Menu

Mode Gelap
Smartphone Canggih dengan Galaxy AI, Temukan Pilihan Terbaik! Kamera Samsung Galaxy A55 Mampu Ambil Foto Malam Hari yang Menakjubkan di SCBD! Samsung Galaxy A55 5G: Kejutan Spesifikasi dan Harga di Indonesia Samsung Galaxy S6 Lite 2024 Diam-diam Meluncur, Bawa Chipset Gahar! Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand

Health · 10 Mei 2024 18:24 WIB · Waktu Baca

Sensasi Manis Tape Ketan, Ternyata Punya Segudang Manfaat Kesehatan!

Jadi Kudapan Khas Lebaran Ini Manfaat Tape Ketan Untuk Kesehatan Perbesar


Sensasi Manis Tape Ketan, Ternyata Punya Segudang Manfaat Kesehatan!

Tape ketan, kudapan khas Lebaran yang manis dan legit ini ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho! Tape ketan terbuat dari beras ketan yang difermentasi dengan ragi, sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan sedikit asam.

Proses fermentasi ini menghasilkan bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Bakteri baik ini membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus, sehingga dapat mencegah berbagai masalah pencernaan seperti diare, konstipasi, dan kembung.

Selain itu, tape ketan juga mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Tape ketan juga merupakan sumber vitamin B kompleks yang baik, seperti vitamin B1, B2, dan B6. Vitamin B kompleks penting untuk kesehatan sistem saraf, kulit, dan rambut. Vitamin B1 juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan mencegah kelelahan.

Selain itu, tape ketan juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan stres oksidatif, yang terkait dengan berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer.

Meskipun tape ketan memiliki banyak manfaat kesehatan, namun sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang. Hal ini karena tape ketan mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika dikonsumsi berlebihan.

Jadi, jangan ragu untuk menikmati tape ketan sebagai kudapan Lebaran, tapi ingat untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar agar tetap mendapatkan manfaat kesehatannya.

Jadi Kudapan Khas Lebaran Ini Manfaat Tape Ketan Untuk Kesehatan

Tape ketan, kudapan khas Lebaran yang manis dan legit ini ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho! Proses fermentasi menghasilkan bakteri baik, serat tinggi, vitamin B kompleks, antioksidan, dan gula sedang.

Bakteri baik menjaga kesehatan pencernaan, serat melancarkan buang air besar, vitamin B kompleks menyehatkan saraf, kulit, dan rambut, antioksidan melindungi sel tubuh, dan gula sedang mencegah kenaikan berat badan jika dikonsumsi wajar.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health