Menu

Mode Gelap
Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece! Kamera Samsung Galaxy A35: Rahasia Fotografi Kuliner yang Lezat Terungkap! Adu Canggih Samsung Galaxy A54 Vs A55, Mana yang Terbaik? Duel Sengit Samsung Galaxy S23 Plus vs S23 Ultra: Mana yang Terbaik? Adu Spesifikasi: Duel Sengit Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana yang Lebih Unggul? Daftar HP Samsung yang Tak Kebagian Update One UI 6.1, Bersabarlah, Ini Cobaan!

Headline · 9 Mei 2024 10:44 WIB · Waktu Baca

Waspada Gejala Retinoblastoma, Kanker Mata Anak yang Sulit Terdeteksi

Sulit Dideteksi Dini Kenali Gejala Retinoblastoma Yang Sering Dialami Anak Perbesar


Waspada Gejala Retinoblastoma, Kanker Mata Anak yang Sulit Terdeteksi

Ligaponsel.com – Sulit Dideteksi Dini, Kenali Gejala Retinoblastoma yang Sering Dialami Anak

Retinoblastoma adalah jenis kanker mata yang terjadi pada anak-anak. Kanker ini terbentuk di retina, bagian mata yang berfungsi untuk melihat. Retinoblastoma merupakan jenis kanker mata yang paling umum terjadi pada anak-anak, dan dapat terjadi pada satu atau kedua mata.

Gejala retinoblastoma seringkali sulit dideteksi pada tahap awal. Namun, ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai, antara lain:

  • Leukokoria, yaitu kondisi di mana pupil mata tampak putih
  • Strabismus, yaitu kondisi di mana mata juling
  • Proptosis, yaitu kondisi di mana mata menonjol keluar
  • Nyeri mata atau kepala
  • Penurunan penglihatan

Jika Anda melihat gejala-gejala tersebut pada anak Anda, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Diagnosis retinoblastoma dapat ditegakkan melalui pemeriksaan mata, USG mata, dan biopsi.

Pengobatan retinoblastoma tergantung pada stadium kanker dan lokasi tumor. Beberapa pilihan pengobatan yang umum dilakukan antara lain kemoterapi, radiasi, dan operasi pengangkatan mata.

Retinoblastoma dapat disembuhkan jika terdeteksi dan diobati sejak dini. Oleh karena itu, penting untuk mewaspadai gejala-gejala retinoblastoma dan segera konsultasikan ke dokter mata jika Anda melihat gejala tersebut pada anak Anda.

Sumber:

  • American Academy of Ophthalmology
  • American Cancer Society

Sulit Dideteksi Dini, Kenali Gejala Retinoblastoma yang Sering Dialami Anak

Retinoblastoma, kanker mata pada anak yang sulit dideteksi dini. Namun, ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai. Yuk, kenali 5 gejala retinoblastoma yang sering dialami anak!

  1. Leukokoria: Pupil mata tampak putih
  2. Strabismus: Mata juling
  3. Proptosis: Mata menonjol keluar
  4. Nyeri: Nyeri pada mata atau kepala
  5. Penglihatan menurun

Jika Anda melihat gejala-gejala tersebut pada anak Anda, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Deteksi dini retinoblastoma sangat penting untuk keberhasilan pengobatan.

Leukokoria

Leukokoria adalah kondisi di mana pupil mata tampak putih. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah retinoblastoma.

Jika Anda melihat pupil mata anak Anda tampak putih, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Strabismus

Strabismus, atau mata juling, adalah kondisi di mana kedua mata tidak sejajar sehingga tampak juling. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah retinoblastoma.

Jika Anda melihat mata anak Anda juling, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Proptosis

Proptosis, atau mata menonjol keluar, adalah kondisi di mana bola mata terdorong ke depan sehingga tampak menonjol. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah retinoblastoma.

Jika Anda melihat mata anak Anda menonjol keluar, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Nyeri

Selain gejala-gejala yang disebutkan sebelumnya, nyeri pada mata atau kepala juga bisa menjadi gejala retinoblastoma. Nyeri ini biasanya bersifat terus-menerus dan tidak membaik dengan obat pereda nyeri biasa.

Jika anak Anda mengalami nyeri pada mata atau kepala, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Penglihatan menurun

Selain gejala-gejala yang disebutkan sebelumnya, penurunan penglihatan juga bisa menjadi gejala retinoblastoma. Penurunan penglihatan ini biasanya terjadi secara bertahap dan tidak membaik dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak.

Jika anak Anda mengalami penurunan penglihatan, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Gatal Malam Hari? Hati-hati, Bisa Jadi Penyakit Kuning!

19 Mei 2024 - 12:26 WIB

Badan Gatal Pada Sore Dan Malam Hari Jangan Jangan Penyakit Kuning

Fakta Mengejutkan! Plasenta Akreta yang Berbahaya

19 Mei 2024 - 12:18 WIB

Fakta Plasenta Akreta Penyebab Plasenta Tidak Terlepas Setelah Persalinan

Gejala Preeklamsia yang Tak Biasa Diketahui Ibu Hamil

19 Mei 2024 - 09:59 WIB

Ini Gejala Dan Cara Mengatasi Preeklamsia Pada Ibu Hamil

Rahasia Menakjubkan: Penyebab & Solusi Penyakit Meniere Terungkap

19 Mei 2024 - 09:46 WIB

Inilah Penyebab Meniere Dan Cara Mengatasinya

Waspadai Makanan Terlarang untuk Hindari Perburukan Perdarahan Otak

19 Mei 2024 - 07:50 WIB

Deretan Makanan Yang Dilarang Untuk Pengidap Perdarahan Subarachnoid

Rahasia Terbongkar! Inilah Perbedaan Perlemakan Hati yang Tak Terduga

19 Mei 2024 - 07:20 WIB

Ini Perbedaan Perlemakan Hati Alkohol Dengan Perlemakan Hati Non Alkohol
Trending di Headline