Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Health · 9 Mei 2024 04:25 WIB · Waktu Baca

Diabetes Bisa Menyerang Anak Muda, Kenali Ciri-Cirinya!

Jarang Disadari Ini Ciri Ciri Diabetes Terjadi Di Usia Muda Perbesar


Diabetes Bisa Menyerang Anak Muda, Kenali Ciri-Cirinya!

Tahukah kamu kalau diabetes nggak cuma menyerang orang dewasa aja, lho! Anak muda juga bisa kena diabetes, bahkan tanpa disadari. Nah, biar kamu nggak kecolongan, yuk kenali ciri-ciri diabetes pada usia muda berikut ini:

1. Sering ngerasa haus2. Sering buang air kecil, terutama di malam hari3. Gampang capek dan lemas4. Berat badan turun drastis tanpa sebab yang jelas5. Penglihatan jadi kabur6. Luka susah sembuh7. Kesemutan di tangan dan kakiKalau kamu ngalamin gejala-gejala di atas, jangan anggap enteng ya! Segera periksa ke dokter untuk memastikan apakah kamu terkena diabetes atau nggak. Soalnya, diabetes yang nggak ditangani dengan baik bisa menyebabkan komplikasi yang serius, seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Jadi, yuk jaga kesehatan kita dengan baik-baik! Makan makanan yang sehat, olahraga teratur, dan hindari merokok. Dengan begitu, kita bisa terhindar dari diabetes dan penyakit berbahaya lainnya.

Jarang Disadari Ini Ciri Ciri Diabetes Terjadi Di Usia Muda

Diabetes nggak cuma penyakit orang tua, anak muda juga bisa kena! Kenali ciri-cirinya:

  • Sering haus
  • Sering buang air kecil
  • Cepat lelah
  • Berat badan turun
  • Penglihatan kabur

Jangan anggap enteng, segera periksa ke dokter kalau kamu ngalamin gejala-gejala di atas. Diabetes yang nggak ditangani bisa bahaya banget!

Sering haus

Kalau kamu tiba-tiba jadi sering haus, padahal cuaca nggak lagi panas-panasnya, bisa jadi itu pertanda diabetes. Soalnya, kadar gula darah yang tinggi bikin tubuh kekurangan cairan, sehingga kamu jadi lebih sering haus.

Selain sering haus, ada beberapa gejala diabetes lainnya yang perlu kamu waspadai, seperti sering buang air kecil, cepat lelah, berat badan turun, dan penglihatan kabur. Kalau kamu ngalamin gejala-gejala ini, jangan ragu untuk segera periksa ke dokter ya!

Sering buang air kecil

Kalau kamu tiba-tiba jadi sering buang air kecil, bahkan sampai tengah malam, bisa jadi itu pertanda diabetes. Soalnya, kadar gula darah yang tinggi bikin ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring gula dari darah. Akibatnya, produksi urine jadi lebih banyak dan kamu jadi lebih sering buang air kecil.

Selain sering buang air kecil, ada beberapa gejala diabetes lainnya yang perlu kamu waspadai, seperti sering haus, cepat lelah, berat badan turun, dan penglihatan kabur. Kalau kamu ngalamin gejala-gejala ini, jangan ragu untuk segera periksa ke dokter ya!

Cepat lelah

Siapa sangka diabetes bisa menyerang anak muda juga? Padahal penyakit ini identik dengan orang tua. Nah, salah satu cirinya yang jarang disadari adalah cepat lelah.

Soalnya, kadar gula darah yang tinggi bikin tubuh kekurangan energi. Akibatnya, kamu jadi gampang capek dan lemas, bahkan untuk aktivitas ringan sekalipun.

Selain cepat lelah, ada beberapa gejala diabetes lainnya yang perlu kamu waspadai, seperti sering haus, sering buang air kecil, berat badan turun, dan penglihatan kabur. Kalau kamu ngalamin gejala-gejala ini, jangan ragu untuk segera periksa ke dokter ya!

Berat badan turun

Siapa sangka berat badan turun bisa jadi pertanda diabetes pada anak muda? Padahal biasanya berat badan turun dikaitkan dengan diet atau gaya hidup sehat.

Tapi kalau berat badan kamu turun drastis tanpa sebab yang jelas, bisa jadi itu pertanda kadar gula darah kamu tinggi. Soalnya, kadar gula darah yang tinggi bikin tubuh kesulitan menyerap nutrisi dari makanan. Akibatnya, kamu jadi kekurangan gizi dan berat badan turun.

Selain berat badan turun, ada beberapa gejala diabetes lainnya yang perlu kamu waspadai, seperti sering haus, sering buang air kecil, cepat lelah, dan penglihatan kabur. Kalau kamu ngalamin gejala-gejala ini, jangan ragu untuk segera periksa ke dokter ya!

Penglihatan kabur

Siapa sangka penglihatan kabur bisa jadi pertanda diabetes pada anak muda? Padahal biasanya penglihatan kabur dikaitkan dengan mata lelah atau minus.

Tapi kalau penglihatan kamu tiba-tiba jadi kabur, apalagi kalau disertai dengan gejala lain seperti sering haus, sering buang air kecil, cepat lelah, dan berat badan turun, bisa jadi itu pertanda kadar gula darah kamu tinggi.

Soalnya, kadar gula darah yang tinggi bikin lensa mata bengkak dan berubah bentuk. Akibatnya, cahaya yang masuk ke mata nggak bisa difokuskan dengan baik, sehingga penglihatan jadi kabur.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health