Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Headline · 17 Mei 2024 01:48 WIB · Waktu Baca

Terungkap! Sebab Hilangnya Air di Venus yang Bikin Penasaran

Ahli Ungkap Sebab Air di Venus Hilang Perbesar


Terungkap! Sebab Hilangnya Air di Venus yang Bikin Penasaran

Ligaponsel.com – Ahli Ungkap Sebab Air di Venus Hilang

Planet Venus, tetangga terdekat Bumi, ternyata menyimpan misteri yang belum terpecahkan. Salah satunya adalah hilangnya air dalam jumlah besar yang pernah ada di permukaannya. Baru-baru ini, para ilmuwan berhasil mengungkap penyebab hilangnya air tersebut.

Berdasarkan penelitian yang dipimpin oleh Dr. Michael Way dari Goddard Space Flight Center NASA, hilangnya air di Venus disebabkan oleh dua faktor utama. Pertama, suhu permukaan Venus yang sangat panas, mencapai sekitar 462 derajat Celcius. Panas yang ekstrem ini menyebabkan air menguap ke atmosfer.

Kedua, kurangnya medan magnet pada Venus. Medan magnet berfungsi melindungi planet dari angin matahari, yang merupakan aliran partikel bermuatan dari matahari. Tanpa medan magnet, angin matahari dapat mengikis atmosfer Venus, termasuk uap air yang ada di dalamnya.

Hilangnya air di Venus berdampak besar pada iklim planet tersebut. Tanpa air, Venus tidak dapat mengatur suhunya, sehingga menjadi sangat panas dan kering. Atmosfernya yang tebal juga membuat efek rumah kaca menjadi semakin parah, sehingga semakin memperparah kondisi planet ini.

Penemuan ini memberikan wawasan baru tentang evolusi Venus dan membantu kita memahami lebih banyak tentang tetangga terdekat kita di tata surya.

Ahli Ungkap Sebab Air di Venus Hilang

Air, suhu, angin, medan magnet, atmosfer.

Lima aspek kunci yang menguak misteri hilangnya air di Venus. Suhu ekstrem menguapkan air, angin matahari menerpa atmosfer tanpa pelindung medan magnet, dan atmosfer yang tebal memperparah efek rumah kaca. Kisah Venus mengingatkan kita pada pentingnya keseimbangan alam dan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Awas, Salah Pakai Lem Bulu Mata Bisa Bikin Kena Virus!

21 Mei 2024 - 16:17 WIB

Salah Lem Bulu Mata Bisa Bikin Kena Virus Penyebab Blefaritis

Fakta Anemia Zat Besi dan Folat, Bikin Lemas dan Pucat!

21 Mei 2024 - 15:34 WIB

3 Fakta Tentang Anemia Defisiensi Zat Besi Dan Folat

Sembelit Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya, Jangan Diabaikan!

21 Mei 2024 - 14:10 WIB

Sering Diabaikan Sembelit Bisa Jadi Pertanda Gonore

7 Rahasia Batu Empedu yang Tak Terkuak, Simak Penjelasannya!

21 Mei 2024 - 12:57 WIB

7 Gejala Batu Empedu Yang Diabaikan

Tanda Radang Amandel yang Wajib Diwaspadai, Jangan Disepelekan!

21 Mei 2024 - 12:14 WIB

Inilah Tanda Radang Amandel Perlu Dikhawatirkan

Terungkap! Rahasia Membedakan Rhinitis Alergi dan Non Alergi

21 Mei 2024 - 11:05 WIB

Jangan Salah Ini Bedanya Rhinitis Alergi Dan Rhinitis Non Alergi
Trending di Headline