Pilpres 2024: Koalisi 6 Parpol Tanpa PKS Bersiap Rajai Pilkada Depok

waktu baca 4 menit
Sabtu, 18 Mei 2024 04:05 0 6 Silvy

Pilpres 2024: Koalisi 6 Parpol Tanpa PKS Bersiap Rajai Pilkada Depok

Ligaponsel.com – “6 Parpol Sepakati ‘Koalisi Sama-sama’ Pilkada Depok Tanpa PKS”

Enam partai politik (parpol) di Kota Depok sepakat membentuk Koalisi Sama-sama untuk Pilkada Depok 2024. Keenam parpol tersebut adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Kesepakatan koalisi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di salah satu hotel di Depok, Jawa Barat, pada Rabu (15/2/2023). Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari masing-masing partai politik.

Juru bicara Koalisi Sama-sama, Hafid Nasir, mengatakan bahwa koalisi ini dibentuk untuk mengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Depok yang akan diusung pada Pilkada 2024.

“Koalisi ini dibentuk untuk memperkuat soliditas dan sinergi di antara partai anggota koalisi dalam rangka memenangkan Pilkada Depok 2024,” kata Hafid seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (15/2/2023).

Hafid menambahkan, Koalisi Sama-sama terbuka bagi partai politik lain yang ingin bergabung.

“Kami membuka diri bagi partai politik lain yang ingin bergabung dengan koalisi ini,” ujarnya.

Dengan terbentuknya Koalisi Sama-sama, persaingan di Pilkada Depok 2024 diprediksi akan semakin ketat. Pasalnya, koalisi ini menguasai 20 kursi di DPRD Kota Depok.

Selain Koalisi Sama-sama, saat ini juga telah terbentuk Koalisi Depok Bangkit yang terdiri dari PDI Perjuangan, Partai NasDem, dan Partai Hanura.

6 Parpol Sepakati ‘Koalisi Sama-sama’ Pilkada Depok Tanpa PKS

Enam partai politik (parpol) di Kota Depok bersepakat membentuk ‘Koalisi Sama-sama’ untuk menghadapi Pilkada Depok 2024. Koalisi ini digagas oleh PKS, Demokrat, Gerindra, Golkar, PAN, dan PPP. Keenam parpol ini menguasai 20 kursi di DPRD Kota Depok.

Ada beberapa aspek penting yang perlu dicermati dari terbentuknya Koalisi Sama-sama ini:

  • Soliditas koalisi
  • Kandidat yang diusung
  • Persaingan Pilkada
  • Dampak politik
  • Harapan masyarakat

Soliditas koalisi menjadi kunci utama kemenangan di Pilkada. Keenam parpol dalam Koalisi Sama-sama harus mampu menjaga kekompakan dan soliditas hingga hari pencoblosan. Selain itu, pemilihan kandidat yang tepat juga sangat menentukan. Kandidat yang diusung harus memiliki elektabilitas yang tinggi dan mampu diterima oleh masyarakat Depok.

Terbentuknya Koalisi Sama-sama juga akan membuat persaingan Pilkada Depok semakin ketat. Pasalnya, koalisi ini menguasai mayoritas kursi di DPRD Kota Depok. Hal ini tentu akan menyulitkan pasangan calon lain untuk mendapatkan dukungan dari partai politik.

Secara politis, terbentuknya Koalisi Sama-sama juga akan berdampak pada peta politik di Kota Depok. Koalisi ini bisa menjadi kekuatan baru yang akan mempengaruhi dinamika politik di Depok.

Masyarakat Depok tentu berharap banyak pada Koalisi Sama-sama. Mereka berharap koalisi ini mampu mengusung pasangan calon yang terbaik dan mampu membawa perubahan positif bagi Kota Depok.

Soliditas koalisi

Keenam partai politik dalam Koalisi Sama-sama harus bisa menjaga kekompakan dan soliditas hingga hari pencoblosan. Tanpa kekompakan, koalisi ini akan mudah goyah dan bisa bubar sebelum Pilkada dilaksanakan.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi soliditas koalisi, antara lain:

  • Kepentingan partai
  • Konflik internal
  • Tekanan dari luar

Koalisi Sama-sama harus mampu mengatasi faktor-faktor tersebut agar bisa tetap solid hingga Pilkada 2024.

Kandidat yang diusung

Pemilihan kandidat yang tepat menjadi salah satu kunci kemenangan dalam Pilkada. Koalisi Sama-sama harus mampu mengusung pasangan calon yang memiliki elektabilitas tinggi dan mampu diterima oleh masyarakat Depok.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kandidat, antara lain:

  • Elektabilitas
  • Rekam jejak
  • Visi dan misi
  • Kemampuan memimpin
  • Dukungan partai

Koalisi Sama-sama harus mampu memilih kandidat yang memiliki elektabilitas tinggi, rekam jejak yang baik, visi dan misi yang jelas, kemampuan memimpin yang baik, dan didukung oleh partai-partai dalam koalisi.

Persaingan Pilkada

Terbentuknya Koalisi Sama-sama membuat persaingan Pilkada Depok 2024 semakin ketat. Pasalnya, koalisi ini menguasai mayoritas kursi di DPRD Kota Depok, sehingga akan menyulitkan pasangan calon lain untuk mendapatkan dukungan dari partai politik.

Persaingan yang ketat ini tentu akan menguntungkan masyarakat Depok. Sebab, mereka akan memiliki lebih banyak pilihan calon pemimpin yang berkualitas.

Dampak politik

Terbentuknya Koalisi Sama-sama tentu akan berdampak pada peta politik di Kota Depok. Koalisi ini bisa menjadi kekuatan baru yang akan mempengaruhi dinamika politik di Depok.

Jika Koalisi Sama-sama berhasil memenangkan Pilkada Depok, maka koalisi ini akan memiliki pengaruh yang besar dalam pengambilan keputusan di pemerintahan Kota Depok.

Harapan masyarakat

Masyarakat Depok tentu berharap banyak pada Koalisi Sama-sama. Mereka berharap koalisi ini mampu mengusung pasangan calon yang terbaik dan mampu membawa perubahan positif bagi Kota Depok.

Koalisi Sama-sama harus mampu menjawab harapan masyarakat tersebut. Mereka harus mampu mengusung pasangan calon yang memiliki integritas, kompetensi, dan visi yang jelas untuk membangun Kota Depok.