Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Budaya · 9 Mei 2024 12:46 WIB · Waktu Baca

Deureuham, Mata Uang Emas yang Mengungkap Kejayaan Masa Lalu!

Mengenal Deureuham, Mata Uang Emas dari Kerajaan Samudera Pasai Perbesar


Deureuham, Mata Uang Emas yang Mengungkap Kejayaan Masa Lalu!

Ligaponsel.com – Mengenal Deureuham, Mata Uang Emas dari Kerajaan Samudera Pasai

Selamat datang di perjalanan seru mengulik Deureuham, mata uang emas yang pernah beredar di Kerajaan Samudera Pasai! Kerajaan yang berdiri pada abad ke-13 ini meninggalkan jejak sejarah yang menarik, termasuk mata uangnya yang unik. Yuk, kita telusuri lebih dalam tentang Deureuham yang melegenda ini!

Kerajaan Samudera Pasai terletak di pesisir utara Pulau Sumatera, tepatnya di daerah yang sekarang dikenal sebagai Aceh. Kerajaan ini menjadi pusat perdagangan dan pelayaran yang ramai, sehingga membutuhkan mata uang untuk memperlancar transaksi. Deureuham hadir sebagai solusi tepat untuk kebutuhan tersebut.

Deureuham terbuat dari emas murni dengan kadar tinggi. Bentuknya bulat pipih dengan berat sekitar 2,4 gram. Pada permukaannya, terdapat ukiran aksara Arab yang berisi nama sultan dan tahun pembuatan. Deureuham tidak hanya berfungsi sebagai alat tukar, tetapi juga sebagai simbol kekuasaan dan kemakmuran Kerajaan Samudera Pasai.

Keberadaan Deureuham menjadi bukti kejayaan Kerajaan Samudera Pasai pada masanya. Mata uang ini menunjukkan bahwa kerajaan tersebut memiliki perekonomian yang stabil dan perdagangan yang maju. Deureuham juga menjadi salah satu warisan budaya yang berharga bagi Indonesia.

Saat ini, Deureuham menjadi barang koleksi yang sangat langka dan bernilai tinggi. Beberapa museum di Indonesia, seperti Museum Nasional dan Museum Aceh, menyimpan koleksi Deureuham yang dapat kita saksikan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang Deureuham, mata uang emas dari Kerajaan Samudera Pasai. Semoga artikel ini menambah wawasanmu tentang sejarah Indonesia yang kaya dan penuh cerita menarik!

Mengenal Deureuham, Mata Uang Emas dari Kerajaan Samudera Pasai

Hai, para penjelajah sejarah! Hari ini, kita akan bertualang ke masa lalu untuk mengenal Deureuham, mata uang emas yang pernah beredar di Kerajaan Samudera Pasai. Kerajaan yang berdiri pada abad ke-13 ini meninggalkan jejak sejarah yang menarik, termasuk mata uangnya yang unik. Yuk, kita simak 5 aspek penting tentang Deureuham:

1. Bahan Emas Murni

2. Bentuk Bulat Pipih

3. Ukiran Aksara Arab

4. Alat Tukar dan Simbol Kekuasaan

5. Warisan Budaya Indonesia

Aspek-aspek ini menunjukkan bahwa Deureuham tidak hanya sekadar mata uang, tetapi juga simbol kejayaan dan kekayaan Kerajaan Samudera Pasai. Saat ini, Deureuham menjadi barang koleksi yang sangat langka dan bernilai tinggi. Keberadaannya di museum-museum Indonesia menjadi bukti nyata kekayaan sejarah dan budaya bangsa kita.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Aneka Tradisi Unik Sambut Ramadan yang Bikin Takjub

15 Mei 2024 - 22:50 WIB

Lihat Lagi Ragam Tradisi Unik Sambut Ramadan di Indonesia

Seni Sebagai Harta Karun Budaya: Kenali Sifat dan Jenisnya

15 Mei 2024 - 21:14 WIB

Pengertian Seni Budaya, Sifat, hingga Jenisnya

Saksikan Tari Sufi: Tarian Spiritual yang Akan Mengubah Pandangan Anda

15 Mei 2024 - 19:43 WIB

Menyaksikan Tari Sufi, Tarian Religius Penuh Makna

Terkuak! Rahasia Rumah Adat Aceh yang Penuh Makna

15 Mei 2024 - 18:51 WIB

Rumah Adat Aceh: Nama, Bagian-bagian, dan Filosofi Arsitektur

Bahasa: Jendela Dunia, Kunci Pemikiran, dan Perekat Budaya

15 Mei 2024 - 18:07 WIB

Pengertian Bahasa Adalah: Fungsi, Peran, Ragam, dan Sifatnya

Terungkap! 10 Rahasia Sejarah yang Tak Terduga

15 Mei 2024 - 16:14 WIB

10 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Apa Saja?
Trending di Budaya