Menu

Mode Gelap
Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece! Kamera Samsung Galaxy A35: Rahasia Fotografi Kuliner yang Lezat Terungkap! Adu Canggih Samsung Galaxy A54 Vs A55, Mana yang Terbaik? Duel Sengit Samsung Galaxy S23 Plus vs S23 Ultra: Mana yang Terbaik? Adu Spesifikasi: Duel Sengit Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana yang Lebih Unggul? Daftar HP Samsung yang Tak Kebagian Update One UI 6.1, Bersabarlah, Ini Cobaan!

Blog · 11 Mei 2024 09:15 WIB · Waktu Baca

Udara Indonesia Makin Tak Sehat, Ini Penyelamatnya!

Bbm Di Indonesia Bikin Polusi Udara Semakin Enggak Sehat Perbesar


Udara Indonesia Makin Tak Sehat, Ini Penyelamatnya!

Ligaponsel.com – Polusi udara di Indonesia semakin memburuk akibat emisi kendaraan bermotor, terutama yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM). BBM yang digunakan di Indonesia, khususnya jenis Premium, memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Ketika dibakar, sulfur tersebut akan menghasilkan sulfur dioksida (SO2) yang merupakan gas beracun dan berbahaya bagi kesehatan.

Selain SO2, BBM juga menghasilkan karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NOx), dan partikulat. Gas-gas dan partikel ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti infeksi saluran pernapasan, penyakit jantung, dan kanker paru-paru. Anak-anak dan orang tua merupakan kelompok yang paling rentan terhadap dampak buruk polusi udara.

Untuk mengatasi masalah polusi udara akibat BBM, pemerintah telah menerapkan beberapa kebijakan, seperti mewajibkan penggunaan BBM dengan kandungan sulfur yang lebih rendah (Pertamax dan Pertamax Turbo) dan melakukan uji emisi kendaraan bermotor. Namun, kebijakan-kebijakan tersebut belum sepenuhnya efektif dalam mengurangi polusi udara. Masih banyak kendaraan bermotor yang menggunakan BBM Premium dan tidak lulus uji emisi.

Oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih komprehensif untuk mengurangi polusi udara akibat BBM. Beberapa upaya yang dapat dilakukan antara lain:

  • Meningkatkan penggunaan transportasi umum dan kendaraan listrik.
  • Mempromosikan penggunaan BBM dengan kandungan sulfur yang lebih rendah.
  • Melakukan uji emisi kendaraan bermotor secara rutin.
  • Meningkatkan pengawasan terhadap kendaraan bermotor yang tidak lulus uji emisi.
  • Melakukan reboisasi dan penghijauan untuk menyerap polusi udara.

Dengan melakukan upaya-upaya tersebut, diharapkan polusi udara akibat BBM di Indonesia dapat berkurang dan kualitas udara menjadi lebih baik.

Bbm Di Indonesia Bikin Polusi Udara Semakin Enggak Sehat

Polusi udara di Indonesia semakin parah akibat emisi kendaraan bermotor, terutama yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Polusi udara ini berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat, terutama anak-anak dan orang tua.

Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu memperhatikan beberapa aspek penting, yaitu:

  • Jenis BBM: BBM dengan kandungan sulfur tinggi menghasilkan lebih banyak polusi.
  • Emisi kendaraan: Kendaraan yang tidak lulus uji emisi mengeluarkan lebih banyak polusi.
  • Transportasi umum: Penggunaan transportasi umum dapat mengurangi emisi kendaraan pribadi.
  • Kendaraan listrik: Kendaraan listrik tidak menghasilkan emisi gas buang.
  • Penghijauan: Tanaman dapat menyerap polusi udara.
  • Pengawasan pemerintah: Diperlukan pengawasan yang ketat terhadap kendaraan bermotor yang tidak lulus uji emisi.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, kita dapat berkontribusi dalam mengurangi polusi udara di Indonesia dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi masyarakat.

Jenis BBM

Polusi udara di Indonesia semakin memburuk akibat emisi kendaraan bermotor, terutama yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM). BBM yang digunakan di Indonesia, khususnya jenis Premium, memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Ketika dibakar, sulfur tersebut akan menghasilkan sulfur dioksida (SO2) yang merupakan gas beracun dan berbahaya bagi kesehatan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan BBM dengan kandungan sulfur yang lebih rendah, seperti Pertamax atau Pertamax Turbo. BBM dengan kandungan sulfur yang rendah akan menghasilkan lebih sedikit emisi gas buang, sehingga dapat membantu mengurangi polusi udara.

Emisi kendaraan

Selain menggunakan BBM dengan kandungan sulfur yang rendah, kita juga perlu memastikan bahwa kendaraan kita lulus uji emisi.

Uji emisi adalah pemeriksaan kadar gas buang kendaraan. Kendaraan yang tidak lulus uji emisi berarti kadar gas buangnya melebihi batas yang ditentukan, sehingga dapat mencemari udara dan membahayakan kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan uji emisi kendaraan secara rutin. Dengan memastikan kendaraan kita lulus uji emisi, kita dapat berkontribusi dalam mengurangi polusi udara di Indonesia.

Transportasi umum

Selain menggunakan BBM yang ramah lingkungan dan memastikan kendaraan lulus uji emisi, kita juga dapat mengurangi polusi udara dengan menggunakan transportasi umum.

Transportasi umum dapat mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalan, sehingga dapat menurunkan emisi gas buang secara signifikan. Selain itu, transportasi umum juga dapat menghemat biaya bahan bakar dan parkir, serta mengurangi kemacetan lalu lintas.

Kendaraan listrik

Selain menggunakan transportasi umum, kita juga bisa mengurangi polusi udara dengan beralih ke kendaraan listrik.

Kendaraan listrik tidak menghasilkan emisi gas buang, sehingga sangat ramah lingkungan. Selain itu, kendaraan listrik juga lebih hemat biaya dalam jangka panjang karena biaya listrik lebih murah daripada BBM.

Penghijauan

Selain menggunakan transportasi umum dan kendaraan listrik, kita juga bisa mengurangi polusi udara dengan memperbanyak tanaman di sekitar kita.

Tanaman memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Dengan memperbanyak tanaman, kita dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar kita dan mengurangi polusi udara.

Pengawasan pemerintah

Selain upaya-upaya di atas, peran pemerintah juga sangat penting dalam mengurangi polusi udara akibat BBM.

Pemerintah perlu melakukan pengawasan yang ketat terhadap kendaraan bermotor yang tidak lulus uji emisi. Kendaraan yang tidak lulus uji emisi harus ditindak tegas, misalnya dengan tidak diperbolehkan beroperasi atau dikenakan denda.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bullying: Penyebab Tersembunyi Fobia Sosial pada Remaja

18 Mei 2024 - 13:24 WIB

Bullying Bisa Sebabkan Fobia Sosial Pada Remaja

Udara Kotor: Racun Tak Kasat Mata untuk Paru-paru Anda

18 Mei 2024 - 12:17 WIB

Dampak Udara Kotor Pada Kesehatan Paru Paru

Terungkap! Kekayaan Ternyata Pengaruhi Berat Badan, Kok Bisa?

18 Mei 2024 - 10:02 WIB

Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Bisa Pengaruhi Obesitas

Temukan Rahasia Otak Cerdas: Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur

18 Mei 2024 - 09:53 WIB

Membaca Buku Malam Hari Baik Untuk Otak

Deteksi Kanker Serviks Dini, Tingkatkan Peluang Hidupmu!

18 Mei 2024 - 08:40 WIB

Perbesar Peluang Hidup Dengan Mendeteksi Kanker Serviks Sejak Dini

Fakta Mengejutkan: Madu Tidak Boleh untuk Bayi!

18 Mei 2024 - 06:23 WIB

Mengapa Madu Tidak Baik Untuk Mpasi
Trending di Blog