Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Health · 9 Mei 2024 03:10 WIB · Waktu Baca

Rahasia Hindari Microsleep saat Mudik, Dijamin Ampuh!

Ini Tips Ampuh Mencegah Microsleep Saat Mudik Lebaran Perbesar


Rahasia Hindari Microsleep saat Mudik, Dijamin Ampuh!

Microsleep merupakan kondisi tertidur singkat yang dapat terjadi kapan saja, termasuk saat sedang berkendara. Kondisi ini sangat berbahaya, terutama saat mudik Lebaran di mana lalu lintas padat dan perjalanan jauh. Berikut adalah beberapa tips ampuh untuk mencegah microsleep saat mudik Lebaran:

1. Istirahat yang cukup sebelum berangkat. Pastikan untuk tidur nyenyak selama 7-8 jam sebelum memulai perjalanan. 2. Hindari mengemudi saat mengantuk. Jika merasa mengantuk, berhentilah di rest area atau tempat yang aman untuk tidur siang singkat selama 15-20 menit. 3. Berbagi tugas mengemudi. Jika memungkinkan, bagilah tugas mengemudi dengan penumpang lain yang memiliki SIM. 4. Buatlah perjalanan menjadi menyenangkan. Dengarkan musik, ngobrol dengan penumpang, atau mainkan permainan untuk membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan mengurangi kebosanan. 5. Hindari makanan berat dan minuman beralkohol. Makanan berat dan minuman beralkohol dapat membuat Anda merasa lebih mengantuk. 6. Jaga suhu kabin tetap sejuk. Suhu kabin yang terlalu panas dapat membuat Anda lebih mudah mengantuk. 7. Gunakan kafein secukupnya. Kafein dapat membantu Anda tetap terjaga, namun hindari mengonsumsinya secara berlebihan. 8. Lakukan peregangan secara teratur. Berhentilah sejenak untuk melakukan peregangan setiap 2-3 jam untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi ketegangan otot.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mengurangi risiko microsleep saat mudik Lebaran dan memastikan perjalanan yang aman dan menyenangkan.

Ini Tips Ampuh Mencegah Microsleep Saat Mudik Lebaran

Microsleep, atau tidur mikro, adalah kondisi tertidur singkat yang dapat terjadi kapan saja, termasuk saat sedang mengemudi. Kondisi ini sangat berbahaya, terutama saat mudik Lebaran di mana lalu lintas padat dan perjalanan jauh. Berikut adalah empat aspek penting yang perlu diperhatikan untuk mencegah microsleep saat mudik Lebaran:

  1. Istirahat cukup
  2. Hindari ngantuk
  3. Bagilah tugas
  4. Buat perjalanan menyenangkan

Istirahat yang cukup sebelum berangkat sangat penting untuk mencegah microsleep. Pastikan untuk tidur nyenyak selama 7-8 jam. Jika merasa mengantuk saat mengemudi, segera berhenti di rest area atau tempat yang aman untuk tidur siang singkat selama 15-20 menit. Berbagi tugas mengemudi dengan penumpang lain yang memiliki SIM juga dapat membantu mencegah microsleep. Terakhir, buatlah perjalanan menjadi lebih menyenangkan dengan mendengarkan musik, ngobrol dengan penumpang, atau mainkan permainan untuk mengurangi kebosanan.

Istirahat cukup

Istirahat yang cukup sebelum mudik itu penting banget. Soalnya, kalau kurang tidur, kita jadi lebih mudah ngantuk saat nyetir. Nah, ngantuk inilah yang bisa bikin kita kena microsleep.

Jadi, sebelum berangkat mudik, pastikan kita udah tidur nyenyak selama 7-8 jam. Kalau perlu, tidur lebih awal dari biasanya. Biar pas nyetir, kita tetap segar dan fokus.

Hindari ngantuk

Ngantuk itu musuh utama saat nyetir. Soalnya, kalau kita ngantuk, konsentrasi kita jadi buyar dan refleks kita jadi lambat. Nah, kondisi ini yang bikin kita rentan kena microsleep.

Jadi, hindari banget nyetir dalam kondisi ngantuk. Kalau ngerasa ngantuk, langsung berhenti di rest area atau tempat yang aman. Terus, tidur siang sebentar selama 15-20 menit. Tidur siang yang singkat ini bisa bikin kita lebih segar dan fokus saat nyetir lagi.

Bagilah tugas

Nyetir jarak jauh itu capek. Apalagi kalau macet-macetan. Biar nggak capek dan ngantuk, bagilah tugas nyetir sama penumpang yang punya SIM.

Dengan bagi tugas, kita bisa gantian nyetir. Jadi, nggak cuma satu orang aja yang nyetir terus-terusan. Selain itu, kita juga bisa ngobrol atau main game sama penumpang lain biar nggak bosen.

Buat perjalanan menyenangkan

Nyetir jarak jauh itu bisa bikin bosen. Nah, biar nggak bosen dan ngantuk, buat perjalanan jadi lebih menyenangkan. Caranya, bisa dengan dengerin musik, ngobrol sama penumpang, atau main game.

Dengan bikin perjalanan jadi lebih menyenangkan, kita jadi nggak kerasa capek dan ngantuk. Jadi, perjalanan mudik jadi lebih nyaman dan aman.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health