Menu

Mode Gelap
Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece! Kamera Samsung Galaxy A35: Rahasia Fotografi Kuliner yang Lezat Terungkap! Adu Canggih Samsung Galaxy A54 Vs A55, Mana yang Terbaik? Duel Sengit Samsung Galaxy S23 Plus vs S23 Ultra: Mana yang Terbaik? Adu Spesifikasi: Duel Sengit Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana yang Lebih Unggul? Daftar HP Samsung yang Tak Kebagian Update One UI 6.1, Bersabarlah, Ini Cobaan!

Headline · 11 Mei 2024 10:36 WIB · Waktu Baca

Rahasia Rambut Sehat nan Berkilau: Mitos dan Fakta Unik Rambut dan Ketombe Terungkap!

Mitos Dan Fakta Unik Rambut Dan Ketombe Perbesar


Rahasia Rambut Sehat nan Berkilau: Mitos dan Fakta Unik Rambut dan Ketombe Terungkap!


Ligaponsel.com – Mitos Dan Fakta Unik Rambut Dan Ketombe

Tahukah kamu bahwa rambut dan ketombe memiliki banyak mitos dan fakta unik yang jarang diketahui? Yuk, kita bahas bareng-bareng!


Mitos 1: Keramas setiap hari dapat menghilangkan ketombe

Fakta: Keramas terlalu sering justru dapat memperparah ketombe karena dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala yang justru berperan melawan jamur penyebab ketombe.


Mitos 2: Rambut beruban disebabkan oleh stres

Fakta: Rambut beruban lebih disebabkan oleh faktor genetik dan penuaan, bukan stres. Namun, stres dapat mempercepat proses pemutihan rambut.


Mitos 3: Mencukur rambut dapat membuatnya tumbuh lebih tebal

Fakta: Mencukur rambut tidak akan membuat rambut tumbuh lebih tebal atau lebih cepat. Rambut yang baru tumbuh hanya akan terasa lebih kasar karena ujungnya yang tumpul.


Mitos 4: Ketombe menular

Fakta: Ketombe tidak menular karena disebabkan oleh jamur yang memang sudah ada pada kulit kepala semua orang. Namun, ketombe dapat menjadi lebih parah jika terjadi kontak langsung dengan orang yang memiliki ketombe parah.


Mitos 5: Rambut rontok 100 helai per hari adalah normal

Fakta: Rambut rontok hingga 100 helai per hari masih dianggap normal. Namun, jika kerontokan rambut lebih dari jumlah tersebut, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter.

Nah, itulah beberapa mitos dan fakta unik tentang rambut dan ketombe. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Mitos Dan Fakta Unik Rambut Dan Ketombe

Pernah dengar mitos-mitos tentang rambut dan ketombe? Yuk, kita bahas 5 fakta uniknya:

  • Keramas sering, ketombe hilang? Salah besar!
  • Stres bikin rambut beruban? Mitos belaka!
  • Cukur rambut bikin tebal? Bohong!
  • Ketombe bisa nular? Enggak kok!
  • Rambut rontok 100 helai sehari normal? Iya, asal nggak lebih!

Nah, sekarang kamu tahu kan fakta sebenarnya tentang rambut dan ketombe. Jadi, jangan percaya mitos-mitos yang beredar ya!

Keramas sering, ketombe hilang? Salah besar!

Siapa sangka, keramas terlalu sering malah memperparah ketombe. Soalnya, keramas keseringan bisa bikin minyak alami di kulit kepala ilang. Padahal, minyak ini penting banget buat lawan jamur penyebab ketombe.

Stres bikin rambut beruban? Mitos belaka!

Rambut beruban itu lebih karena faktor keturunan dan umur, bukan stres. Tapi, stres bisa bikin rambut cepet memutih.

Cukur rambut bikin tebal? Bohong!

Mencukur rambut nggak bikin rambut jadi lebih tebal atau lebih cepat panjang. Rambut yang baru tumbuh cuma keliatan lebih kasar aja karena ujungnya tumpul.

Ketombe bisa nular? Enggak kok!

Ketombe itu nggak bisa nular karena disebabkan oleh jamur yang emang udah ada di kulit kepala semua orang. Cuma, ketombe bisa makin parah kalau kita kontak langsung sama orang yang ketombe parah.

Rambut rontok 100 helai sehari normal? Iya, asal nggak lebih!

Rambut rontok sampai 100 helai sehari itu masih wajar. Tapi, kalau rontoknya lebih dari itu, mendingan langsung konsultasi ke dokter ya!

Stres bikin rambut beruban? Mitos belaka!

Siapa yang pernah dengar mitos kalau stres bisa bikin rambut beruban? Ternyata itu salah besar, lho!

Rambut beruban itu lebih disebabkan oleh faktor keturunan dan umur. Stres memang nggak bikin rambut langsung beruban, tapi bisa mempercepat proses pemutihan rambut.

Jadi, kalau kamu lagi stres, jangan khawatir rambutmu bakal langsung memutih semua. Tapi, tetap jaga kesehatan mental ya, biar rambutmu tetap sehat dan berkilau!

Cukur rambut bikin tebal? Bohong!

Siapa sangka, mencukur rambut itu nggak bikin rambut jadi lebih tebal atau lebih cepat panjang. Mitos ini udah dipercaya banyak orang, padahal kenyataannya nggak begitu.

Rambut itu tumbuh dari akar rambut yang ada di kulit kepala. Nah, saat kita mencukur rambut, yang terpotong cuma bagian ujung rambutnya aja. Akar rambutnya tetap di tempat, dan nggak terpengaruh sama sekali.

Jadi, kalau kamu pengin rambut tebal, mencukur rambut bukan solusi yang tepat. Ada cara lain yang lebih efektif, seperti pakai sampo khusus rambut rontok, makan makanan sehat, dan hindari stres.

Ketombe bisa nular? Enggak kok!

Banyak orang yang salah kaprah mengira kalau ketombe itu bisa nular. Padahal, ketombe itu nggak bisa nular sama sekali, lho!

Ketombe itu disebabkan oleh jamur yang namanya Malassezia. Jamur ini memang ada di kulit kepala semua orang, tapi nggak semua orang mengalami ketombe. Ketombe baru muncul kalau jamur Malassezia ini tumbuh subur dan nggak terkontrol.

Jadi, kalau ada teman atau keluarga kamu yang punya ketombe, jangan khawatir tertular ya! Ketombe itu bukan penyakit menular, jadi kamu nggak perlu menjaga jarak atau menghindarinya.

Rambut rontok 100 helai sehari normal? Iya, asal nggak lebih!

Banyak orang yang khawatir kalau rambutnya rontok banyak. Padahal, rambut rontok itu wajar, lho! Setiap hari, rambut kita bisa rontok sampai 100 helai. Ini karena rambut punya siklus hidup, yaitu tumbuh, istirahat, lalu rontok.

Nah, kalau rambut rontok lebih dari 100 helai sehari, baru deh kamu perlu khawatir. Soalnya, itu bisa jadi tanda-tanda masalah kesehatan, seperti stres, kekurangan gizi, atau penyakit tertentu.

Jadi, kalau kamu menemukan banyak rambut rontok di sisir atau di lantai kamar mandi, jangan panik dulu. Coba hitung dulu, apakah jumlahnya lebih dari 100 helai. Kalau iya, baru deh kamu perlu konsultasi ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Merinding Terus? Waspada 5 Penyakit Ini!

18 Mei 2024 - 13:57 WIB

Sering Kedinginan Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Waspadai! Vaskulitis Ternyata Bisa Berkaitan dengan 4 Penyakit Ini

18 Mei 2024 - 13:20 WIB

4 Jenis Penyakit Lain Yang Ternyata Berhubungan Dengan Vaskulitis

Waspadai Peritonitis: Kenali 6 Penyebab dan Faktor Pemicunya

18 Mei 2024 - 11:32 WIB

Inilah 6 Penyebab Dan Faktor Terjadinya Peritonitis

Rahasia Mengejutkan: Ini Penyebab Gigi Tumbuh Daging!

18 Mei 2024 - 09:58 WIB

Tahukah Penyebab Polip Pulpa

Terungkap! 5 Rahasia Perut Kembung yang Bikin Was-was

18 Mei 2024 - 08:53 WIB

Sering Disepelekan Inilah 5 Ciri Perut Kembung Yang Harus Diwaspadai

Stres Kerja Bisa Bikin Kamu Sakit Parah, Ini Buktinya!

18 Mei 2024 - 07:46 WIB

Stres Kerja Pengaruhi Kesehatan Secara Menyeluruh
Trending di Headline