Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Budaya · 10 Mei 2024 20:25 WIB · Waktu Baca

Batik Curi Perhatian di Konser K-Pop: Sukses Diplomasi Budaya Indonesia

Penonton Konser K-Pop Pakai Dresscode Batik, Pakar Unair: Diplomasi Budaya Berhasil Perbesar


Batik Curi Perhatian di Konser K-Pop: Sukses Diplomasi Budaya Indonesia

Ligaponsel.com – Penonton konser K-Pop pakai dresscode batik? Pakar Unair: Diplomasi budaya berhasil!

Baru-baru ini, dunia maya diramaikan dengan aksi penonton konser K-Pop yang mengenakan pakaian batik. Fenomena ini pun mendapat apresiasi dari pakar budaya Universitas Airlangga (Unair), Dr. Dra. Ni Nyoman Padmadewi, M.Si.

Menurut Dr. Padmadewi, penggunaan batik oleh penonton konser K-Pop merupakan bentuk diplomasi budaya yang sukses. Sebab, hal ini menunjukkan adanya pertukaran budaya antara Indonesia dan Korea Selatan.

“Diplomasi budaya adalah proses pertukaran budaya yang dilakukan oleh dua negara atau lebih untuk mempererat hubungan dan saling pengertian,” jelas Dr. Padmadewi.

Dalam kasus ini, penggunaan batik oleh penonton konser K-Pop menunjukkan bahwa budaya Indonesia telah diterima dan dihargai oleh masyarakat Korea Selatan. Hal ini tentunya dapat menjadi jembatan untuk mempererat hubungan kedua negara.

Selain itu, penggunaan batik juga dapat menjadi sarana promosi budaya Indonesia. Sebab, para penonton konser K-Pop yang berasal dari berbagai negara akan melihat dan mengenal batik sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia.

“Jadi, penggunaan batik oleh penonton konser K-Pop tidak hanya mempererat hubungan Indonesia dan Korea Selatan, tetapi juga dapat menjadi sarana promosi budaya Indonesia,” pungkas Dr. Padmadewi.

Penonton Konser K-Pop Pakai Dresscode Batik, Pakar Unair

4 Aspek Penting:

Pertukaran Budaya: Batik jadi jembatan budaya Indonesia-Korea.- Promosi Budaya: Batik dikenal dunia lewat konser K-Pop.- Diplomasi Lembut: Batik pererat hubungan kedua negara.- Apresiasi Budaya: Penonton K-Pop hargai kekayaan budaya Indonesia.

Penggunaan batik oleh penonton konser K-Pop menunjukkan keberhasilan diplomasi budaya. Batik menjadi simbol pertukaran budaya yang mempererat hubungan Indonesia dan Korea Selatan. Selain itu, batik juga menjadi sarana promosi budaya Indonesia di mata dunia. Apresiasi penonton K-Pop terhadap batik menunjukkan bahwa kekayaan budaya Indonesia diakui dan dihargai.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Aneka Tradisi Unik Sambut Ramadan yang Bikin Takjub

15 Mei 2024 - 22:50 WIB

Lihat Lagi Ragam Tradisi Unik Sambut Ramadan di Indonesia

Seni Sebagai Harta Karun Budaya: Kenali Sifat dan Jenisnya

15 Mei 2024 - 21:14 WIB

Pengertian Seni Budaya, Sifat, hingga Jenisnya

Saksikan Tari Sufi: Tarian Spiritual yang Akan Mengubah Pandangan Anda

15 Mei 2024 - 19:43 WIB

Menyaksikan Tari Sufi, Tarian Religius Penuh Makna

Terkuak! Rahasia Rumah Adat Aceh yang Penuh Makna

15 Mei 2024 - 18:51 WIB

Rumah Adat Aceh: Nama, Bagian-bagian, dan Filosofi Arsitektur

Bahasa: Jendela Dunia, Kunci Pemikiran, dan Perekat Budaya

15 Mei 2024 - 18:07 WIB

Pengertian Bahasa Adalah: Fungsi, Peran, Ragam, dan Sifatnya

Terungkap! 10 Rahasia Sejarah yang Tak Terduga

15 Mei 2024 - 16:14 WIB

10 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Apa Saja?
Trending di Budaya