Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Blog · 10 Mei 2024 07:17 WIB · Waktu Baca

4 Rahasia Mencegah Kebingungan Mendadak pada Lansia

Inilah 4 Cara Untuk Mencegah Delirium Perbesar


4 Rahasia Mencegah Kebingungan Mendadak pada Lansia


Ligaponsel.com – Delirium merupakan kondisi kebingungan mendadak yang biasanya terjadi pada orang lanjut usia (lansia). Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi, obat-obatan, atau cedera kepala. Delirium dapat menyebabkan perubahan perilaku, seperti agitasi, halusinasi, dan kesulitan berkonsentrasi.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah delirium, antara lain:

  1. Menjaga kesehatan fisik dan mental. Orang yang sehat secara fisik dan mental lebih kecil kemungkinannya mengalami delirium. Pastikan untuk makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan tidur yang cukup.
  2. Mengontrol penggunaan obat-obatan. Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan risiko delirium, terutama pada lansia. Bicarakan dengan dokter tentang obat-obatan yang Anda konsumsi dan tanyakan apakah ada yang dapat meningkatkan risiko delirium.
  3. Menghindari alkohol dan obat-obatan terlarang. Alkohol dan obat-obatan terlarang dapat merusak otak dan meningkatkan risiko delirium.
  4. Mengatasi masalah kesehatan yang mendasar. Infeksi, cedera kepala, dan penyakit kronis lainnya dapat meningkatkan risiko delirium. Pastikan untuk mengatasi masalah kesehatan ini sesegera mungkin.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membantu mencegah delirium dan menjaga kesehatan otak Anda.

Inilah 4 Cara Untuk Mencegah Delirium


Delirium dapat dicegah dengan beberapa cara:

  1. Sehatkan badan dan pikiran
  2. Bijak konsumsi obat
  3. Jauhi alkohol dan narkoba
  4. Atasi penyakit segera

Dengan mencegah delirium, kita dapat menjaga kesehatan otak kita.

Sehatkan badan dan pikiran

Kalau badan dan pikiran kita sehat, kita nggak gampang kena delirium. Jadi, pastikan kita makan makanan sehat, olahraga teratur, dan tidur yang cukup ya!

Contohnya, kalau kita makan makanan yang sehat, tubuh kita akan dapat nutrisi yang cukup untuk melawan infeksi. Olahraga teratur juga bisa membantu menjaga kesehatan otak kita. Dan kalau kita tidur cukup, otak kita bisa beristirahat dan memperbaiki diri.

Bijak konsumsi obat

Obat-obatan tertentu bisa bikin kita lebih mudah kena delirium, terutama kalau kita sudah tua. Jadi, kita harus bijak konsumsi obat ya!

Contohnya, kalau kita minum obat tidur terlalu banyak, kita bisa jadi bingung dan susah konsentrasi. Atau, kalau kita minum obat penghilang rasa sakit terlalu banyak, kita bisa jadi pusing dan mual. Jadi, pastikan kita selalu konsultasi ke dokter sebelum minum obat apapun, ya!

Jauhi alkohol dan narkoba

Alkohol dan narkoba itu jahat banget buat otak kita. Kalau kita minum alkohol atau pakai narkoba, otak kita bisa rusak dan kita jadi gampang kena delirium.

Contohnya, kalau kita minum alkohol terlalu banyak, kita bisa jadi bingung dan susah ngomong. Atau, kalau kita pakai narkoba, kita bisa jadi halusinasi dan kejang-kejang. Jadi, jauhi alkohol dan narkoba ya, demi kesehatan otak kita!

Atasi penyakit segera

Kalau kita punya penyakit, jangan ditunda-tunda untuk diobati ya! Soalnya, penyakit bisa bikin kita lebih gampang kena delirium.

Contohnya, kalau kita punya infeksi, kita bisa jadi demam dan bingung. Atau, kalau kita punya penyakit jantung, kita bisa jadi sesak napas dan pusing. Jadi, kalau kita merasa sakit, langsung periksa ke dokter ya!

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ternyata Operasi Caesar Bisa Tingkatkan Risiko Hernia, Ini Bahayanya!

22 Mei 2024 - 20:51 WIB

Operasi Caesar Bisa Tingkatkan Risiko Hernia

Rahasia Membawa MPASI saat Bepergian, Dijamin Anti Ribet!

22 Mei 2024 - 20:35 WIB

5 Tips Menyiapkan Mpasi Sebelum Bepergian

Si Kecil Bronkiolitis? Ini Penyelamatnya!

22 Mei 2024 - 19:06 WIB

Si Kecil Terkena Bronkiolitis Ibu Harus Apa

Bahaya Tersembunyi Alkohol untuk Janin: Cegah FAS, Jaga Kesehatan Si Kecil!

22 Mei 2024 - 17:12 WIB

Minum Alkohol Saat Hamil Sebabkan Janin Kena Fetal Alcohol Syndrome

Penularan MERS: Cara yang Tidak Terduga!

22 Mei 2024 - 16:23 WIB

Penularan Mers Bisa Terjadi Dengan Cara Ini

Fakta Mencengangkan! Menopause di Usia Muda Bukan Lagi Mitos

22 Mei 2024 - 14:49 WIB

Menopause Dini Bisa Terjadi Di Usia 30an
Trending di Blog