Menu

Mode Gelap
Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece! Kamera Samsung Galaxy A35: Rahasia Fotografi Kuliner yang Lezat Terungkap! Adu Canggih Samsung Galaxy A54 Vs A55, Mana yang Terbaik? Duel Sengit Samsung Galaxy S23 Plus vs S23 Ultra: Mana yang Terbaik? Adu Spesifikasi: Duel Sengit Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana yang Lebih Unggul? Daftar HP Samsung yang Tak Kebagian Update One UI 6.1, Bersabarlah, Ini Cobaan!

Health · 6 Mei 2024 17:12 WIB · Waktu Baca

Cara Ampuh Hilangkan Mual Tanpa Obat, Dijamin Ampuh!

Ini 5 Cara Menghilangkan Mual Tanpa Obat Perbesar


Cara Ampuh Hilangkan Mual Tanpa Obat, Dijamin Ampuh!

Mual adalah sensasi tidak enak pada perut yang membuat Anda ingin muntah. Mual bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti mabuk perjalanan, mabuk laut, kehamilan, atau efek samping pengobatan. Jika Anda mengalami mual, ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk meredakannya tanpa obat.

Berikut 5 cara menghilangkan mual tanpa obat:

  1. Minum teh jahe. Jahe memiliki sifat anti mual yang dapat membantu meredakan mual. Anda bisa membuat teh jahe dengan merebus akar jahe dalam air selama 10-15 menit. Tambahkan madu atau lemon untuk menambah rasa.
  2. Makan biskuit kering. Biskuit kering dapat membantu menyerap asam lambung yang menyebabkan mual. Makan beberapa keping biskuit kering saat Anda merasa mual dapat membantu meredakannya.
  3. Hirup aroma peppermint. Peppermint memiliki sifat anti mual yang dapat membantu meredakan mual. Anda bisa menghirup aroma peppermint dari minyak esensial peppermint atau mengunyah permen karet peppermint.
  4. Kompres dingin. Kompres dingin dapat membantu meredakan mual dengan mengurangi peradangan di perut. Anda bisa mengompres perut Anda dengan handuk dingin atau botol berisi air dingin.
  5. Akupunktur. Akupunktur adalah pengobatan tradisional Tiongkok yang dapat membantu meredakan mual. Akupunktur dilakukan dengan menusukkan jarum tipis ke titik-titik tertentu pada tubuh. (sumber: [WebMD](https://www.webmd.com/digestive-disorders/features/acupuncture-nausea))

Jika cara-cara alami ini tidak membantu meredakan mual Anda, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Mual yang parah dapat menjadi tanda kondisi medis yang lebih serius, seperti infeksi atau masalah pencernaan.

Ini 5 Cara Menghilangkan Mual Tanpa Obat

Mual adalah hal yang menyebalkan, tapi jangan khawatir, ada cara alami untuk mengatasinya tanpa obat. Berikut 5 cara menghilangkan mual tanpa obat:

  1. Jahe: Rimpang ajaib ini mengandung zat anti mual yang bisa meredakan rasa tidak enak di perut.
  2. Biskuit Kering: Makanan hambar ini dapat menyerap asam lambung yang menyebabkan mual.
  3. Peppermint: Aroma segarnya dapat menenangkan perut yang mual.
  4. Kompres Dingin: Tempelkan kompres dingin di perut untuk mengurangi peradangan dan rasa mual.
  5. Akupunktur: Teknik tradisional Tiongkok ini dapat meredakan mual dengan merangsang titik-titik tertentu pada tubuh.

Jadi, lain kali mual menyerang, cobalah cara-cara alami ini. Siapa tahu, mual Anda bisa hilang tanpa perlu minum obat!

Jahe

Siapa yang tidak kenal jahe? Rimpang yang satu ini memang terkenal dengan segudang khasiatnya, termasuk meredakan mual. Jahe mengandung zat anti mual yang disebut gingerol. Gingerol bekerja dengan cara mengurangi kontraksi lambung dan usus, sehingga dapat meredakan rasa mual dan muntah.

Untuk merasakan manfaat jahe dalam meredakan mual, Anda bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk teh, permen, atau suplemen. Anda juga bisa menambahkan jahe parut ke dalam masakan atau minuman Anda.

Biskuit Kering

Siapa sangka makanan hambar seperti biskuit kering bisa menjadi penyelamat saat mual melanda? Biskuit kering memiliki kemampuan menyerap asam lambung berlebih yang menjadi salah satu penyebab mual. Dengan mengonsumsi beberapa keping biskuit kering, asam lambung akan terserap sehingga rasa mual bisa mereda.

Selain itu, biskuit kering juga mengandung sedikit gula yang dapat membantu meningkatkan kadar gula darah. Kadar gula darah yang rendah juga bisa memicu mual, jadi konsumsi biskuit kering bisa membantu mengatasi mual dari dua sisi sekaligus.

Peppermint

Kalau Anda lagi mual, hirup aja aroma segar peppermint. Peppermint punya khasiat anti mual yang bisa membuat perut Anda adem dan nyaman kembali. Anda bisa hirup aroma peppermint dari minyak esensial atau mengunyah permen karet peppermint. Dijamin, mual Anda akan segera reda!

Kompres Dingin

Kalau perut lagi mual, kompres aja pakai air dingin. Sensasi dinginnya bisa bantu mengurangi peradangan dan bikin perut jadi lebih adem. Caranya, ambil handuk atau kain bersih, rendam dalam air dingin, lalu tempelkan di perut. Dijamin, mualmu bakal berkurang!

Selain pakai kompres dingin, Anda juga bisa mandi air dingin atau berendam di air dingin. Sensasi dinginnya juga bisa bantu meredakan mual.

Akupunktur

Kalau cara-cara alami lainnya belum berhasil, Anda bisa coba akupunktur. Akupunktur adalah teknik pengobatan tradisional Tiongkok yang sudah terbukti ampuh mengatasi mual. Akupunktur dilakukan dengan menusukkan jarum halus ke titik-titik tertentu pada tubuh. Titik-titik ini dipercaya dapat merangsang saraf dan melepaskan hormon yang dapat meredakan mual.

Walaupun akupunktur menggunakan jarum, tapi jangan khawatir, rasanya tidak sakit kok. Jarum yang digunakan sangat tipis dan steril, sehingga tidak akan menimbulkan rasa sakit atau efek samping yang berarti.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health