Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Headline · 11 Mei 2024 01:47 WIB · Waktu Baca

Terungkap! 5 Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur yang Jarang Diketahui

Inilah 5 Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur Perbesar


Terungkap! 5 Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur yang Jarang Diketahui

Ligaponsel.com – Pusing saat bangun tidur adalah hal yang umum terjadi dan biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika pusing saat bangun tidur sering terjadi atau disertai gejala lain, bisa jadi merupakan tanda adanya masalah kesehatan yang mendasarinya.

Berikut adalah 5 penyebab umum pusing saat bangun tidur:


1. Hipotensi ortostatik
Hipotensi ortostatik adalah kondisi ketika tekanan darah turun secara tiba-tiba saat berdiri. Hal ini dapat menyebabkan pusing, pandangan kabur, dan bahkan pingsan. Hipotensi ortostatik dapat disebabkan oleh dehidrasi, kurang tidur, atau obat-obatan tertentu.

2. Anemia
Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan, sesak napas, dan pusing. Anemia dapat disebabkan oleh kehilangan darah, kekurangan zat besi, atau vitamin B12.

3. Hipoglikemia
Hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula darah turun terlalu rendah. Hal ini dapat menyebabkan pusing, gemetar, dan berkeringat. Hipoglikemia dapat disebabkan oleh diabetes, kelaparan, atau konsumsi alkohol yang berlebihan.

4. Vertigo
Vertigo adalah sensasi pusing atau berputar yang sering disertai dengan mual dan muntah. Vertigo dapat disebabkan oleh masalah pada telinga bagian dalam, seperti infeksi atau gangguan keseimbangan.

5. Gangguan tidur
Gangguan tidur, seperti insomnia atau apnea tidur, dapat menyebabkan pusing saat bangun tidur. Hal ini karena gangguan tidur dapat mengganggu kualitas tidur dan menyebabkan kelelahan.

Jika Anda sering mengalami pusing saat bangun tidur, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik, tes darah, atau tes lainnya untuk menentukan penyebab pusing Anda dan memberikan pengobatan yang tepat.

Inilah 5 Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

Bangun tidur seharusnya membuat kita segar dan siap beraktivitas, tapi bagaimana jika justru pusing yang menghampiri? Jangan khawatir, berikut 5 penyebab umum pusing saat bangun tidur yang perlu kamu ketahui:

  • Hipotensi ortostatik
  • Anemia
  • Hipoglikemia
  • Vertigo
  • Gangguan tidur

Jangan anggap sepele pusing saat bangun tidur, bisa jadi itu pertanda masalah kesehatan yang lebih serius. Yuk, kenali penyebabnya dan segera konsultasikan ke dokter jika pusingmu tak kunjung reda.

Hipotensi ortostatik

Pernah nggak sih kamu merasa pusing atau pandangan berkunang-kunang saat berdiri setelah duduk atau berbaring? Nah, itu namanya hipotensi ortostatik. Kondisi ini terjadi ketika tekanan darah turun secara tiba-tiba saat kamu mengubah posisi tubuh.

Hipotensi ortostatik bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti dehidrasi, kurang tidur, atau efek samping obat-obatan tertentu. Biasanya, pusing akibat hipotensi ortostatik akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa menit. Namun, jika kamu sering mengalaminya, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Anemia

Kamu pasti pernah dengar istilah anemia, kan? Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Sel darah merah berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jadi, kalau kamu anemia, tubuhmu nggak akan mendapatkan cukup oksigen, deh!

Anemia bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kekurangan zat besi, vitamin B12, atau asam folat. Selain itu, anemia juga bisa disebabkan oleh penyakit kronis, seperti penyakit ginjal atau kanker.

Gejala anemia yang paling umum adalah lemas, pucat, dan pusing saat bangun tidur. Kalau kamu mengalami gejala-gejala ini, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk memastikan apakah kamu anemia atau tidak. Anemia bisa diobati dengan cara mengatasi penyebabnya, seperti mengonsumsi suplemen zat besi atau vitamin B12.

Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula darah dalam tubuh turun drastis. Biasanya, hipoglikemia terjadi pada penderita diabetes yang menggunakan insulin atau obat penurun gula darah lainnya.

Gejala hipoglikemia bisa berupa pusing, gemetaran, keringat dingin, dan jantung berdebar-debar. Jika kadar gula darah terus menurun, hipoglikemia bisa menyebabkan kejang, koma, bahkan kematian.

Untuk mengatasi hipoglikemia, penderita diabetes bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, seperti permen, jus buah, atau air gula. Jika hipoglikemia terjadi berulang kali, penderita diabetes perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menyesuaikan dosis obat atau pola makannya.

Vertigo

Pernah nggak sih kamu merasa dunia berputar atau oleng saat bangun tidur? Nah, itu namanya vertigo! Vertigo adalah sensasi pusing yang biasanya disertai dengan mual dan muntah.

Vertigo bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi telinga bagian dalam, gangguan keseimbangan, atau efek samping obat-obatan tertentu. Vertigo biasanya tidak berbahaya, tapi bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi vertigo, dokter biasanya akan memberikan obat-obatan untuk meredakan gejala. Selain itu, dokter juga mungkin akan menyarankan beberapa latihan khusus untuk membantu memperbaiki keseimbangan.

Gangguan tidur

Kurang tidur atau gangguan tidur lainnya, seperti insomnia atau sleep apnea, bisa bikin kamu pusing saat bangun tidur. Soalnya, kurang tidur itu bikin kualitas tidur kita jelek, deh. Akibatnya, kita jadi capek dan pusing pas bangun tidur.

Nah, kalau kamu sering pusing saat bangun tidur gara-gara gangguan tidur, coba deh perbaiki pola tidurmu. Tidurlah yang cukup, sekitar 7-9 jam setiap malam. Hindari begadang dan usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, meskipun di akhir pekan.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terungkap! Inilah Rahasia Nyeri Punggung Saat Menstruasi

24 Mei 2024 - 14:58 WIB

Ini Alasan Datang Bulan Bikin Nyeri Punggung

Nyeri Punggung Akibat Nyetir Lama? Ini Solusinya!

24 Mei 2024 - 13:59 WIB

Kelamaan Nyetir Ini 9 Cara Atasi Nyeri Punggung

Temukan Rahasia Mengatasi Nyeri Punggung yang Membingungkan!

24 Mei 2024 - 12:55 WIB

Nyeri Punggung Bikin Bingung Coba Kenali Penyebabnya

Si Kecil Batuk Menggonggong? Hati-hati Croup!

24 Mei 2024 - 12:16 WIB

Si Kecil Mengidap Croup Ibu Harus Apa

Mengenali CTS: Gejala yang Tak Boleh Dilewatkan, Solusi Tepat di Tangan Anda!

24 Mei 2024 - 10:44 WIB

Inilah Cara Mudah Mengenali Gejala Carpal Tunnel Syndrome

Waspadalah! Penyakit Crohn Bisa Picu 5 Komplikasi Mencengangkan

24 Mei 2024 - 09:39 WIB

Hati Hati Crohn S Disease Bisa Sebabkan 5 Komplikasi Ini
Trending di Headline