Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Entertainment · 17 Mei 2024 06:11 WIB · Waktu Baca

Rahasia Tahajud Nabi Muhammad: 6 Surah yang Bikin Rezeki Lancar!

Ustadz Adi Hidayat : Surah Al-Qur'an Ini Sering Dibaca Nabi Muhammad SAW saat Tahajud Perbesar


Rahasia Tahajud Nabi Muhammad: 6 Surah yang Bikin Rezeki Lancar!


Ligaponsel.com – Surah apakah yang sering dibaca Nabi Muhammad saat tahajud? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Bagi umat Islam, tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan. Bahkan, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkan sholat tahajud sepanjang hidupnya, kecuali dalam keadaan sakit.

Dalam melaksanakan sholat tahajud, ada beberapa amalan yang biasa dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, di antaranya adalah membaca surah-surah tertentu dalam Al-Quran.

Salah satu surah yang sering dibaca Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam saat tahajud adalah surah Al-Ikhlas.

Surah Al-Ikhlas merupakan surah ke-112 dalam Al-Quran yang terdiri dari 4 ayat. Surah ini termasuk dalam golongan surah Makkiyah dan diturunkan setelah surah Al-Falaq.

Dalam surah Al-Ikhlas, Allah Subhanahu wa Taala menegaskan keesaan-Nya dan menolak segala bentuk kesyirikan. Surah ini juga mengajarkan kita untuk beribadah hanya kepada Allah semata.

Selain surah Al-Ikhlas, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga sering membaca surah-surah lainnya saat tahajud, seperti surah Al-Falaq, surah An-Nas, surah Al-Kafirun, dan surah Al-Muawwidzatain.

Membaca surah-surah tersebut saat tahajud dapat memberikan ketenangan hati, memperkuat iman, dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Taala.

Oleh karena itu, bagi umat Islam yang ingin melaksanakan sholat tahajud, dianjurkan untuk membaca surah-surah tersebut agar mendapatkan manfaat yang lebih besar.

Ustadz Adi Hidayat

Dari sekian banyak surah dalam Al-Qur’an, ada beberapa surah yang sering dibaca Nabi Muhammad saat tahajud. Surah-surah tersebut memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa.

Berikut enam surah yang sering dibaca Nabi Muhammad saat tahajud:

  • Surah Al-Ikhlas
  • Surah Al-Falaq
  • Surah An-Nas
  • Surah Al-Kafirun
  • Surah Al-Mu’awwidzatain
  • Surah Al-Baqarah ayat 285-286

Keenam surah tersebut memiliki kandungan yang sangat dalam dan bermanfaat untuk kehidupan kita. Misalnya, surah Al-Ikhlas mengajarkan kita tentang keesaan Allah, sedangkan surah Al-Falaq dan An-Nas melindungi kita dari gangguan jin dan setan.

Dengan membaca surah-surah ini saat tahajud, kita dapat memperoleh ketenangan hati, memperkuat iman, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Surah Al-Ikhlas

Surah Al-Ikhlas adalah surah ke-112 dalam Al-Qur’an. Surah ini termasuk dalam golongan surah Makkiyah dan terdiri dari 4 ayat. Dinamakan Al-Ikhlas karena surah ini menjelaskan tentang keesaan Allah SWT.

Dalam surah Al-Ikhlas, Allah SWT menegaskan bahwa Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan. Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan-Nya.

Surah Al-Ikhlas merupakan salah satu surah yang sering dibaca Nabi Muhammad SAW saat tahajud. Beliau bersabda, “Barangsiapa membaca surah Al-Ikhlas sepuluh kali pada malam hari, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga.” (HR. Ibnu Majah)

Selain dibaca saat tahajud, surah Al-Ikhlas juga dianjurkan untuk dibaca pada waktu-waktu lainnya, seperti setelah sholat fardhu, sebelum tidur, dan saat bepergian.

Surah Al-Falaq

Mau tahu surah apa lagi nih yang sering dibaca Nabi Muhammad saat tahajud? Yap, surah Al-Falaq! Surah ini pendek banget, cuma ada 5 ayat aja. Tapi jangan salah, manfaatnya luar biasa lho!

Surah Al-Falaq ini isinya tentang perlindungan dari segala kejahatan dan keburukan. Mulai dari kejahatan manusia, setan, sampai gangguan makhluk halus. Pokoknya lengkap deh!

Surah An-Nas

Siapa yang mau tahu surah apa lagi yang sering dibaca Nabi Muhammad saat tahajud? Surah An-Nas dong! Surah ini juga pendek banget, cuma ada 6 ayat. Tapi manfaatnya juga nggak kalah penting lho!

Surah An-Nas ini isinya tentang perlindungan dari godaan setan yang terkutuk. Setan itu suka banget menggoda manusia untuk melakukan keburukan. Nah, kalau kita baca surah An-Nas ini, insya Allah kita akan terlindungi dari godaan setan.

Surah Al-Kafirun

Hayo, siapa yang tahu surah apa lagi yang sering dibaca Nabi Muhammad saat tahajud? Yap, surah Al-Kafirun! Surah ini terdiri dari 6 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah.

Surah Al-Kafirun ini isinya tentang penegasan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT. Kita harus menolak segala bentuk kesyirikan dan hanya menyembah Allah SWT saja.

Surah Al-Mu’awwidzatain

Siapa hafal surah Al-Mu’awwidzatain? Surah ini terdiri dari dua surah, yaitu surah Al-Falaq dan surah An-Nas. Keduanya merupakan surah perlindungan dari segala kejahatan dan gangguan makhluk halus.

Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan untuk membaca surah Al-Mu’awwidzatain saat tahajud. Beliau bersabda, “Barang siapa membaca surah Al-Mu’awwidzatain ketika hendak tidur, maka Allah akan melindunginya dari segala kejahatan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Surah Al-Baqarah ayat 285-286

Hayo, siapa yang tahu surah apa lagi yang sering dibaca Nabi Muhammad saat tahajud? Yap, surah Al-Baqarah ayat 285-286! Ayat ini dikenal juga dengan sebutan Ayat Kursi.

Ayat Kursi ini isinya tentang kehebatan Allah SWT. Allah SWT Maha Perkasa, Maha Pencipta, dan Maha Pengatur segala sesuatu. Tidak ada yang setara dengan-Nya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Desain Menawan, Redmi Note 13 Pro Plus 5G Edisi Xiaomi Fan Festival Meluncur!

22 Mei 2024 - 21:52 WIB

Redmi Note 13 Pro Plus 5G Edisi Xiaomi Fan Festival Meluncur, Begini Desainnya

Samsung Galaxy A55 5G: Gaming Makin Libas Tanpa Ngadat!

22 Mei 2024 - 21:21 WIB

Review Gaming di Samsung Galaxy A55 5G: Bisa Libas Mobile Legends sampai Honkai

Tablet Gagah yang Siap Diajak Kerja Seharian Tanpa Baterai

22 Mei 2024 - 19:36 WIB

Galaxy Tab Active5 Bisa Nyala Tanpa Baterai, Partner Kerja Keras Seharian

Laptop Tipis Ringan, Produktivitas Lancar Bak Kilat!

22 Mei 2024 - 18:49 WIB

Acer Aspire 3 Slim Jamin Produktivitas Jadi Lancar, Intip Spesifikasinya!

Perang Bintang Dimulai: Militer AS Serbu Luar Angkasa!

22 Mei 2024 - 17:07 WIB

Militer AS Bakal Gelar Latihan Perang Pertama di Luar Angkasa

Kisah 23 Mahasiswa PCU yang Menemukan Dunia Lewat 13 Negara

22 Mei 2024 - 16:15 WIB

Petualangan Global, 23 Mahasiswa PCU Bakal Kuliah di 13 Negara Berbeda
Trending di Entertainment