Iran Tak Berkutik, AS Murka Teriak Minta Hentikan Pasokan Senjata!

waktu baca 1 menit
Kamis, 16 Mei 2024 11:04 0 7 Canaya

Iran Tak Berkutik, AS Murka Teriak Minta Hentikan Pasokan Senjata!

Ligaponsel.com – Amerika Serikat (AS) telah menyerukan kepada Iran untuk menghentikan pasokan senjata ke kelompok pemberontak Houthi di Yaman. Seruan ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (28/2/2023).

Blinken mengatakan bahwa pasokan senjata Iran ke Houthi melanggar embargo senjata PBB dan memperburuk konflik di Yaman. Ia juga mengatakan bahwa pasokan senjata tersebut telah menyebabkan peningkatan serangan terhadap warga sipil dan infrastruktur sipil di Yaman.

AS telah lama menuduh Iran memasok senjata ke Houthi, namun Iran membantah tuduhan tersebut. Konflik di Yaman telah berlangsung selama lebih dari tujuh tahun dan telah menyebabkan krisis kemanusiaan terburuk di dunia, menurut PBB.

AS Serukan Iran Setop Pasokan Senjata untuk Houthi

Konflik Yaman memanas. Pasokan senjata ilegal. Iran dituduh memasok senjata. AS minta Iran hentikan pasokan senjata. Embargo senjata PBB dilanggar. Krisis kemanusiaan memburuk.

Keenam aspek ini saling terkait dan berkontribusi pada situasi kompleks di Yaman. Pasokan senjata ilegal memperburuk konflik dan menyebabkan peningkatan serangan terhadap warga sipil. Embargo senjata PBB dilanggar, merusak upaya internasional untuk mengakhiri konflik. Krisis kemanusiaan memburuk, menyebabkan penderitaan yang meluas di kalangan penduduk Yaman.