Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Gadget · 11 Mei 2024 01:05 WIB · Waktu Baca

Pilih Mana? Xiaomi Pad 6S Pro vs Xiaomi Pad 6!

Simak Perbedaan Xiaomi Pad 6S Pro dan Xiaomi Pad 6 Sebelum Membeli! Perbesar


Pilih Mana? Xiaomi Pad 6S Pro vs Xiaomi Pad 6!

Hai, para pecinta gadget! Kali ini, kita akan mengulik dua tablet terbaru dari Xiaomi, yaitu Xiaomi Pad 6S Pro dan Xiaomi Pad 6. Kedua tablet ini punya banyak kesamaan, tapi ada juga beberapa perbedaan penting yang perlu kalian ketahui sebelum memutuskan untuk membeli.

Spesifikasi

Spesifikasi Xiaomi Pad 6S Pro Xiaomi Pad 6
Layar 12,4 inci OLED, 2800 x 1752 piksel, 120Hz 11 inci LCD, 2000 x 1200 piksel, 90Hz
Chipset Snapdragon 8+ Gen 1 Snapdragon 870
RAM 8GB/12GB 6GB/8GB
Penyimpanan 128GB/256GB/512GB 128GB/256GB
Kamera belakang 13MP + 5MP 8MP + 2MP
Kamera depan 8MP 8MP
Baterai 8600mAh 8000mAh
Harga Mulai dari Rp 9.999.000 Mulai dari Rp 5.999.000

Perbedaan Utama

Dari tabel di atas, kita bisa melihat beberapa perbedaan utama antara kedua tablet ini, antara lain:

  • Layar: Xiaomi Pad 6S Pro memiliki layar yang lebih besar (12,4 inci vs 11 inci) dan lebih jernih (OLED vs LCD). Refresh rate layar Xiaomi Pad 6S Pro juga lebih tinggi (120Hz vs 90Hz), sehingga animasi dan scrolling akan terasa lebih mulus.
  • Chipset: Xiaomi Pad 6S Pro menggunakan chipset yang lebih bertenaga, yaitu Snapdragon 8+ Gen 1. Sementara Xiaomi Pad 6 menggunakan Snapdragon 870. Perbedaan ini akan terasa pada performa gaming dan aplikasi berat.
  • Harga: Xiaomi Pad 6S Pro dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan Xiaomi Pad 6. Hal ini wajar, mengingat spesifikasi yang lebih tinggi yang ditawarkannya.

Kesimpulan

Baik Xiaomi Pad 6S Pro maupun Xiaomi Pad 6 adalah tablet yang bagus dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kalian mencari tablet dengan spesifikasi tinggi dan performa terbaik, Xiaomi Pad 6S Pro adalah pilihan yang tepat. Namun, jika kalian mencari tablet dengan harga lebih terjangkau dan layar yang lebih kecil, Xiaomi Pad 6 bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Simak Perbedaan Xiaomi Pad 6S Pro dan Xiaomi Pad 6 Sebelum Membeli!

Sebelum membeli tablet baru, ada baiknya kita pahami dulu perbedaan antara Xiaomi Pad 6S Pro dan Xiaomi Pad 6. Berikut 5 aspek penting yang perlu kalian perhatikan:

  • Layar: Ukuran, jenis panel, dan refresh rate
  • Chipset: Performa dan efisiensi daya
  • Memori: Kapasitas RAM dan penyimpanan
  • Kamera: Resolusi dan fitur
  • Harga: Sesuaikan dengan budget

Dengan memahami perbedaan-perbedaan ini, kalian bisa memilih tablet yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian. Misalnya, jika kalian mencari tablet dengan layar besar dan performa tinggi, Xiaomi Pad 6S Pro adalah pilihan yang tepat. Namun, jika kalian lebih mementingkan harga yang terjangkau, Xiaomi Pad 6 bisa menjadi pilihan yang lebih bijak.

Layar

Salah satu perbedaan utama antara Xiaomi Pad 6S Pro dan Xiaomi Pad 6 terletak pada layarnya. Xiaomi Pad 6S Pro memiliki layar yang lebih besar (12,4 inci) dibandingkan Xiaomi Pad 6 (11 inci). Selain itu, Xiaomi Pad 6S Pro juga menggunakan panel OLED yang lebih jernih dan memiliki refresh rate yang lebih tinggi (120Hz) dibandingkan Xiaomi Pad 6 (LCD, 90Hz). Artinya, animasi dan scrolling akan terasa lebih mulus di Xiaomi Pad 6S Pro.

Perbedaan ukuran layar ini perlu dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika kalian mencari tablet untuk menonton film atau bermain game, layar yang lebih besar tentu akan memberikan pengalaman yang lebih immersive. Namun, jika kalian lebih sering menggunakan tablet untuk membaca atau browsing, layar yang lebih kecil mungkin lebih nyaman digunakan.

Jenis panel layar juga berpengaruh pada kualitas gambar. Panel OLED pada Xiaomi Pad 6S Pro menawarkan warna yang lebih hidup dan kontras yang lebih tinggi dibandingkan panel LCD pada Xiaomi Pad 6. Hal ini akan membuat tampilan gambar dan video menjadi lebih memanjakan mata.

Terakhir, refresh rate layar juga berpengaruh pada kelancaran animasi dan scrolling. Refresh rate yang lebih tinggi (120Hz) pada Xiaomi Pad 6S Pro akan membuat animasi dan scrolling terasa lebih mulus dibandingkan refresh rate yang lebih rendah (90Hz) pada Xiaomi Pad 6.

Chipset

Buat kalian yang suka nge-game atau buka aplikasi berat di tablet, chipset adalah salah satu aspek yang wajib diperhatikan. Xiaomi Pad 6S Pro ditenagai oleh chipset Snapdragon 8+ Gen 1, sementara Xiaomi Pad 6 menggunakan Snapdragon 870. Perbedaan chipset ini cukup signifikan dalam hal performa, terutama untuk game-game berat dan aplikasi yang membutuhkan banyak tenaga.

Selain performa, chipset juga berpengaruh pada efisiensi daya. Snapdragon 8+ Gen 1 pada Xiaomi Pad 6S Pro dibuat dengan teknologi fabrikasi 4nm yang lebih hemat daya dibandingkan Snapdragon 870 pada Xiaomi Pad 6 yang dibuat dengan teknologi fabrikasi 7nm. Artinya, Xiaomi Pad 6S Pro berpotensi memiliki daya tahan baterai yang lebih baik dibandingkan Xiaomi Pad 6.

Memori

Selain performa, kapasitas memori juga nggak kalah penting buat kalian yang suka multitasking atau menyimpan banyak file di tablet. Xiaomi Pad 6S Pro menawarkan kapasitas RAM yang lebih besar (8GB/12GB) dibandingkan Xiaomi Pad 6 (6GB/8GB). Artinya, Xiaomi Pad 6S Pro bisa menjalankan lebih banyak aplikasi sekaligus tanpa ngelag.

Untuk kapasitas penyimpanan, kedua tablet ini sama-sama punya opsi 128GB dan 256GB. Namun, Xiaomi Pad 6S Pro juga punya opsi penyimpanan yang lebih besar, yaitu 512GB. Jadi, kalau kalian butuh ruang penyimpanan yang lega buat nyimpen foto, video, atau game, Xiaomi Pad 6S Pro bisa jadi pilihan yang lebih tepat.

Kamera

Buat kalian yang suka foto-foto atau video call, kamera tablet juga jadi pertimbangan penting. Xiaomi Pad 6S Pro punya kamera belakang ganda dengan resolusi 13MP + 5MP, sementara Xiaomi Pad 6 punya kamera belakang ganda dengan resolusi 8MP + 2MP. Artinya, Xiaomi Pad 6S Pro punya kamera yang lebih jernih dan bisa menghasilkan foto dan video yang lebih bagus.

Untuk kamera depan, kedua tablet ini sama-sama punya resolusi 8MP. Jadi, kualitas foto selfie dan video call nggak jauh beda.

Harga

Terakhir, tapi nggak kalah penting, tentu saja harga. Xiaomi Pad 6S Pro punya harga yang lebih mahal dibandingkan Xiaomi Pad 6. Hal ini wajar aja, mengingat spesifikasi yang lebih tinggi yang ditawarkannya.

Jadi, sebelum membeli, pastikan kalian sesuaikan dulu dengan budget yang kalian punya. Kalau budget kalian cukup, Xiaomi Pad 6S Pro bisa jadi pilihan yang tepat. Tapi kalau kalian lebih mementingkan harga yang terjangkau, Xiaomi Pad 6 bisa jadi pilihan yang lebih bijak.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kamera Samsung Galaxy S24 Bikin Video Sinematik Saat Travelling Makin Praktis!

24 Mei 2024 - 15:28 WIB

Jajal Instant Slow Motion Samsung Galaxy S24, Bikin Video Sinematik Saat Travelling Lebih Praktis

Tanda-Tanda iQoo Z9 dan Z9x Segera Hadir di Indonesia!

24 Mei 2024 - 11:22 WIB

Tanda-tanda Smartphone iQoo Z9 dan Z9x Segera Masuk Indonesia

Terungkap! HP Murah Baterai Jumbo, Performa Gahar!

24 Mei 2024 - 09:14 WIB

Oppo K12 Resmi dengan Snapdragon 7 Gen 3, Baterai 5.500 mAh

Smartphone Super Keren dengan Lampu RGB dan Layar yang Bikin Melongo!

24 Mei 2024 - 06:49 WIB

Infinix GT 20 Pro Resmi dengan Lampu RGB dan Layar 144 Hz

Terungkap! Inilah Alasan Xiaomi 14 Lebih Mahal Rp 2 Juta dari Xiaomi 12

24 Mei 2024 - 06:30 WIB

Alasan Harga Xiaomi 14 Lebih Mahal Rp 2 Juta dari Xiaomi 12

Kamera Samsung S24 Ultra untuk Konser: Jernihnya Bikin Kamu Melongo!

24 Mei 2024 - 03:40 WIB

Bawa Samsung S24 Ultra ke Konser Bruno Mars Bangkok, Hasilnya Jernih No Debat
Trending di Gadget