman traumatis ini dapat menyebabkan seorang anak mengembangkan kepribadian yang berbeda sebagai mekanisme untuk mengatasi dan bertahan hidup.

Bukan kerasukan roh jahat

Kepribadian ganda bukanlah kerasukan roh jahat, melainkan suatu kondisi kesehatan mental yang diakibatkan oleh trauma.

Mitos ini seringkali muncul karena kurangnya pemahaman tentang kondisi ini. Kepribadian ganda disebabkan oleh mekanisme koping yang tidak sehat terhadap trauma, bukan karena kesurupan atau kerasukan.

Tidak berbahaya

Kebanyakan orang dengan kepribadian ganda tidak berbahaya dan dapat hidup normal. Mereka hanyalah individu yang mengalami kesulitan dalam mengelola trauma yang mereka alami.

Penting untuk diingat bahwa stigma terhadap kesehatan mental dapat menyebabkan diskriminasi dan isolasi sosial. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang kepribadian ganda agar mereka yang mengalaminya dapat memperoleh dukungan yang mereka butuhkan.

Identitas berbeda

Orang dengan kepribadian ganda memiliki identitas yang berbeda-beda, masing-masing dengan pikiran, perasaan, dan ingatannya sendiri. Identitas-identitas ini dapat sangat berbeda satu sama lain, dan mereka sering kali memiliki nama, usia, dan jenis kelamin yang berbeda.

Perubahan identitas biasanya dipicu oleh stres atau situasi tertentu. Misalnya, seseorang dengan kepribadian ganda mungkin memiliki identitas yang pemalu dan pendiam, dan identitas lain yang lebih percaya diri dan ekstrovert. Ketika orang tersebut merasa terancam atau tidak nyaman, mereka mungkin beralih ke identitas yang lebih protektif atau agresif.

Terapi membantu

Bagi penderita kepribadian ganda, terapi sangat penting untuk membantu mereka mengelola kondisi mereka dan menjalani hidup yang memuaskan.

Terdapat berbagai jenis terapi yang dapat membantu penderita kepribadian ganda, seperti terapi bicara, terapi perilaku kognitif, dan terapi keluarga. Terapi ini dapat membantu penderita kepribadian ganda untuk memahami kondisi mereka, mengelola gejala mereka, dan mengembangkan mekanisme koping yang sehat.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ternyata Operasi Caesar Bisa Tingkatkan Risiko Hernia, Ini Bahayanya!

22 Mei 2024 - 20:51 WIB

Operasi Caesar Bisa Tingkatkan Risiko Hernia

Rahasia Membawa MPASI saat Bepergian, Dijamin Anti Ribet!

22 Mei 2024 - 20:35 WIB

5 Tips Menyiapkan Mpasi Sebelum Bepergian

Si Kecil Bronkiolitis? Ini Penyelamatnya!

22 Mei 2024 - 19:06 WIB

Si Kecil Terkena Bronkiolitis Ibu Harus Apa

Bahaya Tersembunyi Alkohol untuk Janin: Cegah FAS, Jaga Kesehatan Si Kecil!

22 Mei 2024 - 17:12 WIB

Minum Alkohol Saat Hamil Sebabkan Janin Kena Fetal Alcohol Syndrome

Penularan MERS: Cara yang Tidak Terduga!

22 Mei 2024 - 16:23 WIB

Penularan Mers Bisa Terjadi Dengan Cara Ini

Fakta Mencengangkan! Menopause di Usia Muda Bukan Lagi Mitos

22 Mei 2024 - 14:49 WIB

Menopause Dini Bisa Terjadi Di Usia 30an
Trending di Blog