Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Blog · 10 Mei 2024 03:30 WIB · Waktu Baca

Gejala Bulimia yang Berpotensi Mengancam Jiwa

Berpotensi Mengancam Jiwa Ini Gejala Bulimia Perbesar


Gejala Bulimia yang Berpotensi Mengancam Jiwa

Ligaponsel.com – Berpotensi Mengancam Jiwa, Ini Gejala Bulimia yang Perlu Diwaspadai

Bulimia nervosa adalah gangguan makan serius yang ditandai dengan pesta makan berlebihan diikuti dengan perilaku kompensasi yang tidak tepat, seperti muntah sendiri, penyalahgunaan pencahar, atau olahraga berlebihan. Gangguan ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental, bahkan bisa mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan benar.

Berikut ini adalah beberapa gejala bulimia yang perlu diwaspadai:

  • Pesta makan berlebihan secara teratur, yang ditandai dengan konsumsi makanan dalam jumlah besar dalam waktu singkat
  • Perilaku kompensasi yang tidak tepat, seperti muntah sendiri, penyalahgunaan pencahar, atau olahraga berlebihan
  • Ketakutan berlebihan terhadap penambahan berat badan atau bentuk tubuh
  • Gangguan citra tubuh, seperti perasaan tidak puas dengan bentuk atau ukuran tubuh
  • Penurunan berat badan yang signifikan atau kesulitan mempertahankan berat badan yang sehat
  • Masalah kesehatan fisik, seperti dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, kerusakan gigi, atau masalah pencernaan
  • Masalah kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, atau gangguan penggunaan zat

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala-gejala ini, penting untuk segera mencari bantuan profesional. Bulimia adalah gangguan serius yang dapat mengancam jiwa, tetapi dapat diobati dengan perawatan yang tepat.

Sumber:

  • National Eating Disorders Association
  • Mayo Clinic

Berpotensi Mengancam Jiwa, Ini Gejala Bulimia

Bulimia nervosa adalah gangguan makan serius yang dapat mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan benar. Gejala bulimia dapat berupa:

  • Makan berlebihan
  • Muntah sendiri
  • Penyalahgunaan pencahar
  • Olahraga berlebihan
  • Ketakutan akan kenaikan berat badan

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala-gejala ini, penting untuk segera mencari bantuan profesional. Bulimia adalah gangguan serius yang dapat diobati dengan perawatan yang tepat.

Makan berlebihan

Makan berlebihan adalah salah satu gejala utama bulimia. Penderita bulimia biasanya makan dalam jumlah besar dalam waktu singkat, dan mereka merasa tidak bisa mengendalikan diri saat makan. Makanan yang mereka konsumsi biasanya tinggi kalori dan lemak, seperti makanan cepat saji, permen, atau makanan manis lainnya.

Makan berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kenaikan berat badan, masalah pencernaan, dan masalah jantung. Selain itu, makan berlebihan juga dapat menyebabkan perasaan bersalah dan malu, yang dapat memperburuk gejala bulimia.

Muntah sendiri

Muntah sendiri adalah salah satu perilaku kompensasi yang digunakan penderita bulimia untuk mengeluarkan makanan yang telah mereka konsumsi. Muntah sendiri dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, kerusakan gigi, dan masalah pencernaan.

Selain itu, muntah sendiri juga dapat menyebabkan masalah psikologis, seperti perasaan bersalah dan malu. Hal ini dapat memperburuk gejala bulimia dan membuat penderita merasa semakin terjebak dalam siklus gangguan makan.

Penyalahgunaan pencahar

Penyalahgunaan pencahar adalah salah satu perilaku kompensasi yang digunakan penderita bulimia untuk mengeluarkan makanan yang telah mereka konsumsi. Penyalahgunaan pencahar dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, kerusakan usus, dan masalah pencernaan.

Selain itu, penyalahgunaan pencahar juga dapat menyebabkan masalah psikologis, seperti perasaan bersalah dan malu. Hal ini dapat memperburuk gejala bulimia dan membuat penderita merasa semakin terjebak dalam siklus gangguan makan.

Olahraga berlebihan

Olahraga berlebihan adalah salah satu perilaku kompensasi yang digunakan penderita bulimia untuk membakar kalori yang telah mereka konsumsi. Olahraga berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti cedera otot dan tulang, kelelahan, dan masalah jantung.

Selain itu, olahraga berlebihan juga dapat menyebabkan masalah psikologis, seperti perasaan bersalah dan malu. Hal ini dapat memperburuk gejala bulimia dan membuat penderita merasa semakin terjebak dalam siklus gangguan makan.

Ketakutan akan kenaikan berat badan

Bagi penderita bulimia, kenaikan berat badan adalah momok yang menakutkan. Mereka memiliki ketakutan yang berlebihan terhadap kenaikan berat badan, meskipun berat badan mereka sebenarnya normal atau bahkan di bawah normal.

Ketakutan ini dapat menyebabkan penderita bulimia melakukan berbagai perilaku tidak sehat untuk mengontrol berat badan mereka, seperti makan berlebihan, muntah sendiri, menyalahgunakan pencahar, atau olahraga berlebihan.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

5 Rahasia Alami, Komedo Langsung Minggir!

21 Mei 2024 - 15:14 WIB

5 Bahan Alami Yang Bisa Dicoba Untuk Atasi Komedo

Mitos atau Fakta: Simpan Struk ATM Sebabkan Kanker?

21 Mei 2024 - 14:21 WIB

Simpan Struk Atm Bisa Bikin Orang Kena Kanker

Deteksi Penyakit Tanpa Kamera? Tes Skrining 9-in-1 yang Menakjubkan!

21 Mei 2024 - 13:15 WIB

Bukan Dengan Kamera Biasa Tes Skrining Ini Dapat Mendeteksi 9 Penyakit

Ciri-ciri Narsistik: Tidak Terima Kritik, Tanda Gangguan Kepribadian?

21 Mei 2024 - 12:13 WIB

Enggak Mau Dengar Kritik Ciri Gangguan Kepribadian Narsistik

USG 3D vs 4D: Mana yang Tepat untuk Anda? Temukan Rahasianya di Sini!

21 Mei 2024 - 10:17 WIB

Ibu Hamil Pilih Usg 3d Atau Usg 4d

Rahasia Dibalik Foto Rontgen: Penyelamat Kesehatan yang Wajib Diketahui

21 Mei 2024 - 09:46 WIB

Mengenal Foto Rontgen Pemeriksaan Sinar X Untuk Diagnosis Penyakit
Trending di Blog