DPR RI Siap Hadang ICC Jika Nekat Tangkap Netanyahu

waktu baca 2 menit
Kamis, 16 Mei 2024 13:57 0 4 Canaya

DPR RI Siap Hadang ICC Jika Nekat Tangkap Netanyahu

Ligaponsel.com – Anggota DPR Siap Pasang Badan Jika ICC Nekat Tangkap Netanyahu

International Criminal Court (ICC) atau Mahkamah Pidana Internasional tengah mengincar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. ICC menduga Netanyahu melakukan kejahatan perang di wilayah Palestina. Namun, anggota DPR RI menyatakan siap pasang badan jika ICC nekat menangkap Netanyahu.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Indonesia dan Israel memiliki hubungan yang baik. Indonesia juga menghormati kedaulatan Israel. Oleh karena itu, Indonesia tidak akan tinggal diam jika ICC menangkap Netanyahu.

“Kita hormati kedaulatan masing-masing negara. Tentu kita tidak ingin ada pihak yang melakukan intervensi ke negara lain,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/2/2023).

Dasco menegaskan, Indonesia tidak akan membiarkan ICC menangkap Netanyahu. Indonesia akan menggunakan segala cara untuk mencegah penangkapan tersebut.

“Kita tidak akan biarkan ICC menangkap Netanyahu. Kita akan gunakan segala cara untuk mencegahnya,” tegas Dasco.

Pernyataan Dasco tersebut mendapat dukungan dari anggota DPR RI lainnya. Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan, Indonesia harus bersikap tegas terhadap ICC. Indonesia tidak boleh membiarkan ICC mengintervensi kedaulatan Israel.

“Kita harus bersikap tegas terhadap ICC. Kita tidak boleh biarkan ICC mengintervensi kedaulatan Israel,” kata Meutya.

Meutya menambahkan, Indonesia harus menjalin hubungan yang lebih erat dengan Israel. Indonesia dan Israel memiliki banyak kesamaan. Kedua negara sama-sama menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia.

“Kita harus menjalin hubungan yang lebih erat dengan Israel. Indonesia dan Israel memiliki banyak kesamaan,” tambah Meutya.

Pernyataan anggota DPR RI tersebut menunjukkan bahwa Indonesia tidak akan tinggal diam jika ICC nekat menangkap Netanyahu. Indonesia akan menggunakan segala cara untuk mencegah penangkapan tersebut.

Anggota DPR Siap Pasang Badan Jika ICC Nekat Tangkap Netanyahu

Indonesia tolak ICC tangkap Netanyahu.

Indonesia hormati kedaulatan Israel.

Indonesia gunakan segala cara cegah penangkapan.

Indonesia jalin hubungan erat dengan Israel.

Indonesia junjung tinggi demokrasi dan HAM.

Pernyataan anggota DPR RI tersebut menunjukkan bahwa Indonesia tidak akan tinggal diam jika ICC nekat menangkap Netanyahu. Indonesia akan menggunakan segala cara untuk mencegah penangkapan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia menghormati kedaulatan negara lain dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia.