Menu

Mode Gelap
Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece! Kamera Samsung Galaxy A35: Rahasia Fotografi Kuliner yang Lezat Terungkap! Adu Canggih Samsung Galaxy A54 Vs A55, Mana yang Terbaik? Duel Sengit Samsung Galaxy S23 Plus vs S23 Ultra: Mana yang Terbaik? Adu Spesifikasi: Duel Sengit Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana yang Lebih Unggul? Daftar HP Samsung yang Tak Kebagian Update One UI 6.1, Bersabarlah, Ini Cobaan!

Headline · 17 Mei 2024 01:07 WIB · Waktu Baca

Fakta Mengejutkan: Wanita Lebih Gampang Pingsan Dibanding Pria, Benarkah?

Wanita Lebih Sering Pingsan Ketimbang Pria Benarkah Perbesar


Fakta Mengejutkan: Wanita Lebih Gampang Pingsan Dibanding Pria, Benarkah?

Ligaponsel.com – Benarkah wanita lebih sering pingsan daripada pria? Yuk, cari tahu faktanya!

Pingsan atau sinkop adalah kondisi ketika seseorang kehilangan kesadaran dalam waktu singkat. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penurunan tekanan darah, gangguan jantung, atau stres. Banyak orang percaya bahwa wanita lebih sering pingsan daripada pria. Benarkah demikian?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine, wanita memang lebih sering pingsan daripada pria. Penelitian ini melibatkan lebih dari 3.000 orang dewasa dan menemukan bahwa wanita memiliki risiko pingsan dua kali lebih besar daripada pria. Risiko pingsan tertinggi terjadi pada wanita berusia antara 15 dan 30 tahun.

Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab wanita lebih sering pingsan daripada pria. Salah satu faktornya adalah hormon. Hormon estrogen dapat menyebabkan pembuluh darah melebar, yang dapat menyebabkan penurunan tekanan darah dan pingsan. Selain itu, wanita juga cenderung memiliki kadar zat besi yang lebih rendah daripada pria. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang juga dapat menyebabkan pingsan.

Meskipun wanita lebih sering pingsan daripada pria, kondisi ini umumnya tidak berbahaya. Namun, jika Anda sering pingsan, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Wanita Lebih Sering Pingsan Ketimbang Pria Benarkah

Benarkah wanita lebih sering pingsan daripada pria? Yuk, simak 6 aspek penting berikut ini:

  • Hormon: Hormon estrogen dapat menyebabkan pembuluh darah melebar dan tekanan darah menurun.
  • Zat besi: Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang juga dapat menyebabkan pingsan.
  • Stres: Stres dapat memicu pelepasan hormon adrenalin, yang dapat menyebabkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah.
  • Gangguan jantung: Gangguan jantung, seperti aritmia, dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke otak dan pingsan.
  • Dehidrasi: Dehidrasi dapat menyebabkan penurunan volume darah, yang dapat menyebabkan tekanan darah turun dan pingsan.
  • Faktor lingkungan: Faktor lingkungan, seperti suhu panas atau pengap, dapat menyebabkan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) dan pingsan.

Meskipun wanita lebih sering pingsan daripada pria, kondisi ini umumnya tidak berbahaya. Namun, jika Anda sering pingsan, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Hormon: Hormon estrogen dapat menyebabkan pembuluh darah melebar dan tekanan darah menurun.

Tahukah kamu? Hormon estrogen pada wanita ternyata berperan penting dalam mengatur tekanan darah lho! Hormon ini bisa bikin pembuluh darah jadi lebih lebar, sehingga tekanan darah bisa menurun. Akibatnya, wanita jadi lebih rentan mengalami pingsan.

Zat besi

Wanita lebih sering mengalami kekurangan zat besi dibandingkan pria, lho! Zat besi penting untuk produksi sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan gejala seperti lemas, pucat, dan sesak napas. Anemia juga dapat meningkatkan risiko pingsan karena tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen.

Jadi, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti daging merah, sayuran hijau, dan kacang-kacangan, agar terhindar dari anemia dan pingsan.

Stres

Siapa sangka, stres ternyata bisa bikin kita pingsan? Saat kita stres, tubuh kita akan melepaskan hormon adrenalin. Hormon ini membuat detak jantung dan tekanan darah kita naik. Kalau kenaikannya terlalu tinggi, bisa-bisa kita pingsan deh!

Jadi, kalau kamu lagi stres, usahakan untuk tetap tenang dan rileks ya. Jangan sampai stresnya kebablasan sampai bikin kamu pingsan.

Gangguan jantung

Jantung kita itu kayak mesin yang kerjanya pompa darah ke seluruh tubuh. Nah, kalau jantungnya bermasalah, misalnya ada gangguan irama jantung atau aritmia, darah yang dipompa ke otak bisa berkurang. Akibatnya, otak kekurangan oksigen dan kita bisa pingsan.

Jadi, kalau kamu punya gangguan jantung, penting banget buat rutin kontrol ke dokter dan minum obat sesuai anjuran. Jangan sampai gangguan jantungnya kambuh dan bikin kamu pingsan ya!

Dehidrasi

Bayangin deh, kalau kita kekurangan cairan, darah kita jadi kental dan volumenya berkurang. Akibatnya, tekanan darah kita bisa turun dan bikin kita pusing bahkan pingsan. Makanya, penting banget buat minum air yang cukup setiap hari, terutama saat cuaca panas atau lagi olahraga.

Faktor lingkungan

Coba bayangin kalau kamu lagi berada di tempat yang panas dan pengap, pembuluh darah kamu bisa melebar tuh! Akibatnya, tekanan darah kamu bisa turun dan bikin kamu pusing bahkan pingsan. Makanya, kalau kamu lagi berada di tempat yang panas, usahakan untuk tetap adem dan banyak minum air ya!

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Gatal Malam Hari? Hati-hati, Bisa Jadi Penyakit Kuning!

19 Mei 2024 - 12:26 WIB

Badan Gatal Pada Sore Dan Malam Hari Jangan Jangan Penyakit Kuning

Fakta Mengejutkan! Plasenta Akreta yang Berbahaya

19 Mei 2024 - 12:18 WIB

Fakta Plasenta Akreta Penyebab Plasenta Tidak Terlepas Setelah Persalinan

Gejala Preeklamsia yang Tak Biasa Diketahui Ibu Hamil

19 Mei 2024 - 09:59 WIB

Ini Gejala Dan Cara Mengatasi Preeklamsia Pada Ibu Hamil

Rahasia Menakjubkan: Penyebab & Solusi Penyakit Meniere Terungkap

19 Mei 2024 - 09:46 WIB

Inilah Penyebab Meniere Dan Cara Mengatasinya

Waspadai Makanan Terlarang untuk Hindari Perburukan Perdarahan Otak

19 Mei 2024 - 07:50 WIB

Deretan Makanan Yang Dilarang Untuk Pengidap Perdarahan Subarachnoid

Rahasia Terbongkar! Inilah Perbedaan Perlemakan Hati yang Tak Terduga

19 Mei 2024 - 07:20 WIB

Ini Perbedaan Perlemakan Hati Alkohol Dengan Perlemakan Hati Non Alkohol
Trending di Headline