Menu

Mode Gelap
Samsung A55 5G Turun Harga! Spesifikasi Gadis, Kamera Saingi iPhone 13? Bocoran Samsung S24: AI Canggih, Harga Terjangkau? Mata Anti Lelah? Samsung A Series AMOLED Cuma 2 Jutaan! Samsung M15 5G: Benarkah HP 2 Jutaan Terbaik? [Review Jujur] Harga Galaxy A33 5G Anjlok! Masih Worth It di 2023? Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa!

Headline · 9 Mei 2024 10:44 WIB · Waktu Baca

Waspada Gejala Retinoblastoma, Kanker Mata Anak yang Sulit Terdeteksi

Sulit Dideteksi Dini Kenali Gejala Retinoblastoma Yang Sering Dialami Anak Perbesar

Sulit Dideteksi Dini Kenali Gejala Retinoblastoma Yang Sering Dialami Anak

Waspada Gejala Retinoblastoma, Kanker Mata Anak yang Sulit Terdeteksi

Ligaponsel.com – Sulit Dideteksi Dini, Kenali Gejala Retinoblastoma yang Sering Dialami Anak

Retinoblastoma adalah jenis kanker mata yang terjadi pada anak-anak. Kanker ini terbentuk di retina, bagian mata yang berfungsi untuk melihat. Retinoblastoma merupakan jenis kanker mata yang paling umum terjadi pada anak-anak, dan dapat terjadi pada satu atau kedua mata.

Gejala retinoblastoma seringkali sulit dideteksi pada tahap awal. Namun, ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai, antara lain:

  • Leukokoria, yaitu kondisi di mana pupil mata tampak putih
  • Strabismus, yaitu kondisi di mana mata juling
  • Proptosis, yaitu kondisi di mana mata menonjol keluar
  • Nyeri mata atau kepala
  • Penurunan penglihatan

Jika Anda melihat gejala-gejala tersebut pada anak Anda, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Diagnosis retinoblastoma dapat ditegakkan melalui pemeriksaan mata, USG mata, dan biopsi.

Pengobatan retinoblastoma tergantung pada stadium kanker dan lokasi tumor. Beberapa pilihan pengobatan yang umum dilakukan antara lain kemoterapi, radiasi, dan operasi pengangkatan mata.

Retinoblastoma dapat disembuhkan jika terdeteksi dan diobati sejak dini. Oleh karena itu, penting untuk mewaspadai gejala-gejala retinoblastoma dan segera konsultasikan ke dokter mata jika Anda melihat gejala tersebut pada anak Anda.

Sumber:

  • American Academy of Ophthalmology
  • American Cancer Society

Sulit Dideteksi Dini, Kenali Gejala Retinoblastoma yang Sering Dialami Anak

Retinoblastoma, kanker mata pada anak yang sulit dideteksi dini. Namun, ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai. Yuk, kenali 5 gejala retinoblastoma yang sering dialami anak!

  1. Leukokoria: Pupil mata tampak putih
  2. Strabismus: Mata juling
  3. Proptosis: Mata menonjol keluar
  4. Nyeri: Nyeri pada mata atau kepala
  5. Penglihatan menurun

Jika Anda melihat gejala-gejala tersebut pada anak Anda, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Deteksi dini retinoblastoma sangat penting untuk keberhasilan pengobatan.

Leukokoria

Leukokoria adalah kondisi di mana pupil mata tampak putih. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah retinoblastoma.

Jika Anda melihat pupil mata anak Anda tampak putih, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Strabismus

Strabismus, atau mata juling, adalah kondisi di mana kedua mata tidak sejajar sehingga tampak juling. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah retinoblastoma.

Jika Anda melihat mata anak Anda juling, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Proptosis

Proptosis, atau mata menonjol keluar, adalah kondisi di mana bola mata terdorong ke depan sehingga tampak menonjol. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah retinoblastoma.

Jika Anda melihat mata anak Anda menonjol keluar, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Nyeri

Selain gejala-gejala yang disebutkan sebelumnya, nyeri pada mata atau kepala juga bisa menjadi gejala retinoblastoma. Nyeri ini biasanya bersifat terus-menerus dan tidak membaik dengan obat pereda nyeri biasa.

Jika anak Anda mengalami nyeri pada mata atau kepala, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Penglihatan menurun

Selain gejala-gejala yang disebutkan sebelumnya, penurunan penglihatan juga bisa menjadi gejala retinoblastoma. Penurunan penglihatan ini biasanya terjadi secara bertahap dan tidak membaik dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak.

Jika anak Anda mengalami penurunan penglihatan, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Lego dari Luar Angkasa? Temukan Rahasianya!

1 Juli 2024 - 06:20 WIB

Asteroid Apophis Mendekat: Penemuan Menggemparkan Tahun 2029?

1 Juli 2024 - 06:16 WIB

Asteroid: Ancaman atau Harapan? Ungkap Rahasianya di Hari Asteroid Internasional!

1 Juli 2024 - 06:07 WIB

Akhir Era ISS 2030: Rahasia & Penemuan Terungkap

1 Juli 2024 - 06:07 WIB

FOTO: SpaceX Luncurkan Satelit Cuaca NASA, Misi Prediksi Masa Depan?

1 Juli 2024 - 05:59 WIB

Psst! [QUIZ] Ungkap Sisi Introvertmu (5 Menit!)

1 Juli 2024 - 05:56 WIB

Trending di Headline