Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Headline · 10 Mei 2024 20:20 WIB · Waktu Baca

Waspada! Uveitis, Peradangan Mata yang Tak Pandang Usia

Gejala Uveitis Dapatkah Menyerang Di Usia Muda Perbesar


Waspada! Uveitis, Peradangan Mata yang Tak Pandang Usia

Ligaponsel.com – Gejala Uveitis Dapatkah Menyerang Di Usia Muda?

Uveitis adalah peradangan pada lapisan tengah mata, yang disebut uvea. Uvea terdiri dari iris (bagian berwarna mata), badan siliaris (otot yang mengontrol bentuk lensa), dan koroid (lapisan pembuluh darah yang melapisi bagian belakang mata).

Uveitis dapat terjadi pada semua usia, termasuk anak-anak. Namun, uveitis pada anak-anak seringkali lebih sulit didiagnosis karena gejalanya bisa tidak spesifik dan anak-anak mungkin tidak dapat mengomunikasikan gejala mereka dengan jelas.

Gejala uveitis pada anak-anak dapat meliputi:

  • Mata merah
  • Nyeri mata
  • Penglihatan kabur
  • Kepekaan terhadap cahaya
  • Floater (bintik-bintik atau garis yang melayang di depan mata)

Jika Anda menduga anak Anda menderita uveitis, penting untuk segera mencari pertolongan medis. Diagnosis dini dan pengobatan sangat penting untuk mencegah komplikasi serius, seperti kehilangan penglihatan.

Pengobatan uveitis pada anak-anak biasanya melibatkan obat tetes mata atau obat oral untuk mengurangi peradangan. Dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin diperlukan untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh uveitis.

Dengan pengobatan yang tepat, kebanyakan anak dengan uveitis dapat pulih sepenuhnya. Namun, beberapa anak mungkin mengalami uveitis kronis, yang dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang uveitis pada anak-anak, silakan berkonsultasi dengan dokter mata Anda.

Gejala Uveitis Dapatkah Menyerang Di Usia Muda

Gejala uveitis pada anak-anak memang bisa tidak spesifik dan sulit dikenali. Namun, ada beberapa gejala utama yang perlu diwaspadai, yaitu:

  • Mata merah
  • Nyeri mata
  • Penglihatan kabur
  • Kepekaan terhadap cahaya
  • Floater (bintik-bintik atau garis yang melayang di depan mata)

Jika Anda menduga anak Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera bawa ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Diagnosis dini dan pengobatan yang cepat sangat penting untuk mencegah komplikasi serius, seperti kehilangan penglihatan.

Mata merah

Mata merah merupakan salah satu gejala uveitis yang paling umum pada anak-anak. Mata merah terjadi karena peradangan pada uvea, lapisan tengah mata yang mengandung banyak pembuluh darah. Peradangan ini menyebabkan pembuluh darah melebar dan lebih terlihat, sehingga mata tampak merah.

Jika anak Anda mengalami mata merah, terutama jika disertai dengan gejala lain seperti nyeri mata, penglihatan kabur, atau kepekaan terhadap cahaya, segera bawa ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Nyeri mata

Nyeri mata merupakan gejala uveitis yang sering dikeluhkan anak-anak. Nyeri mata terjadi karena peradangan pada uvea menekan saraf-saraf di mata. Nyeri mata dapat bersifat ringan hingga berat, tergantung pada tingkat keparahan peradangan.

Jika anak Anda mengalami nyeri mata, terutama jika disertai dengan gejala lain seperti mata merah, penglihatan kabur, atau kepekaan terhadap cahaya, segera bawa ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Penglihatan kabur

Penglihatan kabur merupakan salah satu gejala uveitis yang cukup umum pada anak-anak. Penglihatan kabur terjadi karena peradangan pada uvea mengganggu struktur mata, sehingga cahaya tidak dapat difokuskan dengan baik pada retina. Hal ini menyebabkan penglihatan menjadi kabur dan tidak jelas.

Jika anak Anda mengalami penglihatan kabur, terutama jika disertai dengan gejala lain seperti mata merah, nyeri mata, atau kepekaan terhadap cahaya, segera bawa ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Kepekaan terhadap cahaya

Kepekaan terhadap cahaya atau fotofobia merupakan salah satu gejala uveitis yang cukup umum pada anak-anak. Kepekaan terhadap cahaya terjadi karena peradangan pada uvea menyebabkan pupil mata mengecil, sehingga jumlah cahaya yang masuk ke mata berkurang. Hal ini membuat mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, sehingga anak akan merasa tidak nyaman dan silau saat berada di tempat yang terang.

Jika anak Anda mengalami kepekaan terhadap cahaya, terutama jika disertai dengan gejala lain seperti mata merah, nyeri mata, atau penglihatan kabur, segera bawa ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Floater (bintik-bintik atau garis yang melayang di depan mata)

Floater adalah bintik-bintik atau garis yang melayang di depan mata. Floater terjadi ketika ada gumpalan kecil protein atau sel yang mengapung di dalam cairan vitreous, yaitu cairan bening yang mengisi bagian belakang mata. Floater biasanya tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi gejala uveitis jika disertai dengan gejala lain seperti mata merah, nyeri mata, penglihatan kabur, atau kepekaan terhadap cahaya.

Jika anak Anda mengalami floater, terutama jika disertai dengan gejala lain seperti mata merah, nyeri mata, atau penglihatan kabur, segera bawa ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ini Dia Rahasia Bedakan Edema Paru dan Pneumonia, Dijamin Nggak Salah Lagi!

22 Mei 2024 - 21:23 WIB

Ini Bedanya Edema Paru Dan Pneumonia

Anak-anak Juga Bisa Kena Bidai Tulang Kering? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

22 Mei 2024 - 19:52 WIB

Enggak Hanya Atlet Dewasa Anak Anak Juga Bisa Kena Bidai Tulang Kering

Sejarah Ebola: Wabah Mematikan dan Harapan Baru

22 Mei 2024 - 18:42 WIB

Perkembangan Ebola Dari Masa Ke Masa

Terungkap! Rahasia Tidur Berjalan yang Mengancam Nyawa Anda

22 Mei 2024 - 17:21 WIB

Jangan Disepelekan Gangguan Tidur Berjalan Bisa Bahayakan Nyawa

Rahasia Diet Ampuh Pasca Liburan, Dijamin Ampuh!

22 Mei 2024 - 17:01 WIB

Masuk Kantor Setelah Liburan Coba 7 Cara Diet Sehat Ini

Konsumsi Gluten Berlebih: Waspada Penyakit Celiac Mengintai!

22 Mei 2024 - 15:28 WIB

Konsumsi Berlebihan Makanan Mengandung Gluten Bisa Picu Penyakit Celiac
Trending di Headline