Menu

Mode Gelap
Samsung A55 5G Turun Harga! Spesifikasi Gadis, Kamera Saingi iPhone 13? Bocoran Samsung S24: AI Canggih, Harga Terjangkau? Mata Anti Lelah? Samsung A Series AMOLED Cuma 2 Jutaan! Samsung M15 5G: Benarkah HP 2 Jutaan Terbaik? [Review Jujur] Harga Galaxy A33 5G Anjlok! Masih Worth It di 2023? Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa!

Headline · 10 Mei 2024 18:49 WIB · Waktu Baca

Vaginitis Menyerang, Kenali 5 Penyebabnya yang Harus Diwaspadai!

5 Penyebab Vaginitis Yang Harus Diperhatikan Perbesar

5 Penyebab Vaginitis Yang Harus Diperhatikan

Vaginitis Menyerang, Kenali 5 Penyebabnya yang Harus Diwaspadai!


Ligaponsel.com – Vaginitis adalah peradangan pada vagina yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah 5 penyebab vaginitis yang harus diperhatikan:

1. Infeksi Bakteri
Infeksi bakteri adalah penyebab paling umum vaginitis. Bakteri yang paling sering menyebabkan vaginitis adalah Gardnerella vaginalis yang menyebabkan vaginosis bakterial, ditandai dengan keputihan berbau amis dan gatal pada vagina.

2. Infeksi Jamur
Infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur Candida albicans dapat menyebabkan kandidiasis vagina. Gejala kandidiasis vagina antara lain gatal dan iritasi pada vagina, serta keputihan yang kental dan menggumpal seperti keju.

3. Infeksi Parasit
Infeksi parasit yang disebabkan oleh protozoa Trichomonas vaginalis dapat menyebabkan trikomoniasis. Gejala trikomoniasis meliputi keputihan berbusa atau berwarna kuning kehijauan, gatal dan nyeri saat buang air kecil, serta nyeri saat berhubungan seksual.

4. Infeksi Menular Seksual
Beberapa infeksi menular seksual (IMS) dapat menyebabkan vaginitis, seperti klamidia dan gonore. Gejala vaginitis akibat IMS bervariasi tergantung pada jenis IMS yang mendasarinya.

5. Iritasi Kimiawi
Iritasi kimiawi yang disebabkan oleh penggunaan sabun atau produk perawatan kewanitaan yang keras dapat menyebabkan vaginitis. Gejala iritasi kimiawi meliputi gatal, kemerahan, dan perih pada vagina.

Jika Anda mengalami gejala vaginitis, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Pengobatan vaginitis tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

5 Penyebab Vaginitis Yang Harus Diperhatikan

Vaginitis adalah peradangan pada vagina yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah 5 penyebab vaginitis yang harus diperhatikan:

  • Infeksi Bakteri
  • Infeksi Jamur
  • Infeksi Parasit
  • Infeksi Menular Seksual
  • Iritasi Kimiawi

Penyebab-penyebab vaginitis ini memiliki gejala yang berbeda-beda. Misalnya, infeksi bakteri dapat menyebabkan keputihan berbau amis, sedangkan infeksi jamur dapat menyebabkan gatal dan iritasi pada vagina. Penting untuk mengenali gejala-gejala vaginitis dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Infeksi Bakteri

Penyebab vaginitis yang pertama adalah infeksi bakteri. Bakteri Gardnerella vaginalis adalah biang keladi di balik masalah ini, menyebabkan bau amis yang tidak sedap pada keputihan. Gatal-gatal pada vagina juga siap mengganggu kenyamanan.

Bayangkan saja, vagina seperti taman bunga yang indah. Tapi, kalau ada bakteri pengganggu seperti Gardnerella vaginalis, taman itu bisa berubah jadi sarang bau tak sedap. Makanya, penting banget jaga kebersihan area kewanitaan untuk mencegah bakteri nakal ini datang.

Infeksi Jamur

Penyebab vaginitis berikutnya adalah infeksi jamur. Si jamur Candida albicans yang biasanya hidup rukun di vagina kita bisa berubah jadi biang masalah kalau jumlahnya kebanyakan. Akibatnya, bisa muncul rasa gatal dan iritasi yang bikin nggak nyaman.

Bayangin vagina kita seperti kebun yang ditumbuhi jamur. Kalau jumlah jamurnya nggak terkontrol, kebun itu bisa rusak dan bikin kita nggak betah. Makanya, penting untuk menjaga keseimbangan jamur di vagina dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Infeksi Parasit

Penyebab vaginitis yang satu ini disebabkan oleh parasit kecil bernama Trichomonas vaginalis. Kalau parasit ini bersarang di vagina, bisa-bisa muncul keputihan berbusa atau berwarna kuning kehijauan. Nggak cuma itu, rasa gatal, nyeri saat buang air kecil, dan nyeri saat berhubungan intim pun siap menyerang.

Bayangin vagina kita seperti taman bermain yang diinvasi parasit nakal. Taman bermain itu jadi nggak nyaman dan bikin kita susah menikmati waktu bermain. Makanya, jaga terus kebersihan area kewanitaan untuk mencegah parasit-parasit ini datang mengganggu.

Infeksi Menular Seksual

Penyebab vaginitis yang keempat adalah infeksi menular seksual (IMS). Beberapa jenis IMS, seperti klamidia dan gonore, bisa menyebabkan peradangan pada vagina. Gejala vaginitis akibat IMS bervariasi tergantung jenis IMS yang mendasarinya.

Bayangkan vagina kita seperti benteng kokoh yang harus dilindungi dari musuh. Tapi, kalau kita lengah dan tertular IMS, musuh-musuh ini bisa masuk dan menyerang benteng kita, menyebabkan peradangan dan rasa nggak nyaman. Makanya, penting banget untuk selalu waspada dan melindungi benteng kewanitaan kita dengan cara melakukan hubungan seksual yang aman dan memeriksakan diri ke dokter secara rutin.

Iritasi Kimiawi

Penyebab vaginitis yang terakhir adalah iritasi kimiawi. Produk perawatan kewanitaan yang keras, sabun tertentu, bahkan deterjen pakaian bisa memicu iritasi dan peradangan pada vagina.

Bayangin vagina kita seperti kulit bayi yang lembut. Kalau kita pakai produk yang terlalu keras atau bahan kimia yang nggak cocok, kulitnya bisa jadi merah, gatal, dan iritasi. Makanya, penting banget memilih produk perawatan kewanitaan yang lembut dan cocok dengan kulit kita.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Lego dari Luar Angkasa? Temukan Rahasianya!

1 Juli 2024 - 06:20 WIB

Asteroid Apophis Mendekat: Penemuan Menggemparkan Tahun 2029?

1 Juli 2024 - 06:16 WIB

Asteroid: Ancaman atau Harapan? Ungkap Rahasianya di Hari Asteroid Internasional!

1 Juli 2024 - 06:07 WIB

Akhir Era ISS 2030: Rahasia & Penemuan Terungkap

1 Juli 2024 - 06:07 WIB

FOTO: SpaceX Luncurkan Satelit Cuaca NASA, Misi Prediksi Masa Depan?

1 Juli 2024 - 05:59 WIB

Psst! [QUIZ] Ungkap Sisi Introvertmu (5 Menit!)

1 Juli 2024 - 05:56 WIB

Trending di Headline