Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Budaya · 11 Mei 2024 02:26 WIB · Waktu Baca

Tari Jogi Batam: Warisan Budaya yang Memukau

Mengenal Tari Jogi Batam yang Masuk Daftar Warisan Budaya Tak Benda Perbesar


Tari Jogi Batam: Warisan Budaya yang Memukau

Ligaponsel.com – Mengenal Tari Jogi Batam yang Masuk Daftar Warisan Budaya Tak Benda

Tari Jogi Batam merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Tarian ini telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2019.

Tarian Jogi Batam memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan tarian tradisional lainnya. Gerakannya yang dinamis dan energik, serta diiringi dengan musik yang rancak membuat tarian ini sangat menarik untuk ditonton.

Selain itu, Tari Jogi Batam juga memiliki makna filosofis yang mendalam. Tarian ini menggambarkan semangat juang dan kerja keras masyarakat Batam dalam membangun daerahnya. Oleh karena itu, Tari Jogi Batam sering ditampilkan pada acara-acara penting di Kota Batam, seperti penyambutan tamu kehormatan atau perayaan hari jadi kota.

Jika Anda berkunjung ke Kota Batam, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan Tari Jogi Batam secara langsung. Tarian ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan membuat Anda lebih mengenal budaya masyarakat setempat.

Mengenal Tari Jogi Batam yang Masuk Daftar Warisan Budaya Tak Benda

Lima aspek penting Tari Jogi Batam yang masuk dalam Daftar Warisan Budaya Tak Benda:

  • Gerakan dinamis dan energik
  • Musik pengiring rancak
  • Makna filosofis mendalam
  • Penampilan pada acara penting
  • Pengalaman tak terlupakan bagi wisatawan

Kelima aspek tersebut saling terkait dan membentuk keunikan Tari Jogi Batam. Gerakannya yang dinamis dan energik, diiringi musik yang rancak, membuat tarian ini menarik untuk ditonton. Makna filosofis yang terkandung di dalamnya juga memperkaya nilai budaya tarian ini. Tari Jogi Batam sering ditampilkan pada acara-acara penting di Kota Batam, menunjukkan peran pentingnya dalam masyarakat setempat. Bagi wisatawan, menyaksikan Tari Jogi Batam secara langsung akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan membuat mereka lebih mengenal budaya masyarakat Batam.

Gerakan dinamis dan energik

Gerakan Tari Jogi Batam yang dinamis dan energik menjadi salah satu daya tarik utama tarian ini. Setiap gerakannya mengalir dengan indah dan penuh semangat, membuat penonton terpukau. Keunikan gerakan Tari Jogi Batam terletak pada kombinasi gerak tari Melayu dan tari zapin, yang menghasilkan gerakan yang khas dan memikat.

Gerakan dinamis ini tidak hanya indah dilihat, tetapi juga memiliki makna filosofis yang mendalam. Gerakan-gerakan tersebut menggambarkan semangat juang dan kerja keras masyarakat Batam dalam membangun daerahnya. Oleh karena itu, Tari Jogi Batam sering ditampilkan pada acara-acara penting di Kota Batam, seperti penyambutan tamu kehormatan atau perayaan hari jadi kota.

Musik pengiring rancak

Selain gerakannya yang dinamis, Tari Jogi Batam juga diiringi oleh musik yang rancak dan energik. Musik ini dimainkan menggunakan alat-alat musik tradisional Melayu, seperti gendang, gong, dan akordeon. Irama musiknya yang cepat dan bersemangat membuat penonton ikut terhanyut dalam suasana tarian.

Musik pengiring Tari Jogi Batam tidak hanya berfungsi sebagai pengiring, tetapi juga memiliki makna filosofis. Irama musik yang cepat menggambarkan semangat juang dan kerja keras masyarakat Batam dalam membangun daerahnya. Oleh karena itu, Tari Jogi Batam sering ditampilkan pada acara-acara penting di Kota Batam, seperti penyambutan tamu kehormatan atau perayaan hari jadi kota.

Makna filosofis mendalam

Selain gerakannya yang dinamis dan musiknya yang rancak, Tari Jogi Batam juga memiliki makna filosofis yang mendalam. Tarian ini menggambarkan semangat juang dan kerja keras masyarakat Batam dalam membangun daerahnya.

Gerakan-gerakan Tari Jogi Batam yang dinamis dan energik melambangkan semangat juang masyarakat Batam dalam menghadapi berbagai tantangan. Musik pengiring yang rancak dan bersemangat menggambarkan kerja keras masyarakat Batam dalam membangun daerahnya. Tari Jogi Batam tidak hanya sekedar tarian, tetapi juga sebuah representasi dari nilai-nilai luhur masyarakat Batam.

Penampilan pada acara penting

Tari Jogi Batam tidak hanya ditampilkan pada acara-acara adat saja, tetapi juga pada acara-acara penting di Kota Batam, seperti penyambutan tamu kehormatan atau perayaan hari jadi kota. Hal ini menunjukkan bahwa Tari Jogi Batam memiliki peran penting dalam masyarakat setempat.

Penampilan Tari Jogi Batam pada acara-acara penting tidak hanya bertujuan untuk menghibur, tetapi juga untuk melestarikan budaya Melayu di Kota Batam. Tari Jogi Batam menjadi simbol identitas masyarakat Batam dan menjadi bagian dari warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

Pengalaman tak terlupakan bagi wisatawan

Bagi wisatawan, menyaksikan Tari Jogi Batam secara langsung akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Tarian ini tidak hanya indah dilihat, tetapi juga memiliki makna filosofis yang mendalam. Gerakannya yang dinamis dan energik, diiringi musik yang rancak, membuat penonton ikut terhanyut dalam suasana tarian.

Selain itu, Tari Jogi Batam juga menjadi representasi dari nilai-nilai luhur masyarakat Batam. Semangat juang dan kerja keras yang digambarkan dalam tarian ini dapat menginspirasi wisatawan untuk lebih menghargai budaya dan sejarah Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Aneka Tradisi Unik Sambut Ramadan yang Bikin Takjub

15 Mei 2024 - 22:50 WIB

Lihat Lagi Ragam Tradisi Unik Sambut Ramadan di Indonesia

Seni Sebagai Harta Karun Budaya: Kenali Sifat dan Jenisnya

15 Mei 2024 - 21:14 WIB

Pengertian Seni Budaya, Sifat, hingga Jenisnya

Saksikan Tari Sufi: Tarian Spiritual yang Akan Mengubah Pandangan Anda

15 Mei 2024 - 19:43 WIB

Menyaksikan Tari Sufi, Tarian Religius Penuh Makna

Terkuak! Rahasia Rumah Adat Aceh yang Penuh Makna

15 Mei 2024 - 18:51 WIB

Rumah Adat Aceh: Nama, Bagian-bagian, dan Filosofi Arsitektur

Bahasa: Jendela Dunia, Kunci Pemikiran, dan Perekat Budaya

15 Mei 2024 - 18:07 WIB

Pengertian Bahasa Adalah: Fungsi, Peran, Ragam, dan Sifatnya

Terungkap! 10 Rahasia Sejarah yang Tak Terduga

15 Mei 2024 - 16:14 WIB

10 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Apa Saja?
Trending di Budaya