Ekonom Jadi Jenderal Rusia, Siapa Sangka?

waktu baca 2 menit
Kamis, 16 Mei 2024 07:51 0 7 Canaya

Ekonom Jadi Jenderal Rusia, Siapa Sangka?


Ligaponsel.com – Presiden Rusia Vladimir Putin telah menunjuk seorang ekonom sebagai Menteri Pertahanan baru. Siapakah dia?

Sergei Shoigu adalah seorang ekonom yang lahir di Ukraina pada tahun 1955. Ia lulus dari Universitas Negeri Moskow dengan gelar di bidang ekonomi. Setelah lulus, ia bekerja di bidang perbankan dan keuangan sebelum terjun ke dunia politik.

Pada tahun 1991, Shoigu diangkat menjadi Menteri Pertahanan Rusia. Ia menjabat posisi ini hingga tahun 1994. Pada tahun 2001, ia kembali diangkat menjadi Menteri Pertahanan dan menjabat hingga saat ini.

Shoigu adalah sosok yang kontroversial. Ia dituduh melakukan korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia. Namun, ia juga merupakan sosok yang populer di kalangan masyarakat Rusia. Ia dipandang sebagai pemimpin yang kuat dan tegas.

Putin Tunjuk Ekonom Jadi Menteri Pertahanan, Siapa Dia?

Siapa sangka, Presiden Rusia Vladimir Putin menunjuk seorang ekonom sebagai Menteri Pertahanan baru. Siapakah dia?

Sergei Shoigu, ekonom kelahiran Ukraina yang kini berusia 68 tahun, mendapat kehormatan tersebut. Lulusan Universitas Negeri Moskow ini malang melintang di dunia perbankan dan keuangan sebelum terjun ke dunia politik.

Kiprahnya di dunia militer dimulai saat ia didapuk menjadi Menteri Pertahanan Rusia pada tahun 1991. Posisi ini kembali diembannya sejak tahun 2001 hingga saat ini.

Sosok Shoigu memang kontroversial. Ia dituding melakukan korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia. Namun, ia juga populer di kalangan masyarakat Rusia dan dipandang sebagai pemimpin yang kuat dan tegas.

Pengangkatan Shoigu sebagai Menteri Pertahanan merupakan langkah mengejutkan, namun juga menunjukkan kepercayaan Putin terhadap kemampuannya. Kita nantikan saja kiprahnya dalam memimpin militer Rusia di masa depan.