Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Collection · 9 Mei 2024 18:43 WIB · Waktu Baca

Waspada, Ngantuk Berat di Siang Hari Bisa Jadi Gejala Narkolepsi!

Waspada 4 Gejala Narkolepsi Kalau Tiba Tiba Ngantuk Di Siang Hari Perbesar


Waspada, Ngantuk Berat di Siang Hari Bisa Jadi Gejala Narkolepsi!

Ligaponsel.com – Narkolepsi adalah gangguan tidur kronis yang menyebabkan kantuk berlebihan di siang hari dan serangan tidur yang tidak terkendali. Orang dengan narkolepsi mungkin tertidur kapan saja, di mana saja, tanpa peringatan. Kondisi ini dapat sangat memengaruhi kualitas hidup dan keseharian penderitanya.

Salah satu gejala utama narkolepsi adalah kantuk berlebihan di siang hari (EDS). Penderita narkolepsi mungkin merasa sangat lelah dan mengantuk bahkan setelah tidur malam yang nyenyak. EDS dapat membuat sulit untuk berkonsentrasi, tetap terjaga, dan menjalankan tugas sehari-hari.

Selain EDS, ada beberapa gejala lain yang dapat mengindikasikan narkolepsi, yaitu:

  1. Katapleksi: Kehilangan tonus otot secara tiba-tiba yang dipicu oleh emosi yang kuat, seperti tertawa atau marah.
  2. Kelumpuhan tidur: Ketidakmampuan untuk bergerak atau berbicara saat bangun tidur atau sebelum tidur.
  3. Halusinasi hipnagogik: Penglihatan, pendengaran, atau perasaan yang jelas dan nyata yang terjadi saat seseorang akan tertidur.
  4. Halusinasi hipnopompik: Penglihatan, pendengaran, atau perasaan yang jelas dan nyata yang terjadi saat seseorang akan bangun tidur.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Narkolepsi dapat diobati dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup, sehingga penderita dapat mengelola kondisi mereka dan menjalani kehidupan yang produktif.

Waspada 4 Gejala Narkolepsi Kalau Tiba Tiba Ngantuk Di Siang Hari

Narkolepsi itu gangguan tidur yang bikin ngantuk parah di siang hari dan sering ketiduran tiba-tiba. Ada 4 gejala utama yang kudu diwaspadai, yaitu:

  1. Kantuk Siang Hari: Ngantuk berat meski sudah tidur cukup.
  2. Katapleksi: Otot tiba-tiba lemas karena emosi, kayak ketawa atau marah.
  3. Kelumpuhan Tidur: Nggak bisa gerak atau ngomong pas mau tidur atau bangun tidur.
  4. Halusinasi Saat Tidur: Merasakan kayak mimpi yang nyata pas mau tidur atau bangun tidur.

Kalau kamu ngalamin gejala-gejala ini, jangan anggap remeh. Segera periksa ke dokter buat dapat penanganan yang tepat. Dengan pengobatan yang bener, penderita narkolepsi bisa hidup normal dan produktif.

Kantuk Siang Hari: Ngantuk berat meski sudah tidur cukup.

Siapa yang suka ngantuk di siang hari? Pasti banyak, ya? Tapi, kalau ngantuknya parah banget sampai mengganggu aktivitas, bisa jadi itu gejala narkolepsi lho!

Narkolepsi adalah gangguan tidur yang bikin penderitanya ngantuk berat di siang hari dan sering ketiduran tiba-tiba. Gejala ini biasanya muncul setelah tidur malam yang cukup, tapi tetap aja ngantuknya nggak hilang.

Selain kantuk siang hari, ada beberapa gejala narkolepsi lainnya yang perlu diwaspadai, yaitu:

  • Katapleksi: Otot tiba-tiba lemas karena emosi, kayak ketawa atau marah.
  • Kelumpuhan Tidur: Nggak bisa gerak atau ngomong pas mau tidur atau bangun tidur.
  • Halusinasi Saat Tidur: Merasakan kayak mimpi yang nyata pas mau tidur atau bangun tidur.

Kalau kamu ngalamin gejala-gejala ini, jangan anggap remeh. Segera periksa ke dokter buat dapat penanganan yang tepat. Dengan pengobatan yang bener, penderita narkolepsi bisa hidup normal dan produktif.

Katapleksi

Pernah nggak sih lagi ketawa ngakak tiba-tiba lemas kayak mau jatuh? Atau lagi marah-marah tiba-tiba nggak bisa ngapa-ngapain?

Kalau pernah, bisa jadi itu gejala narkolepsi lho! Narkolepsi adalah gangguan tidur yang bikin penderitanya ngantuk berat di siang hari dan sering ketiduran tiba-tiba. Katapleksi adalah salah satu gejala narkolepsi yang cukup umum, dan bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jadi, kalau kamu ngalamin gejala-gejala ini, jangan anggap remeh. Segera periksa ke dokter buat dapat penanganan yang tepat. Dengan pengobatan yang bener, penderita narkolepsi bisa hidup normal dan produktif.

Kelumpuhan Tidur

Pernah nggak sih lagi mau tidur atau bangun tidur tiba-tiba nggak bisa gerak atau ngomong? Kayak ada yang nindihin gitu.

Kalau pernah, bisa jadi itu gejala narkolepsi lho! Narkolepsi adalah gangguan tidur yang bikin penderitanya ngantuk berat di siang hari dan sering ketiduran tiba-tiba. Kelumpuhan tidur adalah salah satu gejala narkolepsi yang cukup umum, dan bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jadi, kalau kamu ngalamin gejala-gejala ini, jangan anggap remeh. Segera periksa ke dokter buat dapat penanganan yang tepat. Dengan pengobatan yang bener, penderita narkolepsi bisa hidup normal dan produktif.

Halusinasi Saat Tidur: Merasakan kayak mimpi yang nyata pas mau tidur atau bangun tidur.

Siapa yang suka ngelamun atau berimajinasi sebelum tidur? Pasti seru, ya? Tapi, kalau imajinasinya udah kelewat nyata sampai kayak mimpi, bisa jadi itu gejala narkolepsi lho!

Narkolepsi adalah gangguan tidur yang bikin penderitanya ngantuk berat di siang hari dan sering ketiduran tiba-tiba. Halusinasi saat tidur adalah salah satu gejala narkolepsi yang cukup umum, dan bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jadi, kalau kamu ngalamin gejala-gejala ini, jangan anggap remeh. Segera periksa ke dokter buat dapat penanganan yang tepat. Dengan pengobatan yang bener, penderita narkolepsi bisa hidup normal dan produktif.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Waspada! Radiasi Ponsel Bisa Sebabkan Tumor Otak

22 Mei 2024 - 05:48 WIB

Radiasi Telepon Genggam Tingkatkan Risiko Terkena Meningioma

Bahaya Tersembunyi MERS untuk Ibu Hamil: Temukan Fakta Mengejutkan!

22 Mei 2024 - 05:02 WIB

Bahaya Mers Yang Menyerang Ibu Hamil

Rahasia Anak Sindrom Down Mandiri yang Jarang Diketahui!

22 Mei 2024 - 03:32 WIB

Jangan Patah Semangat Anak Sindrom Down Juga Bisa Mandiri

Cara Ampuh Atasi Sarkoidosis, Jangan Asal Asalan!

22 Mei 2024 - 01:42 WIB

Jangan Asal Asalan Ini 2 Cara Mengobati Sarkoidosis

Misogini: Kenali Bahaya Kebencian Terhadap Perempuan

22 Mei 2024 - 00:25 WIB

Mengenal Misogini Sindrom Kebencian Terhadap Perempuan

4 Pengobatan Sarkoma Jaringan Lunak yang Manjur dan Menjanjikan

22 Mei 2024 - 00:03 WIB

Ini 4 Pengobatan Sarkoma Jaringan Lunak Yang Tepat
Trending di Collection