Menu

Mode Gelap
Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece! Kamera Samsung Galaxy A35: Rahasia Fotografi Kuliner yang Lezat Terungkap! Adu Canggih Samsung Galaxy A54 Vs A55, Mana yang Terbaik? Duel Sengit Samsung Galaxy S23 Plus vs S23 Ultra: Mana yang Terbaik? Adu Spesifikasi: Duel Sengit Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana yang Lebih Unggul? Daftar HP Samsung yang Tak Kebagian Update One UI 6.1, Bersabarlah, Ini Cobaan!

Headline · 17 Mei 2024 02:06 WIB · Waktu Baca

Serunya Bermalam di Ujung Kulon, Eh Ada Polisi Tangkap Pemburu Badak Jawa!

Bermalam di Ujung Kulon, Polisi Tangkap Pemburu Badak Jawa Perbesar


Serunya Bermalam di Ujung Kulon, Eh Ada Polisi Tangkap Pemburu Badak Jawa!


Ligaponsel.com – Bermalam di Ujung Kulon, Polisi Tangkap Pemburu Badak Jawa.

Ujung Kulon, Banten – Bermalam di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, menjadi pengalaman tak terlupakan bagi seorang wisatawan. Namun, pengalaman tersebut berubah menjadi menegangkan saat ia memergoki adanya aktivitas perburuan badak jawa.

Menurut penuturan wisatawan tersebut, yang enggan disebutkan namanya, ia melihat sekelompok orang sedang memburu badak jawa pada malam hari. Ia pun langsung melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib.

Berdasarkan laporan tersebut, polisi langsung bergerak cepat dan melakukan penangkapan terhadap para pelaku. Empat orang berhasil diamankan beserta barang bukti berupa senjata api dan beberapa bagian tubuh badak jawa.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pandeglang, AKBP Belny Warlansyah, membenarkan adanya penangkapan tersebut. Ia mengatakan, para pelaku merupakan warga sekitar yang telah lama menjadi target operasi polisi.

“Mereka sudah menjadi target operasi kami sejak lama. Kami sudah mengintai mereka selama beberapa bulan,” kata Belny, seperti dikutip dari Antara, Senin (27/2/2023).

Belny menambahkan, para pelaku akan dijerat dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara.

“Kami tidak akan segan-segan menindak tegas para pelaku kejahatan terhadap satwa liar. Kami berkomitmen untuk melindungi kelestarian alam dan satwa liar di Indonesia,” tegas Belny.

Bermalam di Ujung Kulon, Polisi Tangkap Pemburu Badak Jawa

Aspek penting dari “Bermalam di Ujung Kulon, Polisi Tangkap Pemburu Badak Jawa”:

  1. Lokasi: Taman Nasional Ujung Kulon, Banten
  2. Waktu: Malam hari
  3. Pelaku: Sekelompok warga sekitar
  4. Korban: Badak jawa
  5. Barang bukti: Senjata api dan bagian tubuh badak jawa
  6. Hukuman: Maksimal 15 tahun penjara

Penangkapan pemburu badak jawa di Taman Nasional Ujung Kulon merupakan bukti nyata bahwa kejahatan terhadap satwa liar masih menjadi masalah serius di Indonesia. Badak jawa merupakan salah satu satwa liar yang dilindungi undang-undang, dan perburuan terhadap satwa ini dapat mengancam kelestariannya. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk ikut serta dalam upaya perlindungan satwa liar, dengan cara melaporkan setiap aktivitas perburuan yang kita ketahui kepada pihak berwajib.

Lokasi

Di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, terdapat kisah menegangkan yang terjadi saat malam hari. Seorang wisatawan yang sedang bermalam di sana tanpa diduga menjadi saksi mata dari sebuah aktivitas yang meresahkan, yaitu perburuan badak jawa.

Kejadian ini tentu saja membuat wisatawan tersebut terkejut dan khawatir. Ia pun langsung melaporkan apa yang dilihatnya kepada pihak berwajib.

Waktu

Kejadian perburuan badak jawa di Taman Nasional Ujung Kulon terjadi pada malam hari. Waktu tersebut dipilih oleh para pelaku karena minimnya pengawasan dan memudahkan mereka untuk beraksi tanpa diketahui oleh orang lain.

Pemilihan waktu pada malam hari juga menunjukkan bahwa para pelaku sudah merencanakan aksinya dengan matang. Mereka tahu bahwa pada malam hari, aktivitas di taman nasional akan berkurang, sehingga mereka dapat bergerak lebih leluasa.

Pelaku

Terungkap fakta mengejutkan bahwa pelaku perburuan badak jawa di Taman Nasional Ujung Kulon adalah sekelompok warga sekitar. Mereka diduga telah lama menjadikan perburuan satwa liar sebagai mata pencaharian.

Pengungkapan identitas pelaku ini menjadi tamparan keras bagi kita semua. Bagaimana mungkin warga sekitar yang seharusnya menjadi pelindung alam justru menjadi perusak?

Korban: Badak jawa

Di balik rimbunnya hutan Taman Nasional Ujung Kulon, tersimpan kisah pilu tentang perburuan liar yang mengancam kelestarian satwa langka. Badak jawa, hewan purba yang menjadi kebanggaan Indonesia, menjadi korban kebiadaban para pemburu.

Perburuan badak jawa tidak hanya merugikan kelestarian alam, tetapi juga menjadi tamparan keras bagi kita semua. Sudah seharusnya kita bahu-membahu melindungi satwa liar yang menjadi harta karun bangsa.

Barang bukti

Dalam penggerebekan yang dilakukan oleh pihak berwajib, ditemukan barang bukti berupa senjata api dan bagian tubuh badak jawa. Temuan ini semakin memperkuat dugaan bahwa para pelaku memang berniat untuk memburu dan membunuh badak jawa.

Barang bukti tersebut kini telah diamankan oleh pihak kepolisian sebagai bukti dalam proses hukum yang akan dijalani oleh para pelaku.

Hukuman

Para pelaku perburuan badak jawa di Taman Nasional Ujung Kulon terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara. Hukuman berat ini diharapkan dapat memberikan efek jera bagi para pelaku dan mencegah terjadinya perburuan liar di kemudian hari.

Perburuan liar merupakan kejahatan serius yang mengancam kelestarian satwa liar. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk mendukung upaya penegakan hukum terhadap pelaku perburuan liar. Kita dapat melakukan ini dengan cara melaporkan setiap aktivitas perburuan liar yang kita ketahui kepada pihak berwajib.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Waspadai! Vaskulitis Ternyata Bisa Berkaitan dengan 4 Penyakit Ini

18 Mei 2024 - 13:20 WIB

4 Jenis Penyakit Lain Yang Ternyata Berhubungan Dengan Vaskulitis

Waspadai Peritonitis: Kenali 6 Penyebab dan Faktor Pemicunya

18 Mei 2024 - 11:32 WIB

Inilah 6 Penyebab Dan Faktor Terjadinya Peritonitis

Rahasia Mengejutkan: Ini Penyebab Gigi Tumbuh Daging!

18 Mei 2024 - 09:58 WIB

Tahukah Penyebab Polip Pulpa

Terungkap! 5 Rahasia Perut Kembung yang Bikin Was-was

18 Mei 2024 - 08:53 WIB

Sering Disepelekan Inilah 5 Ciri Perut Kembung Yang Harus Diwaspadai

Stres Kerja Bisa Bikin Kamu Sakit Parah, Ini Buktinya!

18 Mei 2024 - 07:46 WIB

Stres Kerja Pengaruhi Kesehatan Secara Menyeluruh

Waspada! Musim Hujan Bikin Kaki Rawan Jamuran

18 Mei 2024 - 06:22 WIB

Musim Penghujan Lebih Rentan Terkena Tinea Pedis Mitos Atau Fakta
Trending di Headline