Menu

Mode Gelap
Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece! Kamera Samsung Galaxy A35: Rahasia Fotografi Kuliner yang Lezat Terungkap! Adu Canggih Samsung Galaxy A54 Vs A55, Mana yang Terbaik? Duel Sengit Samsung Galaxy S23 Plus vs S23 Ultra: Mana yang Terbaik? Adu Spesifikasi: Duel Sengit Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana yang Lebih Unggul? Daftar HP Samsung yang Tak Kebagian Update One UI 6.1, Bersabarlah, Ini Cobaan!

Headline · 11 Mei 2024 07:34 WIB · Waktu Baca

Kesemutan Berkepanjangan, Awas Lumpuh Mendadak!

Kesemutan Bisa Sebabkan Lumpuh Tiba Tiba Bisa Jadi Gejala Sindrom Guillain Barre Perbesar


Kesemutan Berkepanjangan, Awas Lumpuh Mendadak!

Ligaponsel.com – Kesemutan, siapa yang tidak pernah mengalaminya? Kesemutan merupakan suatu kondisi dimana kita merasa seperti ditusuk-tusuk jarum pada bagian tubuh tertentu. Biasanya, kesemutan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit. Namun, tahukah kamu kalau kesemutan yang berkepanjangan bisa jadi gejala dari suatu penyakit yang disebut Sindrom Guillain-Barre (GBS)?

Sindrom Guillain-Barre adalah suatu penyakit langka yang menyerang sistem saraf tepi. Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan pada otot-otot tubuh, termasuk otot pernapasan. Gejala awal GBS biasanya berupa kesemutan dan kelemahan pada kaki, yang kemudian dapat menyebar ke tangan, lengan, dan bagian tubuh lainnya.

Jika kamu mengalami kesemutan yang tidak kunjung hilang, apalagi jika disertai dengan gejala-gejala lain seperti kelemahan otot, segera periksakan diri ke dokter. Penanganan dini GBS sangat penting untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih serius, seperti kelumpuhan total atau bahkan kematian.

Kesemutan Bisa Sebabkan Lumpuh Tiba Tiba Bisa Jadi Gejala Sindrom Guillain Barre

Jangan anggap remeh kesemutan! Ternyata, kesemutan yang berkepanjangan bisa jadi gejala penyakit langka bernama Sindrom Guillain-Barre (GBS). Penyakit ini menyerang sistem saraf tepi, menyebabkan kelumpuhan pada otot-otot tubuh, termasuk otot pernapasan.

Berikut 5 aspek penting yang perlu kamu ketahui tentang GBS:

  • Gejala awal: Kesemutan dan kelemahan otot
  • Penyebab: Belum diketahui pasti
  • Pengobatan: Belum ada obat khusus, fokus pada perawatan pendukung
  • Komplikasi: Kelumpuhan total, gangguan pernapasan
  • Pencegahan: Tidak ada cara pasti

Jika kamu mengalami kesemutan yang tidak kunjung hilang, apalagi jika disertai gejala kelemahan otot, segera periksakan diri ke dokter. Penanganan dini sangat penting untuk mencegah komplikasi serius. GBS memang penyakit langka, tapi jangan abaikan gejalanya demi kesehatan kamu sendiri.

Gejala awal

Jangan sepelekan kesemutan! Ternyata, kesemutan yang tak kunjung reda bisa jadi pertanda penyakit langka bernama Sindrom Guillain-Barre (GBS). GBS menyerang sistem saraf tepi yang bisa menyebabkan lumpuh mendadak, lho!

Awal-awal terkena GBS, biasanya akan terasa kesemutan dan otot jadi lemas. Biasanya dimulai dari kaki, lalu menyebar ke tangan, lengan, dan bagian tubuh lainnya. Nah, kalau sudah begini, segera periksa ke dokter, ya! Soalnya, penanganan cepat itu penting banget untuk mencegah komplikasi serius.

Penyebab

Penyebab pasti Sindrom Guillain-Barre (GBS) masih menjadi misteri medis. Namun, para ahli menduga ada beberapa faktor yang bisa memicunya, antara lain:

  • Infeksi, seperti flu, diare, atau infeksi saluran pernapasan
  • Operasi atau trauma
  • Vaksinasi, meski kasusnya sangat jarang

Meski penyebabnya belum diketahui pasti, GBS bukanlah penyakit menular. Jadi, penderita GBS tidak perlu dikucilkan atau dijauhi.

Pengobatan

Kalau sudah terkena GBS, belum ada obat khusus yang bisa menyembuhkannya. Tapi, jangan sedih dulu! Dokter akan fokus memberikan perawatan pendukung untuk meredakan gejala dan mencegah komplikasi.

Beberapa perawatan pendukung yang diberikan antara lain:

  • Imunoglobulin (antibodi yang diambil dari darah orang sehat)
  • Plasmapheresis (mengeluarkan antibodi jahat dari darah)
  • Fisioterapi untuk menjaga kekuatan otot
  • Terapi okupasi untuk membantu penderita beraktivitas sehari-hari

Dengan perawatan yang tepat, sebagian besar penderita GBS bisa sembuh total. Tapi, perlu diingat, proses penyembuhannya bisa memakan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. So, tetap semangat dan jangan menyerah, ya!

Komplikasi

GBS memang penyakit langka, tapi dampaknya nggak bisa dianggap enteng. Kalau nggak ditangani dengan cepat dan tepat, GBS bisa menyebabkan komplikasi serius, seperti:

  • Kelumpuhan total, dari ujung kepala sampai ujung kaki
  • Gangguan pernapasan, yang bisa berujung pada kematian

Makanya, penting banget buat segera periksa ke dokter kalau kamu mengalami kesemutan yang nggak kunjung hilang, apalagi kalau disertai dengan lemas otot. Deteksi dini dan penanganan cepat adalah kunci untuk mencegah komplikasi GBS yang fatal.

Pencegahan

Walaupun penyebab pasti GBS belum diketahui, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan risikonya, seperti:

  • Menjaga kebersihan diri untuk menghindari infeksi
  • Vaksinasi sesuai jadwal untuk mencegah infeksi tertentu
  • Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi
  • Olahraga teratur
  • Istirahat cukup

Meskipun tidak ada cara pasti untuk mencegah GBS, menerapkan gaya hidup sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan menurunkan risiko berbagai penyakit, termasuk GBS.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Merinding Terus? Waspada 5 Penyakit Ini!

18 Mei 2024 - 13:57 WIB

Sering Kedinginan Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Waspadai! Vaskulitis Ternyata Bisa Berkaitan dengan 4 Penyakit Ini

18 Mei 2024 - 13:20 WIB

4 Jenis Penyakit Lain Yang Ternyata Berhubungan Dengan Vaskulitis

Waspadai Peritonitis: Kenali 6 Penyebab dan Faktor Pemicunya

18 Mei 2024 - 11:32 WIB

Inilah 6 Penyebab Dan Faktor Terjadinya Peritonitis

Rahasia Mengejutkan: Ini Penyebab Gigi Tumbuh Daging!

18 Mei 2024 - 09:58 WIB

Tahukah Penyebab Polip Pulpa

Terungkap! 5 Rahasia Perut Kembung yang Bikin Was-was

18 Mei 2024 - 08:53 WIB

Sering Disepelekan Inilah 5 Ciri Perut Kembung Yang Harus Diwaspadai

Stres Kerja Bisa Bikin Kamu Sakit Parah, Ini Buktinya!

18 Mei 2024 - 07:46 WIB

Stres Kerja Pengaruhi Kesehatan Secara Menyeluruh
Trending di Headline