Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Budaya · 6 Mei 2024 07:59 WIB · Waktu Baca

Suku Berkulit Belang di Indonesia, Unik dan Menakjubkan!

Mengenal Suku Tobalo: Etnis Unik Berkulit Belang di Barru, Sulawesi Selatan Perbesar


Suku Berkulit Belang di Indonesia, Unik dan Menakjubkan!

Ligaponsel.com – Mengenal Suku Tobalo: Etnis Unik Berkulit Belang di Barru, Sulawesi Selatan

Di Indonesia, terdapat beragam suku bangsa yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah Suku Tobalo yang mendiami wilayah Barru, Sulawesi Selatan. Suku ini terkenal dengan kondisi kulitnya yang belang, sehingga sering disebut sebagai “Suku Berkulit Belang”.

Keunikan Suku Tobalo ini disebabkan oleh faktor genetik, yaitu kelainan kulit yang disebut vitiligo. Vitiligo adalah kondisi di mana sel-sel penghasil pigmen kulit (melanosit) berhenti memproduksi melanin, sehingga menyebabkan bercak-bercak putih pada kulit.

Meskipun memiliki kondisi kulit yang berbeda, Suku Tobalo tetap menjalani kehidupan seperti masyarakat pada umumnya. Mereka bekerja sebagai petani, nelayan, dan pengrajin. Suku Tobalo juga memiliki budaya dan tradisi yang unik, seperti tari-tarian dan upacara adat.

Keberadaan Suku Tobalo menjadi pengingat akan keberagaman dan keunikan budaya Indonesia. Kondisi kulit yang mereka miliki tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk hidup dan berkarya. Justru, keunikan tersebut menjadi identitas dan kebanggaan bagi Suku Tobalo.

Mengenal Suku Tobalo

Di Indonesia, terdapat beragam suku bangsa yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah Suku Tobalo yang mendiami wilayah Barru, Sulawesi Selatan. Suku ini terkenal dengan kondisi kulitnya yang belang, sehingga sering disebut sebagai “Suku Berkulit Belang”. Keunikan Suku Tobalo ini disebabkan oleh faktor genetik, yaitu kelainan kulit yang disebut vitiligo. Vitiligo adalah kondisi di mana sel-sel penghasil pigmen kulit (melanosit) berhenti memproduksi melanin, sehingga menyebabkan bercak-bercak putih pada kulit.

Meskipun memiliki kondisi kulit yang berbeda, Suku Tobalo tetap menjalani kehidupan seperti masyarakat pada umumnya. Mereka bekerja sebagai petani, nelayan, dan pengrajin. Suku Tobalo juga memiliki budaya dan tradisi yang unik, seperti tari-tarian dan upacara adat. Keberadaan Suku Tobalo menjadi pengingat akan keberagaman dan keunikan budaya Indonesia. Kondisi kulit yang mereka miliki tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk hidup dan berkarya. Justru, keunikan tersebut menjadi identitas dan kebanggaan bagi Suku Tobalo.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Aneka Tradisi Unik Sambut Ramadan yang Bikin Takjub

15 Mei 2024 - 22:50 WIB

Lihat Lagi Ragam Tradisi Unik Sambut Ramadan di Indonesia

Seni Sebagai Harta Karun Budaya: Kenali Sifat dan Jenisnya

15 Mei 2024 - 21:14 WIB

Pengertian Seni Budaya, Sifat, hingga Jenisnya

Saksikan Tari Sufi: Tarian Spiritual yang Akan Mengubah Pandangan Anda

15 Mei 2024 - 19:43 WIB

Menyaksikan Tari Sufi, Tarian Religius Penuh Makna

Terkuak! Rahasia Rumah Adat Aceh yang Penuh Makna

15 Mei 2024 - 18:51 WIB

Rumah Adat Aceh: Nama, Bagian-bagian, dan Filosofi Arsitektur

Bahasa: Jendela Dunia, Kunci Pemikiran, dan Perekat Budaya

15 Mei 2024 - 18:07 WIB

Pengertian Bahasa Adalah: Fungsi, Peran, Ragam, dan Sifatnya

Terungkap! 10 Rahasia Sejarah yang Tak Terduga

15 Mei 2024 - 16:14 WIB

10 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Apa Saja?
Trending di Budaya