Menu

Mode Gelap
Samsung A55 5G Turun Harga! Spesifikasi Gadis, Kamera Saingi iPhone 13? Bocoran Samsung S24: AI Canggih, Harga Terjangkau? Mata Anti Lelah? Samsung A Series AMOLED Cuma 2 Jutaan! Samsung M15 5G: Benarkah HP 2 Jutaan Terbaik? [Review Jujur] Harga Galaxy A33 5G Anjlok! Masih Worth It di 2023? Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa!

Blog · 25 Mei 2024 21:12 WIB · Waktu Baca

Sering Ngantuk Tiba-tiba? Awas, Bisa Jadi Narkolepsi!

Sering Tidur Tiba Tiba Bisa Jadi Gejala Narkolepsi Perbesar

Sering Tidur Tiba Tiba Bisa Jadi Gejala Narkolepsi

Sering Ngantuk Tiba-tiba? Awas, Bisa Jadi Narkolepsi!

Ligaponsel.com – Sering tidur tiba-tiba bisa jadi gejala narkolepsi, lho! Narkolepsi adalah gangguan tidur kronis yang menyebabkan penderitanya mengalami kantuk berlebihan pada siang hari dan serangan tidur yang tidak terkendali.

Gejala narkolepsi yang paling umum adalah:

  • Kantuk berlebihan pada siang hari
  • Serangan tidur yang tidak terkendali
  • Kelumpuhan tidur
  • Halusinasi hipnagogik
  • Katapleksi

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Sering Tidur Tiba Tiba Bisa Jadi Gejala Narkolepsi

Tahukah kamu kalau sering tidur tiba-tiba bisa jadi pertanda narkolepsi? Narkolepsi adalah gangguan tidur yang bikin penderitanya ngantuk berat di siang hari dan sering ketiduran di sembarang tempat.

Ada 6 gejala utama narkolepsi yang perlu kamu waspadai:

  • Kantuk di siang hari
  • Ketiduran mendadak
  • Kelumpuhan tidur
  • Halusinasi sebelum tidur
  • Kelemahan otot saat emosi
  • Tidur malam terganggu

Kalau kamu mengalami gejala-gejala ini, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter. Soalnya, narkolepsi bisa mengganggu banget aktivitas sehari-hari dan berbahaya kalau dibiarkan.

Kantuk di siang hari

Sering ngantuk di siang hari bisa jadi pertanda narkolepsi, lho! Gangguan tidur ini bikin penderitanya ngantuk berat banget, bahkan di waktu yang nggak tepat. Bayangin aja, lagi asyik ngobrol sama temen tiba-tiba ketiduran. Atau, lagi nyetir mobil eh ngantuknya nggak kuat, bisa bahaya banget!

Penyebab kantuk di siang hari pada penderita narkolepsi adalah karena otak nggak bisa ngatur siklus tidur dengan baik. Akibatnya, penderita narkolepsi gampang banget ngantuk, bahkan setelah tidur cukup di malam hari.

Ketiduran mendadak

Kalau kamu sering ketiduran tiba-tiba di sembarang tempat, hati-hati, itu bisa jadi gejala narkolepsi! Narkolepsi adalah gangguan tidur yang bikin penderitanya ngantuk berat dan sering ketiduran mendadak.

Penyebab ketiduran mendadak pada penderita narkolepsi adalah karena otak nggak bisa ngatur siklus tidur dengan baik. Akibatnya, penderita narkolepsi bisa ketiduran kapan saja dan di mana saja, bahkan di situasi yang nggak tepat. Bayangin aja, lagi asyik makan tiba-tiba ketiduran, atau lagi ngobrol sama bos eh ketiduran. Duh, malu banget!

Kelumpuhan tidur

Pernah nggak sih kamu tiba-tiba ngerasa sadar tapi nggak bisa gerak? Nah, itu namanya kelumpuhan tidur. Kondisi ini sering banget dialami sama penderita narkolepsi.

Kelumpuhan tidur terjadi saat otak belum sepenuhnya bangun dari tidur, tapi tubuh udah bangun. Akibatnya, kamu ngerasa sadar tapi nggak bisa ngerakin tubuh. Biasanya kelumpuhan tidur cuma berlangsung beberapa detik atau menit, tapi bisa juga lebih lama.

Halusinasi sebelum tidur

Pernah nggak sih kamu ngalamin kayak mimpi tapi kamu masih sadar? Nah, itu namanya halusinasi sebelum tidur. Kondisi ini sering banget dialami sama penderita narkolepsi.

Halusinasi sebelum tidur terjadi saat otak belum sepenuhnya tidur, tapi tubuh udah mau tidur. Akibatnya, kamu ngelihat atau ngedenger sesuatu yang sebenarnya nggak ada. Biasanya halusinasi sebelum tidur cuma berlangsung beberapa detik atau menit, tapi bisa juga lebih lama.

Kelemahan otot saat emosi

Penderita narkolepsi juga bisa ngalamin kelemahan otot saat emosi. Kondisi ini disebut katapleksi. Katapleksi terjadi saat penderita narkolepsi ngalamin emosi yang kuat, seperti ketawa, marah, atau kaget. Akibatnya, otot-otot tubuh jadi lemah, bahkan bisa sampai jatuh.

Penyebab katapleksi pada penderita narkolepsi adalah karena adanya gangguan pada sistem saraf yang mengatur otot. Akibatnya, saat penderita narkolepsi ngalamin emosi yang kuat, otak nggak bisa ngontrol otot dengan baik.

Tidur malam terganggu

Buat kamu yang sering tidur malam terganggu, hati-hati, bisa jadi gejala narkolepsi! Narkolepsi adalah gangguan tidur yang bikin penderitanya ngantuk berat di siang hari dan sering ketiduran tiba-tiba.

Penyebab tidur malam terganggu pada penderita narkolepsi adalah karena otak nggak bisa ngatur siklus tidur dengan baik. Akibatnya, penderita narkolepsi susah tidur nyenyak di malam hari dan gampang banget keganggu tidurnya.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Alergi Kacang yang Terabaikan Bisa Mematikan!

28 Mei 2024 - 12:38 WIB

Jangan Diabaikan Alergi Kacang Bisa Berakibat Fatal

Rahasia Terkuak: Inilah Alasan Kacang Jadi Alergen Utama Anak

28 Mei 2024 - 12:01 WIB

Ini Alasan Kacang Bisa Sebabkan Alergi Pada Anak

Bahaya Mengintai di Jalanan: Wajib Tahu Pentingnya Safety Riding!

28 Mei 2024 - 09:56 WIB

Bukan Sekadar Kena Tilang Ini Pentingnya Safety Riding Saat Berkendara

Terobosan Baru: Terapi Ajaib Bantu Atasi Keterbatasan Fisik!

28 Mei 2024 - 09:29 WIB

Terapi Okupasi Bisa Bantu Orang Dengan Keterbatasan Fisik

Terapi Hiperbarik: Rahasia Kesehatan yang Tersembunyi

28 Mei 2024 - 07:49 WIB

Perlu Tahu Kegunaan Terapi Hiperbarik Untuk Kesehatan

3 Alasan Penting Pemeriksaan Fisik Buat Calon Siswa Sekolah Kedinasan

28 Mei 2024 - 06:36 WIB

3 Alasan Pemeriksaan Fisik Untuk Sekolah Ikatan Dinas Itu Penting
Trending di Blog