Menu

Mode Gelap
Samsung A55 5G Turun Harga! Spesifikasi Gadis, Kamera Saingi iPhone 13? Bocoran Samsung S24: AI Canggih, Harga Terjangkau? Mata Anti Lelah? Samsung A Series AMOLED Cuma 2 Jutaan! Samsung M15 5G: Benarkah HP 2 Jutaan Terbaik? [Review Jujur] Harga Galaxy A33 5G Anjlok! Masih Worth It di 2023? Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa!

Health · 3 Mei 2024 04:08 WIB · Waktu Baca

Rahasia Mengatasi Sariawan Bayi Tanpa Obat, Temuan Baru!

Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi Tanpa Obat Perbesar

Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi Tanpa Obat

Rahasia Mengatasi Sariawan Bayi Tanpa Obat, Temuan Baru!

Sariawan merupakan masalah umum yang dapat menyerang bayi. Kondisi ini dapat menyebabkan bayi merasa tidak nyaman, rewel, dan sulit makan. Jika dibiarkan, sariawan juga dapat memperburuk kondisi kesehatan bayi. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara mengatasi sariawan pada bayi tanpa obat? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba:

Bersihkan mulut bayi secara teratur. Anda dapat menggunakan kain kasa bersih yang dibasahi air hangat untuk membersihkan mulut bayi. Lakukan ini beberapa kali sehari, terutama setelah bayi makan atau minum. Membersihkan mulut bayi dapat membantu menghilangkan sisa makanan atau susu yang menempel pada mulut bayi, sehingga mencegah pertumbuhan bakteri penyebab sariawan.

Berikan ASI atau susu formula yang cukup. ASI dan susu formula mengandung antibodi yang dapat membantu melawan infeksi penyebab sariawan. Selain itu, ASI juga mengandung faktor pertumbuhan yang dapat membantu mempercepat penyembuhan sariawan.

Hindari memberikan makanan atau minuman manis. Makanan atau minuman manis dapat memperburuk sariawan karena dapat menyediakan makanan bagi bakteri penyebab sariawan.

Gunakan obat kumur khusus bayi. Jika sariawan pada bayi tidak kunjung sembuh, Anda dapat mencoba menggunakan obat kumur khusus bayi. Obat kumur ini biasanya mengandung bahan-bahan alami yang dapat membantu mengatasi sariawan, seperti chamomile atau lidah buaya.

Bawa bayi ke dokter. Jika sariawan pada bayi tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari, atau jika sariawan disertai gejala lain seperti demam atau ruam, segera bawa bayi ke dokter. Dokter akan memberikan pengobatan yang tepat untuk mengatasi sariawan pada bayi.

Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi Tanpa Obat

Sariawan pada bayi bisa diatasi tanpa obat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya:

  • Bersihkan mulut bayi
  • Hindari makanan manis
  • Berikan ASI/susu formula
  • Obat kumur khusus bayi

Cara-cara tersebut dapat membantu mengatasi sariawan pada bayi tanpa harus menggunakan obat. Namun, jika sariawan tidak kunjung sembuh atau disertai gejala lain, segera konsultasikan ke dokter.

Bersihkan mulut bayi

Salah satu cara mengatasi sariawan pada bayi tanpa obat adalah dengan membersihkan mulut bayi secara teratur. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kain kasa bersih yang dibasahi air hangat. Bersihkan mulut bayi beberapa kali sehari, terutama setelah bayi makan atau minum. Membersihkan mulut bayi dapat membantu menghilangkan sisa makanan atau susu yang menempel pada mulut bayi, sehingga mencegah pertumbuhan bakteri penyebab sariawan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jari tangan yang bersih untuk membersihkan mulut bayi. Pastikan kuku Anda pendek dan bersih sebelum menyentuh mulut bayi. Pijat lembut gusi bayi dengan jari Anda untuk membantu menghilangkan sisa makanan atau susu yang menempel.

Hindari makanan manis

Makanan manis dapat memperburuk sariawan karena dapat menyediakan makanan bagi bakteri penyebab sariawan. Oleh karena itu, hindari memberikan makanan atau minuman manis kepada bayi yang sedang mengalami sariawan.

Makanan dan minuman manis yang harus dihindari antara lain:

  • Permen
  • Cokelat
  • Biskuit manis
  • Jus buah
  • Susu kental manis

Sebagai gantinya, berikan bayi makanan dan minuman yang sehat, seperti:

  • ASI atau susu formula
  • Buah-buahan segar
  • Sayuran
  • Air putih

Berikan ASI/susu formula

Selain membersihkan mulut bayi dan menghindari makanan manis, cara lain mengatasi sariawan pada bayi tanpa obat adalah dengan memberikan ASI atau susu formula secara cukup.

ASI dan susu formula mengandung antibodi yang dapat membantu melawan infeksi penyebab sariawan. Selain itu, ASI juga mengandung faktor pertumbuhan yang dapat membantu mempercepat penyembuhan sariawan.

Obat kumur khusus bayi

Jika sariawan pada bayi tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari, Anda dapat mencoba menggunakan obat kumur khusus bayi.

Obat kumur ini biasanya mengandung bahan-bahan alami yang dapat membantu mengatasi sariawan, seperti chamomile atau lidah buaya.

Untuk menggunakan obat kumur khusus bayi, ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk.

Jangan gunakan obat kumur khusus bayi pada bayi yang berusia di bawah 6 bulan.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Vaksin Influenza Gratis di Bandung: Cek Lokasinya!

1 Juli 2024 - 09:15 WIB

Waspada! Mental Buruk Ancam Remaja Kena Stroke 3x Lipat

1 Juli 2024 - 09:13 WIB

Stroke Mengintai di Usia Muda? Kenali Tandanya, Selamatkan Masa Depan!

1 Juli 2024 - 09:05 WIB

Flu Burung Serang Sapi di AS, Ancaman Baru Bagi Manusia?

1 Juli 2024 - 09:04 WIB

Mendesak Dibaca! 7 Fakta Vitiligo: Penyebab, Perawatan & Dukungan

1 Juli 2024 - 08:59 WIB

Cegah Kanker Hanya Dengan 5 Menit Sehari? Temukan Rahasianya!

1 Juli 2024 - 08:54 WIB

Trending di Health