Menu

Mode Gelap
Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece! Kamera Samsung Galaxy A35: Rahasia Fotografi Kuliner yang Lezat Terungkap! Adu Canggih Samsung Galaxy A54 Vs A55, Mana yang Terbaik? Duel Sengit Samsung Galaxy S23 Plus vs S23 Ultra: Mana yang Terbaik? Adu Spesifikasi: Duel Sengit Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana yang Lebih Unggul? Daftar HP Samsung yang Tak Kebagian Update One UI 6.1, Bersabarlah, Ini Cobaan!

Blog · 17 Mei 2024 02:40 WIB · Waktu Baca

Waspada Gejala Bigorexia, Bahaya Obsesi Otot Berlebihan

Terlalu Sering Ke Gym Hati Hati Gejala Bigorexia Perbesar


Waspada Gejala Bigorexia, Bahaya Obsesi Otot Berlebihan

Ligaponsel.com – Terlalu Sering Ke Gym Hati Hati Gejala Bigorexia

Bigorexia atau Gangguan Otot Disformis adalah gangguan mental yang ditandai dengan obsesi yang berlebihan terhadap bentuk otot tubuh. Orang dengan bigorexia mungkin merasa otot mereka terlalu kecil atau tidak cukup berotot, meskipun kenyataannya otot mereka sudah besar dan berotot.

Gejala bigorexia antara lain:

  • Terlalu sering berolahraga, bahkan hingga mengabaikan aktivitas lain yang penting
  • Mengonsumsi suplemen atau steroid secara berlebihan
  • Terlalu banyak waktu dihabiskan untuk bercermin dan memperhatikan bentuk otot
  • Selalu membandingkan otot sendiri dengan orang lain
  • Merasa tidak puas dengan ukuran otot sendiri, meskipun sudah berolahraga secara berlebihan

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala-gejala bigorexia, penting untuk mencari bantuan profesional. Bigorexia adalah gangguan yang serius yang dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah bigorexia:

  • Tetapkan tujuan kebugaran yang realistis
  • Fokus pada kesehatan secara keseluruhan, bukan hanya pada penampilan otot
  • Bertemanlah dengan orang-orang yang mendukung gaya hidup sehat
  • Hindari membandingkan diri sendiri dengan orang lain
  • Jika Anda merasa tidak puas dengan ukuran otot sendiri, bicarakan dengan ahli kesehatan mental

Terlalu Sering Ke Gym Hati Hati Gejala Bigorexia

Jika kamu terlalu sering nge-gym, hati-hati gejala bigorexia mengintai. Bigorexia adalah gangguan mental yang bikin kamu terobsesi banget sama bentuk otot tubuh sendiri. Padahal, otot kamu udah besar dan berotot, tapi kamu masih merasa kurang.

Ada 5 aspek penting yang perlu kamu tahu tentang bigorexia:

  • Gejala: nge-gym terus-terusan, pakai suplemen berlebihan, ngaca mulu, suka bandingin otot sendiri sama orang lain.
  • Penyebab: gangguan mental yang bikin kamu merasa otot kamu kurang gede.
  • Dampak: masalah kesehatan fisik dan mental, kayak gangguan makan dan depresi.
  • Pencegahan: tetapkan tujuan realistis, fokus kesehatan, hindari banding-bandingan.
  • Pengobatan: terapi perilaku kognitif, obat-obatan, dan dukungan keluarga.

Jadi, kalau kamu ngerasa gejala-gejala di atas, jangan ragu buat cari bantuan profesional. Bigorexia adalah gangguan serius yang bisa berdampak buruk banget buat hidup kamu.

Gejala: nge-gym terus-terusan, pakai suplemen berlebihan, ngaca mulu, suka bandingin otot sendiri sama orang lain.

Bigorexia itu kayak penyakit mental yang bikin kamu kebelet nge-gym terus-terusan. Nggak cuma itu, kamu juga jadi doyan banget pakai suplemen dan ngaca berkali-kali buat ngelihatin otot kamu. Parahnya lagi, kamu suka banget bandingin otot kamu sama orang lain.

Penyebab

Penyebab bigorexia itu macem-macem, tapi biasanya sih karena gangguan mental yang bikin kamu ngerasa otot kamu kurang gede. Gangguan mental ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya:

  • Faktor genetik
  • Pengalaman masa lalu yang traumatis
  • Pengaruh lingkungan dan budaya

Jadi, kalau kamu ngerasa otot kamu kurang gede padahal udah nge-gym mati-matian, bisa jadi kamu kena bigorexia. Jangan malu buat cari bantuan profesional ya, karena bigorexia itu gangguan serius yang bisa berdampak buruk buat kesehatan fisik dan mental kamu.

Dampak

Bigorexia itu nggak cuma ganggu pikiran kamu aja, tapi juga bisa berdampak buruk banget buat kesehatan fisik dan mental kamu. Misalnya, kamu bisa kena gangguan makan, kayak anoreksia atau bulimia. Kamu juga bisa kena depresi,, atau gangguan obsesif kompulsif (OCD).

Jadi, kalau kamu ngerasa gejala-gejala bigorexia, jangan ragu buat cari bantuan profesional. Bigorexia adalah gangguan serius yang bisa berdampak buruk banget buat hidup kamu.

Pencegahan

Nah, biar kamu nggak kena bigorexia, ada beberapa cara yang bisa kamu lakuin:

  • Tetapkan tujuan realistis: Jangan maksain diri nge-gym pengen gede kayak binaragawan. Inget, setiap orang punya bentuk tubuh dan kemampuan yang berbeda-beda.
  • Fokus kesehatan: Nge-gym itu bagus buat kesehatan, tapi jangan cuma fokus gedein otot aja. Perhatikan juga kesehatan secara keseluruhan, kayak makan makanan sehat dan istirahat cukup.
  • Hindari banding-bandingan: Nggak usah bandingin otot kamu sama orang lain. Setiap orang punya perjalanan nge-gym yang berbeda-beda. Fokus aja sama progres kamu sendiri.

Kalau kamu ngerasa udah ngikutin tips di atas tapi masih ngerasa kurang pede sama otot kamu, jangan ragu buat ngobrol sama psikolog atau ahli kesehatan mental lainnya. Bigorexia adalah gangguan serius yang butuh penanganan profesional.

Pengobatan

Kalau kamu udah kena bigorexia, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakuin buat ngobatinnya:

  • Terapi perilaku kognitif: Terapi ini bantu kamu ngubah pikiran dan perilaku negatif tentang otot kamu.
  • Obat-obatan: Ada beberapa jenis obat yang bisa bantu ngurangin gejala bigorexia, kayak antidepresan dan obat anti-kecemasan.
  • Dukungan keluarga: Dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat itu penting banget buat pemulihan kamu.

Inget, bigorexia itu gangguan serius yang butuh penanganan profesional. Jangan malu buat cari bantuan ya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terkuak! Alasan Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Depresi

18 Mei 2024 - 14:13 WIB

Ini Penjelasan Mengapa Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Mengalami Depresi

Bullying: Penyebab Tersembunyi Fobia Sosial pada Remaja

18 Mei 2024 - 13:24 WIB

Bullying Bisa Sebabkan Fobia Sosial Pada Remaja

Udara Kotor: Racun Tak Kasat Mata untuk Paru-paru Anda

18 Mei 2024 - 12:17 WIB

Dampak Udara Kotor Pada Kesehatan Paru Paru

Terungkap! Kekayaan Ternyata Pengaruhi Berat Badan, Kok Bisa?

18 Mei 2024 - 10:02 WIB

Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Bisa Pengaruhi Obesitas

Temukan Rahasia Otak Cerdas: Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur

18 Mei 2024 - 09:53 WIB

Membaca Buku Malam Hari Baik Untuk Otak

Deteksi Kanker Serviks Dini, Tingkatkan Peluang Hidupmu!

18 Mei 2024 - 08:40 WIB

Perbesar Peluang Hidup Dengan Mendeteksi Kanker Serviks Sejak Dini
Trending di Blog