Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Health · 2 Mei 2024 16:49 WIB · Waktu Baca

Temukan Obat Batu Ginjal yang Tepat, Bebas dari Rasa Sakit!

Berbagai Obat Batu Ginjal Sesuai Jenisnya Perbesar


Temukan Obat Batu Ginjal yang Tepat, Bebas dari Rasa Sakit!

Berbagai Macam Obat Batu Ginjal Sesuai Jenisnya

Batu ginjal adalah endapan keras yang terbentuk di ginjal ketika kadar mineral dan garam dalam urine terlalu tinggi. Batu-batu ini dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa saat melewati saluran kemih. Ada berbagai jenis obat yang dapat digunakan untuk mengobati batu ginjal, tergantung pada jenis batu dan tingkat keparahannya.

Jenis Batu Ginjal

Batu kalsium: Jenis batu ginjal yang paling umum, terbentuk dari kalsium dan oksalat atau fosfat. Batu struvit: Terbentuk dari amonium, magnesium, dan fosfat. Batu asam urat: Terbentuk dari asam urat, produk limbah yang dihasilkan ketika tubuh memecah purin. Batu sistin: Terbentuk dari sistin, asam amino yang ditemukan dalam urine.

Obat Batu Ginjal

Obat Pereda Nyeri: Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen atau naproxen dapat membantu meredakan nyeri yang disebabkan oleh batu ginjal. Alpha-Blocker: Obat-obatan seperti tamsulosin atau alfuzosin dapat membantu mengendurkan otot-otot di saluran kemih, sehingga memudahkan batu untuk lewat. Penghambat Kalsium: Obat-obatan seperti thiazide atau spironolactone dapat membantu mengurangi kadar kalsium dalam urine, yang dapat mencegah pembentukan batu kalsium. Pengikat Fosfat: Obat-obatan seperti sevelamer atau lanthanum karbonat dapat mengikat fosfat dalam usus, yang dapat mencegah pembentukan batu struvit. Penghambat Asam Urat: Obat-obatan seperti allopurinol atau febuxostat dapat menurunkan kadar asam urat dalam urine, yang dapat mencegah pembentukan batu asam urat. Operasi: Dalam beberapa kasus, operasi mungkin diperlukan untuk mengangkat batu ginjal yang terlalu besar atau yang tidak dapat dikeluarkan dengan obat-obatan.

Pencegahan Batu Ginjal

Minum banyak cairan, terutama air. Kurangi asupan makanan tinggi oksalat, seperti bayam, kacang-kacangan, dan cokelat. Batasi asupan natrium. Kurangi konsumsi protein hewani. Jaga berat badan yang sehat.

Jika Anda mengalami gejala batu ginjal, seperti nyeri hebat di samping atau punggung, darah dalam urine, atau kesulitan buang air kecil, segera temui dokter.

Berbagai Obat Batu Ginjal Sesuai Jenisnya

Jenis batu ginjal, cara kerja obat, pencegahan, gejala, pengobatan.

Mengetahui jenis batu ginjal penting untuk pengobatan yang tepat. Obat bekerja dengan berbagai cara, dari pereda nyeri hingga pencegahan pembentukan batu. Pencegahan sangat penting untuk menghindari kekambuhan. Gejala batu ginjal bisa parah, jadi penting untuk mencari pengobatan jika mengalaminya. Pengobatan bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran batu.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health