Menu

Mode Gelap
Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece! Kamera Samsung Galaxy A35: Rahasia Fotografi Kuliner yang Lezat Terungkap! Adu Canggih Samsung Galaxy A54 Vs A55, Mana yang Terbaik? Duel Sengit Samsung Galaxy S23 Plus vs S23 Ultra: Mana yang Terbaik? Adu Spesifikasi: Duel Sengit Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana yang Lebih Unggul? Daftar HP Samsung yang Tak Kebagian Update One UI 6.1, Bersabarlah, Ini Cobaan!

Health · 7 Mei 2024 08:23 WIB · Waktu Baca

Muncul Rasa Gatal? Awas, Bisa Jadi Infeksi Jamur!

Muncul Rasa Gatal Ini 3 Gejala Infeksi Jamur Jock Itch Perbesar


Muncul Rasa Gatal? Awas, Bisa Jadi Infeksi Jamur!

Muncul rasa gatal di selangkangan? Jangan-jangan itu adalah gejala infeksi jamur jock itch! Infeksi jamur ini sangat umum terjadi, terutama pada pria. Gejalanya bisa sangat mengganggu, seperti gatal, kemerahan, dan ruam.

Jock itch disebabkan oleh jamur yang bernama Trichophyton rubrum. Jamur ini biasanya hidup di kulit manusia, tetapi bisa menyebabkan infeksi jika tumbuh secara berlebihan. Infeksi jamur jock itch dapat menular melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi, atau melalui benda-benda yang terkontaminasi, seperti handuk atau pakaian.

Ada beberapa cara untuk mencegah infeksi jamur jock itch, antara lain:

  • Menjaga kebersihan kulit dengan mandi secara teratur dan mengeringkan kulit dengan benar.
  • Memakai pakaian yang longgar dan menyerap keringat.
  • Mengganti pakaian dalam secara teratur.
  • Menghindari berbagi handuk atau pakaian dengan orang lain.

Jika Anda mengalami gejala infeksi jamur jock itch, segera konsultasikan ke dokter. Dokter akan memberikan pengobatan yang tepat, seperti krim atau salep antijamur.

Muncul Rasa Gatal Ini 3 Gejala Infeksi Jamur Jock Itch

Muncul rasa gatal di selangkangan? Jangan anggap remeh, bisa jadi itu adalah gejala infeksi jamur jock itch! Infeksi jamur ini sangat umum terjadi, terutama pada pria. Gejalanya bisa sangat mengganggu, seperti:

  • Gatal
  • Kemerahan
  • Ruam

Jock itch disebabkan oleh jamur yang bernama Trichophyton rubrum. Jamur ini biasanya hidup di kulit manusia, tetapi bisa menyebabkan infeksi jika tumbuh secara berlebihan. Infeksi jamur jock itch dapat menular melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi, atau melalui benda-benda yang terkontaminasi, seperti handuk atau pakaian.

Ada beberapa cara untuk mencegah infeksi jamur jock itch, antara lain:

  • Menjaga kebersihan kulit
  • Memakai pakaian yang longgar
  • Mengganti pakaian dalam secara teratur
  • Menghindari berbagi handuk atau pakaian

Jika Anda mengalami gejala infeksi jamur jock itch, segera konsultasikan ke dokter. Dokter akan memberikan pengobatan yang tepat, seperti krim atau salep antijamur.

Gatal

Gatal adalah gejala utama infeksi jamur jock itch. Gatal ini biasanya sangat intens, terutama pada malam hari. Gatal dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit, sehingga membuat penderita merasa tidak nyaman.

Penyebab gatal pada jock itch adalah jamur Trichophyton rubrum. Jamur ini menghasilkan zat iritan yang dapat memicu gatal. Selain itu, gatal juga dapat disebabkan oleh reaksi alergi tubuh terhadap jamur.

Untuk mengatasi gatal pada jock itch, penderita dapat menggunakan krim atau salep antijamur. Krim atau salep ini dapat membantu membunuh jamur dan meredakan gatal.

Kemerahan

Kemerahan adalah gejala infeksi jamur jock itch yang kedua. Kemerahan ini biasanya muncul di sekitar area yang gatal. Kemerahan disebabkan oleh peradangan pada kulit akibat infeksi jamur.

Untuk mengatasi kemerahan pada jock itch, penderita dapat menggunakan krim atau salep antijamur. Krim atau salep ini dapat membantu membunuh jamur dan mengurangi peradangan.

Ruam

Selain gatal dan kemerahan, infeksi jamur jock itch juga dapat menyebabkan ruam. Ruam ini biasanya berwarna merah atau kecokelatan, dan dapat muncul di sekitar area yang gatal. Ruam disebabkan oleh peradangan pada kulit akibat infeksi jamur.

Untuk mengatasi ruam pada jock itch, penderita dapat menggunakan krim atau salep antijamur. Krim atau salep ini dapat membantu membunuh jamur dan mengurangi peradangan.

Menjaga kebersihan kulit

Salah satu cara mencegah infeksi jamur jock itch adalah dengan menjaga kebersihan kulit. Hal ini dapat dilakukan dengan mandi secara teratur dan mengeringkan kulit dengan benar. Mandi dapat membantu menghilangkan jamur dan bakteri dari kulit, sementara mengeringkan kulit dapat mencegah jamur tumbuh dan berkembang biak.

Selain mandi, cara lain untuk menjaga kebersihan kulit adalah dengan memakai pakaian yang longgar dan menyerap keringat. Pakaian yang longgar dapat membantu sirkulasi udara, sehingga kulit tetap kering dan tidak lembap. Pakaian yang menyerap keringat juga dapat membantu menjaga kulit tetap kering, sehingga tidak menjadi tempat yang nyaman bagi jamur untuk tumbuh.

Memakai pakaian yang longgar

Pakaian yang longgar sangat penting untuk mencegah infeksi jamur jock itch. Pakaian yang longgar memungkinkan kulit bernapas dan mencegah kelembapan berlebih, yang dapat menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan jamur.

Sebaliknya, pakaian ketat dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan gesekan, yang dapat merusak lapisan pelindung kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi jamur. Selain itu, pakaian ketat dapat memerangkap kelembapan, sehingga menciptakan lingkungan yang lembap dan hangat yang disukai jamur.

Jadi, jika Anda ingin terhindar dari infeksi jamur jock itch, pastikan untuk memakai pakaian yang longgar dan nyaman, terutama saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya yang dapat menyebabkan keringat berlebih.

Mengganti pakaian dalam secara teratur

Ini penting banget buat mencegah infeksi jamur jock itch! Pakaian dalam yang kotor dan lembap bisa jadi tempat yang nyaman buat jamur tumbuh dan berkembang biak.

Jadi, pastikan kamu selalu mengganti pakaian dalam setiap hari, terutama setelah berolahraga atau berkeringat banyak. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi risiko terkena infeksi jamur jock itch.

Menghindari berbagi handuk atau pakaian

Jangan berbagi handuk atau pakaian dengan orang lain, apalagi kalau kamu lagi kena infeksi jamur jock itch. Soalnya, jamur bisa menular lewat benda-benda yang terkontaminasi, termasuk handuk dan pakaian.

Jadi, selalu pakai handuk dan pakaian sendiri, ya. Biar jamur nggak pindah ke orang lain dan kamu bisa sembuh lebih cepat.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health