Harga Emas Anjlok! Cek Update Harga Pegadaian dan Antam

waktu baca 4 menit
Rabu, 15 Mei 2024 18:05 0 5 Silvy

Harga Emas Anjlok! Cek Update Harga Pegadaian dan Antam


Ligaponsel.com – Harga Emas UBS di Pegadaian Hari Ini Turun, Antam Masih Mandek

Harga emas hari ini di Pegadaian mengalami penurunan untuk cetakan UBS, sementara harga emas Antam masih belum bergerak alias mandek. Penurunan harga emas UBS ini terjadi pada semua cetakan, baik 1 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, hingga 100 gram.

Harga emas UBS 1 gram hari ini di Pegadaian dijual seharga Rp962.000, turun Rp3.000 dari harga kemarin. Sementara itu, harga emas UBS 5 gram hari ini dibanderol Rp4.705.000, turun Rp15.000 dari harga sebelumnya. Untuk cetakan 10 gram, harga emas UBS hari ini di Pegadaian turun Rp30.000 menjadi Rp9.310.000. Harga emas UBS 25 gram hari ini turun Rp75.000 menjadi Rp23.085.000. Sedangkan harga emas UBS 50 gram hari ini turun Rp150.000 menjadi Rp46.170.000. Sementara itu, harga emas UBS 100 gram hari ini di Pegadaian turun Rp300.000 menjadi Rp92.340.000.

Di sisi lain, harga emas Antam hari ini di Pegadaian masih belum mengalami perubahan. Harga emas Antam 1 gram hari ini masih dibanderol Rp1.066.000, sama dengan harga kemarin. Begitu juga dengan harga emas Antam 5 gram hari ini yang masih bertahan di angka Rp5.286.000. Untuk cetakan 10 gram, harga emas Antam hari ini masih Rp10.508.000. Harga emas Antam 25 gram hari ini masih Rp26.215.000. Sedangkan harga emas Antam 50 gram hari ini masih Rp52.430.000. Sementara itu, harga emas Antam 100 gram hari ini masih Rp104.860.000.

Harga Emas UBS di Pegadaian Hari Ini Turun, Antam Masih Mandek

Harga emas hari ini mengalami penurunan pada cetakan UBS, sementara harga emas Antam masih belum bergerak alias mandek. Penurunan harga emas UBS ini terjadi pada semua cetakan, mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Penurunan harga emas UBS hari ini dipicu oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Pelemahan harga emas dunia
  • Penurunan permintaan emas dalam negeri
  • Penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS

Sementara itu, harga emas Antam hari ini masih belum mengalami perubahan karena beberapa faktor, antara lain:

  • Harga emas dunia yang masih tinggi
  • Permintaan emas dalam negeri yang masih stabil
  • Nilai tukar rupiah yang masih fluktuatif

Perbedaan pergerakan harga emas UBS dan Antam hari ini menunjukkan bahwa pasar emas dalam negeri masih belum stabil. Harga emas masih sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor global dan domestik. Untuk itu, investor emas disarankan untuk mencermati perkembangan harga emas secara berkala sebelum mengambil keputusan investasi.

Pelemahan harga emas dunia

Salah satu faktor yang menyebabkan harga emas UBS di Pegadaian hari ini turun adalah pelemahan harga emas dunia. Harga emas dunia sendiri mengalami penurunan karena beberapa faktor, antara lain:

  • Kekhawatiran akan resesi global
  • Penguatan nilai dolar AS
  • Penurunan permintaan emas dari negara-negara berkembang

Pelemahan harga emas dunia ini berdampak pada harga emas dalam negeri, termasuk harga emas UBS di Pegadaian. Penurunan harga emas dunia membuat harga emas dalam negeri menjadi kurang menarik, sehingga permintaan emas pun menurun.

Penurunan permintaan emas dalam negeri

Selain pelemahan harga emas dunia, penurunan harga emas UBS di Pegadaian hari ini juga disebabkan oleh penurunan permintaan emas dalam negeri. Penurunan permintaan emas dalam negeri ini terjadi karena beberapa faktor, antara lain:

  • Adanya alternatif investasi lain yang lebih menarik, seperti saham dan properti
  • Tingginya harga emas yang membuat masyarakat enggan membeli emas
  • Penurunan daya beli masyarakat

Penurunan permintaan emas dalam negeri ini membuat harga emas UBS di Pegadaian menjadi turun. Pasalnya, Pegadaian sebagai salah satu penjual emas terbesar di Indonesia sangat bergantung pada permintaan emas dari masyarakat.

Penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS

Salah satu faktor yang menyebabkan harga emas UBS di Pegadaian hari ini turun adalah penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Penguatan nilai tukar rupiah membuat harga emas dalam negeri menjadi lebih murah, sehingga permintaan emas pun menurun.

Sebagai contoh, ketika nilai tukar rupiah menguat dari Rp15.000 per dolar AS menjadi Rp14.000 per dolar AS, maka harga emas dalam negeri akan turun sekitar Rp100.000 per gram. Penurunan harga emas ini membuat masyarakat enggan membeli emas, sehingga permintaan emas pun menurun.

Harga emas dunia yang masih tinggi

Meskipun harga emas UBS di Pegadaian hari ini turun, harga emas dunia masih tetap tinggi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Kekhawatiran akan resesi global
  • Ketidakpastian ekonomi global
  • Meningkatnya permintaan emas sebagai safe haven

Harga emas dunia yang masih tinggi ini menjadi salah satu faktor yang membuat harga emas Antam hari ini masih belum mengalami penurunan. Pasalnya, harga emas Antam biasanya mengikuti pergerakan harga emas dunia.

Permintaan emas dalam negeri yang masih stabil

Selain harga emas dunia yang masih tinggi, permintaan emas dalam negeri yang masih stabil juga menjadi salah satu faktor yang membuat harga emas Antam hari ini masih belum mengalami penurunan. Pasalnya, emas Antam merupakan salah satu jenis emas yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Permintaan emas dalam negeri yang masih stabil ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Emas masih dianggap sebagai salah satu instrumen investasi yang aman dan menguntungkan.
  • Emas sering digunakan sebagai perhiasan dan seserahan dalam acara pernikahan.
  • Emas juga digunakan sebagai salah satu bentuk tabungan oleh masyarakat Indonesia.