Menu

Mode Gelap
Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece! Kamera Samsung Galaxy A35: Rahasia Fotografi Kuliner yang Lezat Terungkap! Adu Canggih Samsung Galaxy A54 Vs A55, Mana yang Terbaik? Duel Sengit Samsung Galaxy S23 Plus vs S23 Ultra: Mana yang Terbaik? Adu Spesifikasi: Duel Sengit Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana yang Lebih Unggul? Daftar HP Samsung yang Tak Kebagian Update One UI 6.1, Bersabarlah, Ini Cobaan!

Health · 8 Mei 2024 02:04 WIB · Waktu Baca

Atasi Mabuk Perjalanan dengan 9 Rahasia Terbukti

Ini 9 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan Perbesar


Atasi Mabuk Perjalanan dengan 9 Rahasia Terbukti

Mabuk perjalanan adalah kondisi yang umum terjadi saat bepergian dengan kendaraan seperti mobil, pesawat, atau kapal. Gejala mabuk perjalanan dapat berupa mual, muntah, pusing, hingga berkeringat dingin. Kondisi ini dapat mengganggu kenyamanan dan membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan.

Ada beberapa cara ampuh yang bisa dilakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan. Berikut ini adalah 9 cara ampuh mengatasi mabuk perjalanan:

  1. Hindari makanan berat sebelum bepergian. Makanlah makanan ringan yang mudah dicerna, seperti biskuit atau buah-buahan.
  2. Minum banyak cairan, terutama air putih. Hindari minuman beralkohol atau berkafein karena dapat memperburuk gejala mabuk perjalanan.
  3. Duduklah di posisi yang nyaman dan menghadap ke depan. Hindari membaca atau menggunakan perangkat elektronik saat bepergian karena dapat memicu mabuk perjalanan.
  4. Gunakan obat anti mabuk perjalanan. Obat-obatan ini dapat membantu meredakan gejala mabuk perjalanan, seperti mual dan muntah.
  5. Hirup aroma jahe atau peppermint. Aroma jahe dan peppermint dapat membantu meredakan mual dan muntah.
  6. Akupresur pada titik P6 (Nei Guan). Titik akupresur ini terletak di pergelangan tangan bagian dalam, tepat di bawah lipatan pergelangan tangan. Tekan titik ini selama beberapa menit untuk membantu meredakan mabuk perjalanan.
  7. Gunakan gelang anti mabuk perjalanan. Gelang ini bekerja dengan memberikan tekanan pada titik akupresur P6.
  8. Hindari merokok saat bepergian. Merokok dapat memperburuk gejala mabuk perjalanan.
  9. Istirahatlah sejenak jika merasa mual. Turunlah dari kendaraan dan hirup udara segar.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengatasi mabuk perjalanan dan membuat perjalanan Anda lebih nyaman.

Ini 9 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan adalah kondisi yang tidak menyenangkan yang dapat merusak perjalanan Anda. Berikut adalah 9 cara ampuh untuk mengatasi mabuk perjalanan:

  1. Hindari makanan berat.
  2. Minum banyak cairan.
  3. Duduk menghadap ke depan.
  4. Gunakan obat anti mabuk.
  5. Hirup aroma jahe atau peppermint.
  6. Tekan titik akupresur P6.
  7. Gunakan gelang anti mabuk.
  8. Hindari merokok.
  9. Istirahatlah sejenak.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mengatasi mabuk perjalanan dan membuat perjalanan Anda lebih nyaman.

Hindari makanan berat.

Makan makanan berat sebelum bepergian dapat memperburuk gejala mabuk perjalanan. Makanan berat dapat membuat perut Anda bekerja lebih keras, yang dapat menyebabkan mual dan muntah. Sebaiknya makan makanan ringan dan mudah dicerna, seperti biskuit atau buah-buahan, sebelum bepergian.

Sebagai contoh, jika Anda berencana melakukan perjalanan jauh dengan mobil, sebaiknya hindari makan makanan berat seperti nasi padang atau soto sebelum berangkat. Sebagai gantinya, Anda bisa makan makanan ringan seperti roti atau pisang.

Dengan menghindari makanan berat sebelum bepergian, Anda dapat membantu mengurangi risiko mabuk perjalanan dan membuat perjalanan Anda lebih nyaman.

Minum banyak cairan.

Minum banyak cairan, terutama air putih, dapat membantu mencegah dehidrasi dan mengurangi gejala mabuk perjalanan.

Saat bepergian, pastikan untuk membawa botol air dan minum secara teratur, meskipun Anda tidak merasa haus.

Hindari minuman beralkohol dan berkafein, karena minuman ini dapat memperburuk gejala mabuk perjalanan.

Duduk menghadap ke depan.

Saat bepergian dengan kendaraan, pastikan untuk duduk menghadap ke depan. Ini akan membantu Anda tetap seimbang dan mengurangi kemungkinan mabuk perjalanan.

Ketika Anda duduk menghadap ke samping atau ke belakang, kepala Anda akan lebih banyak bergerak, yang dapat memicu mabuk perjalanan.

Jadi, jika Anda ingin menghindari mabuk perjalanan, pastikan untuk selalu duduk menghadap ke depan saat bepergian.

Gunakan obat anti mabuk.

Obat anti mabuk dapat membantu mencegah dan mengobati gejala mabuk perjalanan. Obat ini bekerja dengan cara memblokir sinyal di otak yang menyebabkan mual dan muntah.

Ada beberapa jenis obat anti mabuk yang tersedia, baik yang dijual bebas maupun yang memerlukan resep dokter. Jika Anda berencana untuk menggunakan obat anti mabuk, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan jenis obat yang tepat untuk Anda.

Berikut adalah beberapa contoh obat anti mabuk yang umum digunakan:

  • Dimenhidrinat (Dramamine)
  • Meklizin (Bonine)
  • Skopolamin (Transderm Scop)

Obat anti mabuk dapat menyebabkan efek samping, seperti kantuk, mulut kering, dan penglihatan kabur. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan obat dengan hati-hati.

Hirup aroma jahe atau peppermint.

Aroma jahe dan peppermint dapat membantu meredakan mual dan muntah.

Anda bisa menghirup aroma jahe atau peppermint dengan cara berikut:

  • Seduh teh jahe atau peppermint.
  • Teteskan minyak esensial jahe atau peppermint pada sapu tangan atau diffuser.
  • Hirup langsung dari tanaman jahe atau peppermint.

Dengan menghirup aroma jahe atau peppermint, Anda dapat membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan dan membuat perjalanan Anda lebih nyaman.

Tekan titik akupresur P6.

Titik akupresur P6 terletak di pergelangan tangan bagian dalam, tepat di bawah lipatan pergelangan tangan. Menekan titik ini dapat membantu meredakan mual dan muntah.

Untuk menekan titik P6, gunakan ibu jari atau jari telunjuk Anda. Tekan titik tersebut selama beberapa menit, atau hingga Anda merasa mualnya berkurang.

Anda juga bisa menggunakan gelang akupresur untuk menekan titik P6. Gelang ini bekerja dengan memberikan tekanan terus-menerus pada titik tersebut.

Gunakan gelang anti mabuk.

Gelang anti mabuk adalah gelang yang memberikan tekanan pada titik akupresur P6. Titik akupresur ini terletak di pergelangan tangan bagian dalam, tepat di bawah lipatan pergelangan tangan. Menekan titik ini dapat membantu meredakan mual dan muntah.

Gelang anti mabuk bekerja dengan cara memberikan tekanan terus-menerus pada titik P6. Tekanan ini membantu merangsang titik akupresur dan mengurangi gejala mabuk perjalanan.

Gelang anti mabuk tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Anda dapat menemukan gelang anti mabuk yang terbuat dari bahan seperti plastik, logam, atau kain.

Untuk menggunakan gelang anti mabuk, cukup kenakan gelang tersebut di pergelangan tangan Anda. Gelang harus dikenakan pada titik akupresur P6, yang terletak tepat di bawah lipatan pergelangan tangan.

Gelang anti mabuk dapat digunakan sebagai cara alami untuk mencegah dan mengobati mabuk perjalanan. Gelang ini aman dan efektif digunakan, serta tidak memiliki efek samping.

Hindari merokok.

Merokok dapat memperburuk gejala mabuk perjalanan. Asap rokok dapat mengiritasi saluran pencernaan dan menyebabkan mual dan muntah.

Jika Anda perokok, sebaiknya hindari merokok sebelum dan selama bepergian. Jika Anda tidak dapat menghindari merokok, cobalah untuk merokok di tempat yang berventilasi baik dan minum banyak cairan.

Dengan menghindari merokok, Anda dapat membantu mengurangi risiko mabuk perjalanan dan membuat perjalanan Anda lebih nyaman.

Istirahatlah sejenak.

Jika Anda merasa mual, istirahatlah sejenak dari perjalanan Anda.

Turunlah dari kendaraan dan hirup udara segar.

Jalan-jalan sebentar atau duduklah di tempat yang teduh.

Istirahat sejenak dapat membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan dan membuat Anda merasa lebih baik.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health