Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Budaya · 11 Mei 2024 12:55 WIB · Waktu Baca

Temuan Mendebarkan! 213 Warisan Budaya Indonesia Resmi Diajukan ke UNESCO

Kemdikbud Resmikan Usulan 213 Warisan Budaya Takbenda Indonesia dari 31 Provinsi Perbesar


Temuan Mendebarkan! 213 Warisan Budaya Indonesia Resmi Diajukan ke UNESCO

Ligaponsel.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) secara resmi telah mengusulkan 213 warisan budaya takbenda Indonesia dari 31 provinsi ke UNESCO. Pengusulan ini merupakan bentuk upaya pemerintah Indonesia untuk melestarikan dan melindungi kekayaan budaya bangsa.

Warisan budaya takbenda adalah tradisi atau praktik yang diturunkan dari generasi ke generasi, yang diakui sebagai bagian dari warisan budaya suatu komunitas atau kelompok sosial. Warisan budaya takbenda dapat berupa tradisi lisan, seni pertunjukan, adat istiadat sosial, pengetahuan dan praktik tentang alam dan semesta, serta kerajinan tradisional.

Beberapa contoh warisan budaya takbenda Indonesia yang diusulkan ke UNESCO antara lain: Tari Kecak dari Bali, Wayang Kulit dari Jawa, Batik dari Jawa Tengah, dan Tenun Ikat dari Nusa Tenggara Timur. Pengusulan warisan budaya takbenda Indonesia ke UNESCO diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat internasional tentang kekayaan budaya Indonesia, serta mendorong upaya pelestarian dan perlindungan warisan budaya.

Kemdikbud Resmikan Usulan 213 Warisan Budaya Takbenda Indonesia dari 31 Provinsi

Tahukah kamu? Kemdikbud baru saja mengusulkan 213 warisan budaya Indonesia ke UNESCO. Apa saja, ya?

Ada banyak jenis warisan budaya, seperti:

  • Tradisi lisan
  • Seni pertunjukan
  • Adat istiadat
  • Pengetahuan tentang alam
  • Kerajinan tradisional

Beberapa contoh warisan budaya Indonesia yang diusulkan ke UNESCO antara lain:

  • Tari Kecak dari Bali
  • Wayang Kulit dari Jawa
  • Batik dari Jawa Tengah
  • Tenun Ikat dari Nusa Tenggara Timur

Dengan diusulkannya warisan budaya Indonesia ke UNESCO, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat internasional tentang kekayaan budaya Indonesia, serta mendorong upaya pelestarian dan perlindungan warisan budaya.

Tradisi Lisan

Tahukah kamu kalau tradisi lisan juga termasuk warisan budaya takbenda? Tradisi lisan adalah cerita, legenda, dan dongeng yang diturunkan dari generasi ke generasi secara lisan. Di Indonesia, ada banyak sekali tradisi lisan yang menarik, seperti:

  • Dongeng Malin Kundang dari Sumatera Barat
  • Legenda Tangkuban Perahu dari Jawa Barat
  • Epos Ramayana dari Jawa Tengah

Tradisi lisan sangat penting karena menjadi salah satu cara untuk melestarikan budaya dan sejarah suatu daerah. Dengan mendengarkan dan menceritakan kembali tradisi lisan, kita bisa belajar tentang nilai-nilai, kepercayaan, dan cara hidup masyarakat pada zaman dahulu.

Seni Pertunjukan

Kalau ngomongin warisan budaya takbenda, gak lengkap rasanya kalau gak bahas seni pertunjukan. Seni pertunjukan adalah salah satu bentuk warisan budaya yang paling populer dan mudah dikenali. Di Indonesia, ada banyak sekali seni pertunjukan yang unik dan menarik, seperti:

  • Tari Kecak dari Bali
  • Wayang Kulit dari Jawa
  • Reog Ponorogo dari Jawa Timur

Seni pertunjukan sangat penting karena menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan budaya dan identitas suatu daerah. Dengan menyaksikan dan mempelajari seni pertunjukan, kita bisa belajar banyak tentang sejarah, nilai-nilai, dan cara hidup masyarakat pada zaman dahulu.

Adat istiadat

Setiap daerah di Indonesia punya adat istiadatnya masing-masing, lho! Adat istiadat ini adalah aturan dan kebiasaan yang mengatur kehidupan masyarakat setempat. Ada banyak sekali adat istiadat yang menarik di Indonesia, seperti:

  • Ngayah di Bali
  • Mapasilaga Tedong di Sulawesi Selatan
  • Ngaben di Bali

Adat istiadat sangat penting karena menjadi salah satu cara untuk menjaga ketertiban dan harmoni dalam masyarakat. Dengan mengikuti adat istiadat, kita bisa menunjukkan rasa hormat kita terhadap budaya dan tradisi setempat.

Pengetahuan tentang alam

Tahukah kamu kalau masyarakat Indonesia punya banyak sekali pengetahuan tentang alam? Pengetahuan ini diturunkan dari generasi ke generasi dan menjadi salah satu bagian penting dari budaya Indonesia. Misalnya, masyarakat Dayak di Kalimantan punya pengetahuan tentang tanaman obat yang sangat luas. Mereka tahu cara menggunakan tanaman-tanaman tersebut untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Pengetahuan tentang alam sangat penting karena membantu kita hidup berdampingan dengan alam secara harmonis. Dengan memahami alam, kita bisa memanfaatkan sumber daya alam secara bijak dan menjaga kelestarian lingkungan.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Aneka Tradisi Unik Sambut Ramadan yang Bikin Takjub

15 Mei 2024 - 22:50 WIB

Lihat Lagi Ragam Tradisi Unik Sambut Ramadan di Indonesia

Seni Sebagai Harta Karun Budaya: Kenali Sifat dan Jenisnya

15 Mei 2024 - 21:14 WIB

Pengertian Seni Budaya, Sifat, hingga Jenisnya

Saksikan Tari Sufi: Tarian Spiritual yang Akan Mengubah Pandangan Anda

15 Mei 2024 - 19:43 WIB

Menyaksikan Tari Sufi, Tarian Religius Penuh Makna

Terkuak! Rahasia Rumah Adat Aceh yang Penuh Makna

15 Mei 2024 - 18:51 WIB

Rumah Adat Aceh: Nama, Bagian-bagian, dan Filosofi Arsitektur

Bahasa: Jendela Dunia, Kunci Pemikiran, dan Perekat Budaya

15 Mei 2024 - 18:07 WIB

Pengertian Bahasa Adalah: Fungsi, Peran, Ragam, dan Sifatnya

Terungkap! 10 Rahasia Sejarah yang Tak Terduga

15 Mei 2024 - 16:14 WIB

10 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Apa Saja?
Trending di Budaya