Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Health · 2 Mei 2024 11:50 WIB · Waktu Baca

Rahasia Jaga Berat Badan Saat Lebaran, Dijamin Berhasil!

8 Tips Menjaga Berat Badan Saat Lebaran Perbesar


Rahasia Jaga Berat Badan Saat Lebaran, Dijamin Berhasil!

8 Tips Menjaga Berat Badan Saat Lebaran Lebaran merupakan momen yang identik dengan berbagai hidangan lezat. Namun, bagi yang sedang menjaga berat badan, momen ini bisa menjadi tantangan tersendiri. Supaya berat badan tetap terjaga, berikut 8 tips yang bisa kamu ikuti:1. Batasi Konsumsi Makanan Manis dan Berlemak: Hindari makanan manis seperti kue, permen, dan minuman bersoda. Batasi juga konsumsi makanan berlemak seperti gorengan dan bersantan.2. Makan dengan Porsi Kecil: Gunakan piring kecil saat makan dan isi dengan porsi yang lebih sedikit. Cara ini membantu kamu merasa kenyang lebih cepat dan mencegah makan berlebihan.3. Pilih Hidangan Sehat: Prioritaskan konsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak. Hidangan ini mengenyangkan dan rendah kalori.4. Minum Air Putih yang Cukup: Minum air putih yang cukup sebelum dan sesudah makan. Air putih membantu mengisi perut dan mengurangi rasa lapar.5. Hindari Makan Larut Malam: Makan larut malam dapat mengganggu metabolisme dan menyebabkan penambahan berat badan. Usahakan untuk makan malam setidaknya 3 jam sebelum tidur.6. Tetap Aktif: Walaupun sedang libur Lebaran, tetap sempatkan untuk berolahraga. Jalan kaki, berenang, atau bersepeda bisa menjadi pilihan aktivitas yang menyenangkan.7. Tidur yang Cukup: Tidur yang cukup penting untuk mengatur hormon lapar dan nafsu makan. Usahakan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam.8. Jangan Tergoda Promosi Diskon: Saat Lebaran, banyak pusat perbelanjaan menawarkan diskon besar-besaran. Hindari tergiur untuk membeli makanan atau minuman dalam jumlah banyak hanya karena diskon.Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa tetap menjaga berat badan selama Lebaran tanpa harus melewatkan hidangan lezat yang tersaji. Selamat merayakan Lebaran dan tetap sehat!

8 Tips Menjaga Berat Badan Saat Lebaran

Lebaran identik dengan aneka hidangan lezat. Tapi, jangan sampai kuliner menggoda ini merusak berat badan kita. Yuk, simak 8 tips menjaga berat badan saat Lebaran berikut:

  • Batasi Manis & Berlemak
  • Makan Porsi Kecil
  • Pilih Hidangan Sehat
  • Minum Air Putih Cukup
  • Hindari Makan Larut Malam

Selain itu, jangan lupa untuk tetap aktif bergerak dan cukup tidur. Kedua hal ini penting untuk menjaga metabolisme tubuh dan mencegah penambahan berat badan.

Dengan mengikuti tips di atas, kita bisa tetap menikmati Lebaran tanpa khawatir berat badan naik. Selamat merayakan Lebaran, tetap sehat, dan tetap semangat menjaga berat badan!

Batasi Manis & Berlemak

Lebaran identik dengan aneka kuliner lezat. Tapi, jangan sampai kuliner menggoda ini merusak berat badan kita. Yuk, simak 8 tips menjaga berat badan saat Lebaran berikut:

Tips pertama, batasi konsumsi makanan manis dan berlemak. Kue, permen, minuman bersoda, gorengan, dan makanan bersantan bisa bikin berat badan naik drastis. Ganti makanan-makanan tersebut dengan buah-buahan dan sayur-sayuran yang lebih sehat.

Makan Porsi Kecil

Tips kedua, makan dengan porsi kecil. Saat Lebaran, kita cenderung kalap makan karena banyaknya hidangan lezat yang tersaji. Supaya berat badan tidak naik, gunakan piring kecil saat makan dan isi dengan porsi yang lebih sedikit. Dengan cara ini, kita bisa merasa kenyang lebih cepat dan mencegah makan berlebihan.

Selain itu, usahakan untuk makan perlahan dan nikmati setiap suapan. Makan terburu-buru bisa membuat kita makan lebih banyak dari yang dibutuhkan.

Makan dengan porsi kecil dan perlahan juga bisa membantu kita lebih mindful dalam makan. Kita jadi lebih menyadari apa yang kita makan dan berapa banyak yang kita makan. Dengan begitu, kita bisa menghindari makan emosional dan makan berlebihan.

Pilih Hidangan Sehat

Tips ketiga, pilih hidangan sehat . Saat Lebaran, banyak tersedia makanan berlemak dan berkalori tinggi. Supaya berat badan tetap terjaga, prioritaskan konsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak. Hidangan ini mengenyangkan dan rendah kalori .

Beberapa contoh hidangan sehat yang bisa dikonsumsi saat Lebaran antara lain:

  • Sayur lodeh
  • Gado-gado
  • Capcay
  • Buah-buahan segar
  • Daging ayam atau ikan bakar

Dengan memilih hidangan sehat, kita bisa tetap menikmati Lebaran tanpa khawatir berat badan naik.

Minum Air Putih Cukup

Saat Lebaran, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. Air putih membantu mengisi perut dan mengurangi rasa lapar. Selain itu, air putih juga melancarkan metabolisme dan membuang racun dari dalam tubuh.

Jadi, pastikan untuk selalu membawa botol air putih kemanapun kamu pergi saat Lebaran. Dengan minum air putih yang cukup, kamu bisa tetap terhidrasi dan menjaga berat badan tetap ideal.

Hindari Makan Larut Malam

Saat Lebaran, biasanya banyak acara kumpul-kumpul yang membuat kita jadi makan larut malam. Padahal, makan larut malam dapat mengganggu metabolisme dan menyebabkan penambahan berat badan . Usahakan untuk makan malam setidaknya 3 jam sebelum tidur agar tubuh punya waktu untuk mencerna makanan dengan baik.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health