Terungkap! Alasan Medis Kenapa Gatal Biduran Dilarang Keras Digaruk

waktu baca 4 menit
Rabu, 22 Mei 2024 21:58 0 8 Kinara

Terungkap! Alasan Medis Kenapa Gatal Biduran Dilarang Keras Digaruk


Ligaponsel.com – Gatal-gatal karena biduran memang menyebalkan. Tapi, tahan dulu keinginan untuk menggaruknya! Kenapa? Soalnya, ada beberapa alasan kenapa gatal biduran nggak boleh digaruk.

Pertama, menggaruk biduran bisa memperparah gatalnya. Saat kamu menggaruk, kamu akan mengiritasi kulit dan melepaskan histamin, zat yang menyebabkan rasa gatal. Jadi, bukannya meredakan gatal, menggaruk malah akan membuat kulitmu semakin gatal.

Kedua, menggaruk biduran bisa menyebabkan infeksi. Saat kamu menggaruk, kamu bisa membuat luka kecil di kulit. Luka-luka ini bisa menjadi jalan masuk bagi bakteri dan virus, sehingga menyebabkan infeksi.

Ketiga, menggaruk biduran bisa memperpanjang waktu penyembuhan. Saat kamu menggaruk, kamu akan merusak kulit dan memperlambat proses penyembuhan. Jadi, daripada menggaruk biduran, lebih baik kamu mencari cara lain untuk meredakan gatalnya, seperti mengompres dingin atau mandi air hangat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan kenapa gatal biduran nggak boleh digaruk. Jadi, tahan dulu ya keinginan untuk menggaruknya. Ingat, menggaruk biduran hanya akan memperparah gatalnya dan memperpanjang waktu penyembuhan.

Ini Alasan Gatal Biduran Enggak Boleh Digaruk

Gatal biduran memang menyebalkan. Tapi, jangan digaruk! Soalnya, ada 5 alasan penting kenapa gatal biduran nggak boleh digaruk:

  1. memperparah gatal
  2. memperpanjang waktu penyembuhan
  3. merusak kulit
  4. menyebabkan infeksi
  5. meninggalkan bekas luka

Jadi, daripada menggaruk biduran, lebih baik lakukan cara lain untuk meredakan gatalnya, seperti mengompres dingin atau mandi air hangat. Dengan menghindari menggaruk biduran, kamu bisa mempercepat proses penyembuhan dan mencegah masalah kulit lainnya.

Memperparah gatal

Alasan pertama kenapa gatal biduran nggak boleh digaruk adalah karena bisa memperparah gatalnya. Saat kamu menggaruk biduran, kamu akan mengiritasi kulit dan melepaskan histamin, zat yang menyebabkan rasa gatal. Jadi, bukannya meredakan gatal, menggaruk malah akan membuat kulitmu semakin gatal.

Bayangkan saja, saat kamu digigit nyamuk, pasti kamu langsung refleks menggaruknya. Tapi, apa yang terjadi? Gatalnya malah semakin menjadi-jadi, kan? Nah, sama halnya dengan biduran. Menggaruknya hanya akan membuat gatalnya semakin parah dan membuatmu semakin tidak nyaman.

memperpanjang waktu penyembuhan

Alasan kedua kenapa gatal biduran nggak boleh digaruk adalah karena bisa memperpanjang waktu penyembuhan. Saat kamu menggaruk biduran, kamu akan merusak kulit dan memperlambat proses penyembuhan. Jadi, daripada menggaruk biduran, lebih baik kamu mencari cara lain untuk meredakan gatalnya, seperti mengompres dingin atau mandi air hangat.

Bayangkan saja, kalau kamu punya luka di kaki, pasti kamu nggak akan sengaja menggaruknya, kan? Karena kamu tahu kalau menggaruk luka hanya akan memperparah lukanya dan membuat proses penyembuhannya lebih lama. Nah, sama halnya dengan biduran. Menggaruknya hanya akan membuat kulitmu semakin rusak dan memperpanjang waktu penyembuhannya.

merusak kulit

Alasan ketiga kenapa gatal biduran nggak boleh digaruk adalah karena bisa merusak kulit. Saat kamu menggaruk biduran, kamu akan mengikis lapisan pelindung kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi. Selain itu, menggaruk biduran juga bisa menyebabkan jaringan parut.

Bayangkan saja, kalau kamu punya baju kesayangan yang terbuat dari kain halus. Pasti kamu nggak akan sengaja menggaruknya, kan? Karena kamu tahu kalau menggaruk baju kesayanganmu hanya akan merusak kainnya. Nah, sama halnya dengan kulitmu. Menggaruk biduran hanya akan merusak kulitmu dan membuatnya lebih rentan terhadap masalah kulit lainnya.

menyebabkan infeksi

Alasan keempat kenapa gatal biduran nggak boleh digaruk adalah karena bisa menyebabkan infeksi. Saat kamu menggaruk biduran, kamu bisa membuat luka kecil di kulit. Luka-luka ini bisa menjadi jalan masuk bagi bakteri dan virus, sehingga menyebabkan infeksi.

Bayangkan saja, kalau kamu punya luka di tangan, pasti kamu nggak akan sengaja menggaruknya, kan? Karena kamu tahu kalau menggaruk luka hanya akan membuat lukanya semakin parah dan rentan infeksi. Nah, sama halnya dengan biduran. Menggaruk biduran hanya akan membuat kulitmu semakin rusak dan rentan terhadap infeksi.

meninggalkan bekas luka

Alasan kelima dan terakhir kenapa gatal biduran nggak boleh digaruk adalah karena bisa meninggalkan bekas luka. Saat kamu menggaruk biduran, kamu bisa merusak jaringan kulit dan menyebabkan jaringan parut.

Bayangkan saja, kalau kamu punya baju kesayangan yang terbuat dari kain halus. Pasti kamu nggak akan sengaja menggaruknya, kan? Karena kamu tahu kalau menggaruk baju kesayanganmu hanya akan merusak kainnya dan meninggalkan bekas. Nah, sama halnya dengan kulitmu. Menggaruk biduran hanya akan merusak kulitmu dan berpotensi meninggalkan bekas luka yang permanen.