Rahasia Terbongkar: Gosok Gigi saat Puasa, Batal Nggak Sih?

waktu baca 3 menit
Jumat, 24 Mei 2024 08:58 0 7 Hilmi

Rahasia Terbongkar: Gosok Gigi saat Puasa, Batal Nggak Sih?


Ligaponsel.com – Menggosok gigi saat puasa menjadi salah satu topik yang banyak dipertanyakan oleh umat Muslim. Pasalnya, saat berpuasa, umat Muslim diwajibkan untuk menahan diri dari makan dan minum, termasuk berkumur-kumur. Lantas, apakah menggosok gigi saat puasa bisa membatalkan puasa? Berikut penjelasannya.

Menurut pandangan mayoritas ulama, menggosok gigi saat puasa tidak membatalkan puasa. Hal ini karena menggosok gigi tidak termasuk dalam kategori makan atau minum. Namun, perlu diperhatikan beberapa hal berikut agar tidak membatalkan puasa saat menggosok gigi:

  • Hindari menelan pasta gigi atau air kumur.
  • Jangan menggosok gigi terlalu keras hingga melukai gusi, karena dapat menyebabkan darah keluar.
  • Sebaiknya menggosok gigi setelah waktu imsak atau sebelum waktu berbuka.

Jadi, menggosok gigi saat puasa diperbolehkan selama tidak menelan pasta gigi atau air kumur, tidak melukai gusi, dan dilakukan pada waktu yang tepat. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, umat Muslim dapat menjaga kebersihan gigi dan mulut selama bulan puasa tanpa khawatir membatalkan puasanya.

Menggosok Gigi saat Puasa, Apakah Bisa Membatalkan Puasa?

Puasa itu menahan diri dari makan dan minum, termasuk berkumur-kumur. Lalu, apakah menggosok gigi saat puasa membatalkan puasa? Jawabannya, tidak membatalkan. Tapi, perhatikan 6 hal penting ini:

  • Jangan ditelan: Pasta gigi dan air kumur.
  • Jangan sampai berdarah: Gusi jangan dilukai.
  • Waktu tepat: Setelah imsak atau sebelum berbuka.

Jadi, sikat gigi saat puasa boleh banget, asal tidak ditelan, tidak sampai berdarah, dan dilakukan pada waktu yang tepat. Dengan begitu, puasa tetap sah dan gigi tetap sehat.

Jangan ditelan

Bayangin lagi puasa, hausnya minta ampun. Eh, pas gosok gigi, odolnya ketelen. Batal dong puasanya? Iya, betul banget! Soalnya, pas puasa kita dilarang makan dan minum, termasuk nelen odol dan air kumur. Makanya, pas gosok gigi, ati-ati banget ya, jangan sampai ketelen.

Lagipula, odol itu nggak enak, pahit! Air kumur juga pedes dikit. Nggak enaklah pokoknya kalau ketelen. Mending tahan dikit, jangan ditelen. Puasamu jadi aman, gigimu juga bersih.

Jangan sampai berdarah

Pas puasa, gusi lagi sensitif. Makanya, pas gosok gigi, jangan ditekan-tekan terlalu keras. Soalnya, kalau gusi sampai berdarah, puasanya bisa batal. Soalnya, darah yang keluar dari gusi itu sama aja kayak minum. Dan kita kan lagi puasa, nggak boleh minum.

Jadi, gosok giginya pelan-pelan aja. Jangan sampai gusi berdarah. Puasa tetap aman, gigi bersih, gusi sehat.

Waktu tepat

Kapan waktu yang tepat gosok gigi pas puasa? Setelah imsak atau sebelum berbuka. Soalnya, kalau gosok gigi pas lagi puasa, terus odolnya ketelen atau gusinya berdarah, puasanya bisa batal. Makanya, lebih aman kalau gosok gigi setelah imsak atau sebelum berbuka.

Jadi, pas puasa, jangan lupa gosok gigi ya. Tapi, inget waktu yang tepat, jangan sampai batal puasanya. Gigi bersih, puasa aman.