Menu

Mode Gelap
Samsung A55 5G Turun Harga! Spesifikasi Gadis, Kamera Saingi iPhone 13? Bocoran Samsung S24: AI Canggih, Harga Terjangkau? Mata Anti Lelah? Samsung A Series AMOLED Cuma 2 Jutaan! Samsung M15 5G: Benarkah HP 2 Jutaan Terbaik? [Review Jujur] Harga Galaxy A33 5G Anjlok! Masih Worth It di 2023? Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa!

Budaya · 6 Mei 2024 12:35 WIB · Waktu Baca

Terungkap! 7 Pakaian Adat Kalimantan Selatan yang Mempesona

7 Pakaian Adat Kalimantan Selatan untuk Pengantin dan Keseharian Perbesar

7 Pakaian Adat Kalimantan Selatan untuk Pengantin dan Keseharian

Terungkap! 7 Pakaian Adat Kalimantan Selatan yang Mempesona

Ligaponsel.com – Tahukah kamu kalau Kalimantan Selatan itu punya pakaian adat yang khas dan cantik-cantik banget? Ada 7 jenis pakaian adat yang biasa dipakai untuk acara pernikahan dan keseharian. Yuk, kita kenalan sama 7 pakaian adat tersebut!

1. Baju Sasirangan

Baju Sasirangan adalah pakaian adat yang paling populer di Kalimantan Selatan. Kainnya dibuat dari bahan katun yang diwarnai dengan teknik ikat celup. Motifnya biasanya berupa gambar-gambar tumbuhan dan hewan.

2. Baju Kurung

Baju Kurung adalah pakaian adat yang mirip dengan baju kebaya. Bajunya longgar dan menutupi seluruh tubuh hingga lutut. Biasanya dipadukan dengan kain sarung atau celana panjang.

3. Baju Pangantin Baamar

Baju Pangantin Baamar adalah pakaian adat yang khusus dipakai oleh pengantin perempuan. Bajunya berwarna merah dan dihiasi dengan sulaman emas. Kainnya terbuat dari bahan beludru atau sutra.

4. Baju Pangantin Babaju

Baju Pangantin Babaju adalah pakaian adat yang khusus dipakai oleh pengantin laki-laki. Bajunya berwarna putih dan dihiasi dengan sulaman emas. Kainnya terbuat dari bahan beludru atau sutra.

5. Baju Gamis

Baju Gamis adalah pakaian adat yang biasa dipakai oleh wanita untuk acara-acara keagamaan. Bajunya longgar dan menutupi seluruh tubuh hingga mata kaki. Biasanya dipadukan dengan jilbab.

6. Baju Tahluluk

Baju Tahluluk adalah pakaian adat yang biasa dipakai oleh pria untuk acara-acara adat. Bajunya longgar dan menutupi seluruh tubuh hingga lutut. Biasanya dipadukan dengan kain sarung atau celana panjang.

7. Baju Batik

Baju Batik adalah pakaian adat yang umum dipakai oleh masyarakat Kalimantan Selatan. Batiknya biasanya bermotif tumbuhan dan hewan. Bisa dipakai untuk acara formal maupun non-formal.

7 Pakaian Adat Kalimantan Selatan untuk Pengantin dan Keseharian

Inilah 5 aspek penting tentang 7 Pakaian Adat Kalimantan Selatan untuk Pengantin dan Keseharian:

1. Keunikan: Setiap pakaian adat memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang membedakannya dari daerah lain.2. Filosofi: Di balik setiap pakaian adat terdapat filosofi dan makna yang mendalam. 3. Bahan: Bahan yang digunakan untuk membuat pakaian adat biasanya berkualitas tinggi dan nyaman dipakai.4. Warna: Warna-warna yang digunakan pada pakaian adat biasanya memiliki arti dan simbol tertentu. 5. Motif: Motif pada pakaian adat biasanya terinspirasi dari alam dan budaya Kalimantan Selatan.

Kelima aspek tersebut saling terkait dan membentuk kesatuan yang harmonis dalam setiap pakaian adat Kalimantan Selatan. Pakaian adat ini tidak hanya berfungsi sebagai busana, tetapi juga sebagai identitas budaya dan warisan leluhur yang patut dilestarikan.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Aneka Tradisi Unik Sambut Ramadan yang Bikin Takjub

15 Mei 2024 - 22:50 WIB

Lihat Lagi Ragam Tradisi Unik Sambut Ramadan di Indonesia

Seni Sebagai Harta Karun Budaya: Kenali Sifat dan Jenisnya

15 Mei 2024 - 21:14 WIB

Pengertian Seni Budaya, Sifat, hingga Jenisnya

Saksikan Tari Sufi: Tarian Spiritual yang Akan Mengubah Pandangan Anda

15 Mei 2024 - 19:43 WIB

Menyaksikan Tari Sufi, Tarian Religius Penuh Makna

Terkuak! Rahasia Rumah Adat Aceh yang Penuh Makna

15 Mei 2024 - 18:51 WIB

Rumah Adat Aceh: Nama, Bagian-bagian, dan Filosofi Arsitektur

Bahasa: Jendela Dunia, Kunci Pemikiran, dan Perekat Budaya

15 Mei 2024 - 18:07 WIB

Pengertian Bahasa Adalah: Fungsi, Peran, Ragam, dan Sifatnya

Terungkap! 10 Rahasia Sejarah yang Tak Terduga

15 Mei 2024 - 16:14 WIB

10 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Apa Saja?
Trending di Budaya